Jenis dan Manfaat dari VPN

jenis, manfaatnda n contoh dari VPN
VPN PPTP Server, jenis, manfaatnda n contoh dari VPN

VPN itu apa?

VPN bisa mengirimkan data antara dua pengguna (dua komputer) yang melewati jaringan publik dan seolah tersambung secara point to point. Dalam VPN hal tersebut diistilahkan dengan proses tunneling /tunnel.  Teknologi tunneling yang biasa digunakan antara lain adalah Poin to Point Tunnel Protocol (PPTP), Layer 2 Tunnel Protocol (L2TP) dan Internet Protocol Security (IPSec). Anda bisa memilih beberapa tipe tunneling tersebut yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis VPN

Ada beberapa jenis VPN, namun di Indonesia terdapat tiga jenis VPN yang banyak digunakan baik oleh perorangan maupun perusahaan besar mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Adapun tiga jenis VPN yang harus diketahui adalah sebagai berikut :

IPSec

Internet Protocol Security (IPSec) adalah VPN yang memiliki spesifikasi untuk mengamankan komunikasi dalam internet lintas jaringan. Fungsi utamanya adalah mengamankan komunikasi protokol internet dengan melakukan verifikasi pada masing-masing sesi dengan enkripsi secara individu baik melalui mode transportasi dan mode kanalisasi.  Mode transportasi adalah pesan dalam kumpulan data yang akan dienkripsi, sedangkan kanalisasi adalah kumpulan data secara keseluruhan yang akan dienkripsi.

Baca juga : Mikrotik Site to Site VPN Solusi Jaringan Antar Cabang

VPN PPTP

Jenis VPN yang kedua adalah Poin to Point Tunnel Protocol (PPTP). Dalam VVPN ini dapat dipakai oleh pengguna jarak jauh untuk menyambungkan ke jaringan VPN dengan koneksi internet yang ada di sekitarnya. Agar bisa dipakai, user harus menggunakan kata sandi yang sudah valid. VPN PPTP sangat ideal digunakan untuk keperluan bisnis karena pengaplikasiannya mudah untuk digunakan.

VPN L2TP

Berikutnya adalah Layer 2 Tunnel Protocol (L2TP) yang dikembangkan oleh Microsoft dan Cisco. VPN ini adalah VPN khusus yang digabungkan dengan protokol keamanan VPN lain untuk membentuk koneksi VPN yang lebih aman. Anda bisa mengkombinasikan VPN ini dengan VPN IPSec demi mendapatkan keamanan yang hight qualty.

Manfaat VPN

Ada banyak manfaat yang diberikan VPN kepada bisnis perorangan ataupun perusahaan agar mempermudah bisnis yang sedang di jalankan. VPN banyak dibutuhkan oleh perorangan ataupun perusahaan yang ingin membutuhkan jaringan khusus yang aman karena harga dari VPN yang masih terjangkau. VPN juga bisa membuat pamor suatu perusahaan semakin meningkat dan banyak dikenal. Hal ini memudahkan perusahaan bisa mendeteksi pekerjanya dimanapun mereka berada karena terhubung melalui jaringan perangkat yang terhubung dengan perusahaan.

VPN memiliki manfaat lainnya yaitu bisa mengautentifikasi sumber data yang diterima. Selain mengautentifikasi VPN juga bisa mengecek data yang masuk. VPN sangat menjamin keamanan dan keutuhan data pada saat pengiriman maupun penerimaan. Oleh karena itu data maupun informasi akan aman dari serangan peretas ataupun penjahat jaringan. Ini dikarenakan VPN menggunakan metode enkripsi yang mampu membuat  data-data penting tidak tersusun rapi sehingga akan sulit dibaca oleh para peretas yang ingin mengetahui data tersebut.

Penggunaan VPN di Indonesia sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan maupun percepatan bisnis. Perusahaan yang memiliki mobilitas tinggi seperti perusahaan perbankan dan asuransi. Di Indonesia ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa layanan VPN seperti : Lintasarta, Telkom dengan MPLS, Moratel, XL dan masih banyak yang lain. VPN menawarkan tingkat keamanan tinggi dengan menggunakan jaringan privat sehingga dapat memberikan total solution bagi perkembangan bisnis Anda.

Selain berlangganan VPN juga bisa dengan mudah dibangun sendiri, akan lebih mudah lagi jika sudah memilki IP Publik. Impelemntasi VPN bisa menggunakan PPTP, L2TP, PPTP, IPSec ataupun EOIP. Sesuai dengan kebutuhan dan sistem yang didukung.

Kontrubutor : Rauf Al-Ikram

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.