Siapa yang membuat Domain?

Domain Internet
Nama domain internet aksses lewat web https://www.icann.org/

Domain internet dibuat oleh organisasi yang disebut “Internet Corporation for Assigned Names and Numbers” (ICANN). ICANN merupakan organisasi nirlaba yang bertugas mengatur dan mengelola sistem nama domain internet di seluruh dunia. ICANN bertanggung jawab untuk menentukan aturan dan standar yang harus dipenuhi oleh penyedia domain atau registrar domain dalam pendaftaran dan pemeliharaan domain internet.

Penyedia domain atau registrar domain merupakan perusahaan atau organisasi yang menyediakan layanan pendaftaran dan pemeliharaan domain internet kepada individu atau perusahaan. Penyedia domain atau registrar domain biasanya bekerja sesuai dengan aturan dan standar yang ditetapkan oleh ICANN. Penyedia domain atau registrar domain juga bertanggung jawab untuk mendaftarkan domain baru ke ICANN dan memastikan bahwa domain tersebut tersedia untuk diakses oleh pengunjung di internet.

Jadi, ICANN merupakan organisasi yang membuat aturan dan standar untuk pendaftaran dan pemeliharaan domain internet, sedangkan penyedia domain atau registrar domain merupakan perusahaan atau organisasi yang menyediakan layanan pendaftaran dan pemeliharaan domain internet kepada individu atau perusahaan.

IANA dan ICANN

IANA (Internet Assigned Numbers Authority) merupakan sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengatur penggunaan nomor unik yang digunakan dalam internet, seperti nomor protokol dan port. IANA juga bertanggung jawab untuk mengelola dan mengatur penggunaan top-level domain (TLD) di internet.

ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) merupakan sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengatur penggunaan nama domain di internet. ICANN bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola sistem nama domain global, termasuk mengatur registrar domain yang bertanggung jawab untuk mendaftarkan dan mengelola domain internet.

Kedua organisasi tersebut memiliki peran yang berbeda dalam mengelola dan mengatur penggunaan domain dan nomor di internet, namun keduanya saling terkait dan bekerja sama untuk menjaga stabilitas dan keamanan internet.

baca Juga : Domain baru Sekarang Sulit terindex, Tidak seperti dulu

Pendaftaran Domain

Domain internet dibuat oleh organisasi atau perusahaan yang disebut dengan registrar domain. Registrar domain merupakan organisasi atau perusahaan yang menyediakan layanan pendaftaran dan pemeliharaan domain internet. Registrar domain memiliki peran penting dalam mengelola dan mengatur domain internet, termasuk memastikan bahwa setiap domain yang terdaftar memiliki nama yang unik dan tidak bentrok dengan domain lain.

Baca juga : Daftar 100 Domain Peringkat atas versi Ahref 3 November 2021

Untuk membuat domain internet, Anda bisa menghubungi registrar domain yang Anda pilih dan meminta bantuan untuk mendaftarkan domain yang Anda inginkan. Registrar domain akan membantu Anda untuk mengecek apakah domain yang Anda inginkan masih tersedia atau sudah terdaftar oleh orang lain. Jika domain yang Anda inginkan masih tersedia, registrar domain akan memproses pendaftaran domain tersebut dan membantu Anda untuk mengelola dan mengatur domain tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.