Menggunakan Internet di tempat Umum Secara Aman dengan VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi internet yang memberikan akses internet yang dienkripsikan melalui server tertentu
VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi internet yang memberikan akses internet yang dienkripsikan melalui server tertentu

VPN (Virtual Private Network) adalah layanan koneksi internet yang memberikan akses internet yang dienkripsikan melalui server tertentu. Berfungsi menyembunyikan pertukaran data yang dilakukan pada jaringan publik VPN sendiri menggunakan jaringan khusus, bukan menggunakan jaringan publik. Terdapat banyak VPN baik di Indonesia atau di seluruh dunia yang bisa kita atur atau seting di Laptop / Komputer ataupun Smartphone kita.

Penggunaan VPN selain jaringan publik bermanfaat bagi pengakses data penting atau sensitive seperti bisnis, pemerintahan, dan sebagainya. Sehingga koneksi yang menggunakan VPN akan melewatkan dahulu data yang akan diakses melalui VPN server. Contoh penggunaan VPN yaitu ByPass yaitu untuk menghindari blog geo yaitu pembatasan akses konten pada negara tertentu,dengan menggunakan VPN dapat mengatasi hal tersebut.

Contohnya jika kita di akses browser dari laptop yang kita pakai untuk bisnis terblokir, maka halaman web tidak mucul. Kiat bisa gunakan layanan VPN baik add on di broser atau Aplikasi VPN yang lain.

Baca juga : Mikrotik Site to Site VPN Solusi Jaringan Antar Cabang

Manfaat lainnya penggunaan VPN data pribadi disembunyikan dan data yang diakses tidak dapat dilihat oleh orang lain secara langsung. Sehingga orang yang ingin mengakses aktivitas pada penggunaan internet dapat dicegah, sehingga aktivitas lebih aman, dan data pribadi sebagai anonim. VPN juga dapat menggunakan jaringan tertentu selama laptop terhubung ke internet sebagai remote access. Sehingga jika bekerja jarak jauh namun ingin megakses internet kantor pun dapat dilakukan dengan memanfaatkan VPN.

Perangkat yang digunakan untuk mengakses internet juga dapat dikenali dan aktivitasnya dapat diketahui tanpa menggunakan VPN, sehingga hal yang tidak diinginkan dapat dihindari. Dengan VPN dapat menyamarkan perangkat dan juga lokasi Alamat IP jika menggunakan VPN. Namun penggunaan VPN ada kekurangannya seperti koneksi yang lebih lambat dan tidak stabil, pengaturan IP manual cukup rumit untuk menyembunyikan lokasi IP, dan ada batasan penggunaan akses jaringan yang berbeda.

Penggunaan VPN juga terdapat batasan hukum negara tertentu dikarenakan kebjakan undang-undang tempat server VPN berada, dan terdapat batasan pengembangan VPN untuk enkripsi dan tipe protokol itu sendiri. Berbeda dengan VPN yang berbayar maka fasilitas yang dapatkan juga lebih banyak.

Jadi jika sedang mengakses wifi publik untuk kebutuhan lalu lintas data yang sensitif atau penting dapat menggunakn VPN guna keamanan aktivitas, lokasi dan lebih anonim untuk akses web tertentu dan mengakses konten yang dibatasi geo blocked. Mendapatkan akses VPN dapat didapatkan secara gratis melalui aplikasi contohnya Hotspot Shield, Tunnel Bear dan Hide.me. Untuk versi gratis dibatasi dengan kapasitas tertentu mulai dari 500Mb hingga 3Gb sehingga akses berbayar tentu akan mendapatkan space yang lebih banyak.

Kesimpulan manfaat menggunakan jaringan umum dapat menggunakan VPN untuk kemanan data dan menghindari dari serangan hacker, karena tidak menggunakan IP asli dan membantu mengamankan dari advertiser. Dikarenakan cara kerja VPN mengenkripsi atau atau menyamarkan data menjadi angka dan huruf acak yang tidak mudah dibaca langsung dan menyamarkan jaringan internet sesuai pada lokasi server.

Menggunakan VPN juga dapat menghindari penurunan kecepatan koneksi, namun perlu diingat bahwa jika ingin menggunakan VPN secara aman maka gunakanlah VPN berbayar karena VPN gratis juga rentan terhadap keamanan data  pribadi.

Kontributor : Nur Lestari Puji Astuti

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.