Keyword itu ada Harganya, Buat Apa dan Siapa?

Keyword atau kata kunci ini merupakan suatu susunan kata yang sering diketikkan oleh seseorang saat melakukan pencarian infoamsi yang mereka perlukan saat sufing di internet
Keyword atau kata kunci ini merupakan suatu susunan kata yang sering diketikkan oleh seseorang saat melakukan pencarian infoamsi yang mereka perlukan saat sufing di internet

Keyword (kata kunci) itu ada harganya, buat siapa? Keyword atau kata kunci ini merupakan suatu susunan kata yang sering diketikkan oleh seseorang saat melakukan pencarian informasi yang mereka perlukan saat surfing di internet. Pengertian keyword sendiri adalah kata atau rangkaian kata bsia lebihd ari satu yang dituliskan pengguna di kolom mesin pencari seperti Google untuk menemukan konten web yang sesuai, berisi informasi yang mereka cari. Kata atau atau gabungan kata yang dtuliskan ini adalah keyword. Contoh : Anda ingin membeli baju anak secara online.

Keyword itu sangat beragam jenis dan kelompoknya, kali ini kami hanya sampaikan jika kata kunci itu bisa ada harganya. Jika adan ketik kata kunci tertentu dan muncul iklan, bisa dipastikan kata kunci ini memiliki harga. Kata kunci ini dipilih oleh pemasang iklan mungkin karena volume kemunculan tinggi, sehingga bagi Google kata kunci ini memiliki nilai sala satunya CPC (Cost per Click). CPC bisa artikan biaya per klik iklan untuk kata kunci yang dimaksud. Harga CPC untuk tiang kata bisa beda-beda.

Keyword atau kata kunci  dari hasil pencarian di Google Biaya Kuliah murah
Cotoh tampilan hasil pencarian Google dan cost per click (CPC) Keyword

Web yang muncul dari iklan dengan kata kunci tentu berbayar, namun konten website kita bisa muncul dengan kata kunci tertentu dan nonggol di halaman pertama secara gratis tentu akan lebih bagus. Iya ini yang diharapkan pemiliki web pada umumnya dan kadang mereka pemilik web ini tidak tahu harus melakukan apa. Cara yang paling cepat untuk bisa mucul di Google dengan cara berbayar, sementara cara lama dan natural tanpa iklan adalah dengan cara optimasi web. Ilmu optimasi web sering dinamakana dengan istilah SEO (Search Engine Optimization)

Baca Juga : Cara Internet Marketing Paling Poluler

Apakah sudah paham Keyword anda sendiri?

Yang juga jadi dasar penting pemilik web adalah paham apa yang dijual. Jika hanya berhenti sampai memilik dan membuat website itu mudah, tapi ini tidak cukup. Pekerjaan yang tidak mudah adalah bagaimana mendatangkan pengujung untuk melihat konten di website kita. Cukup kompleks dan ketak persaingan disana.

Para pejual produk tertentu mestinya paham target keyword apa? Semestinya harus tau hal ini, jadi secara umum orang mencari dengan kata kunci apa untuk menemukan produk yang akan dibeli. Keyword belum tentu langsung sebuah brand atau menyebutkan sebuah sebuah merek. Kata Kunci bisa sangat beragam dan saat inipun orang cenderung juga mencari dengan kata kunci yang lebih panjang.

Misalkan dulu orang mencari informasi produk baju dengan kata kunci baju murah, saat ini orang biasa mencari dengan kata kunci yang lebih spesifik dan Google juga berikan informasi penelusuran terkait misalnya : baju murah dibawah 20 ribu, baju murah di shopee, grosir baju murah harga 25000, jual baju murah, dll.

Mesin Pencari memilih diantara jutaan konten

Pada mesin pencari sepeti Google, penggunaan kata kunci memudahkan ia untuk menemukan dan kemudian menampilkan informasi yang relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh para pencari. Disisi lain pemilik konten juga berusaha untuk menyajikan konten bisa muncul dengan kata-kata kunci yang dimaksud. Munculkan konten kita diantara ratusan bahkan ribuan konten pesaing kita memang perlu perjuangan, bisa secara natural atau viral atau dengan cara iklan berbayar seperti di Google/Youtube, Facebook/IG, Tiktok atau yang lain. Untuk menggunakan iklan berbayar ini memang tidak mudah, sekali lagi kita perlu belajar dan cara yang paling mudah dan cepat adalah menggunakan jasa iklan google atau jasa iklan online.

Disini lain lagi pemilik konten tidak cukup hanya menata konten supaya baik dan friendly atau “ramah saja”, tapi juga berloma dengan yang lain supaya konten masuk di hasil pencariaan dari mesin Pencari. Salah satu hal penting yang masih diakui oleh Google atau mensin pencari adalah backlink. Backlink ini ibarat sebuah referensi atau rekomendasi yang diberikan oleh orang ke konten di web kita, semakin banyak referensi umumnya akan semakin bagus. Namun perlu perlu diperhatikan juga Jika Google juga punya algoritma yang selalu berubah dan diperbaiki. Secara mudah backlink bisa didapatkan dari relasi kita atau jika tidak mau repot bisa menggunakan jasa backlink untuk optimasi konten anda.

Belajar dari Statistik

Untuk bisa memahami web kita semestinya kita juga belajar data statistik dari web dan pengunung web kita. Data statistik web kita sendiri bisa dilihat dari tool analitic atau tool iklan online yang kita gunakan. Sekali lagi statistik web kita akan terlihat jika sudah ada pengunjungnya, jika masih sedikit tugas kita adalah bagaimana mendatangkan pengujung ke web kita. Bagaimana performa Website kita dilihat salah satunya bisa dilihat Kunjungan ke web kita jam/hari apa saja yang paling banyak?

Keyword atau kata kunci  dari hasil pencarian di Google Biaya Kuliah murah
Belajar dari Statistik

Pengunjung masuk dengan kata kunci apa, melihat ini jadi penting. Kadang sya menenukan pengujung masuk ke web dengan kata kunci yang tidak kita pikirkan sebelumnya. Ini bisa terjadi pada konten kita yang bersifat unik beda dengan yang lain.

Keyword atau kata kunci  dari hasil pencarian di Google Tiket Borobudur
Contoh Keyword Tiket Borobudur dan keyword terkainya.

Misalkan sebuah kata kunci Tiket Borobudur, Google juga memberikan rekomendasi dengan kata kunci tambahan yang lebih panjang, lebih Spesifik. Google hanya belajar dari konten dan pertumbuhan konten yang ada, jadi orang mau pakai kata kunci apa saja itu sah. Dan Google juga bisa menemukan hasilnya meskipun mungkin tidak selalu tepat untuk kata-kata yang panjang 🙂

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.