Apa itu IP Address, ini Penjelasannya

IP private adalah IP yang digunakan untuk jaringan lokal agar sesama komputer dalan jaringan LAN/WAN/MAN dapat saling berkomunikasi.
IP private adalah IP yang digunakan untuk jaringan lokal agar sesama komputer dalan jaringan LAN/WAN/MAN dapat saling berkomunikasi.

IP address berperan utama dalam pengalamatan sebuah device dalam jarinngan Komputer. Dalam jaringan Dalam 1 jaringan yang sama device memiliki alamat yang berbeda-beda. Meski beda-beda ada bagian alamat yang sama yang disebut sebagai Alamat jaringan (Network Address).

IP Address (Alamat IP) digunakan sebagai indentitas perangkat yang terhubung ke jaringan. IP saat ini ada 2 yaitu : ada IPv4 dan IPv6. Dilihat dari biner-nya IPv4 memiliki panjang 32 bit sementara IPv4 meliliki panjang 128bit. Contoh alamat IP dalam komputer misalkan 192.168.1.1 merupakan IP Lokal/private yang sering digunakan sebagai default alamat IP dalam perangat Router atau Modem. IP juga memiliki kelas, ada namanya Kelas IP Address yaitu kelas A, kelas B dan Kelas C yang digunakan secara luas.

Pembagian kela alamat IPv4 kelas A, B dan C.

Alamat IP Private (Lokal)

IP private adalah IP yang digunakan untuk jaringan lokal agar sesama komputer dalan jaringan LAN/WAN/MAN dapat saling berkomunikasi. Penerapan IP Lokal ini misalnya digunakan di jaringan sekolah, Lab Komputer, kantor, toko, RT RW net dan sebagainya. Perangkat jaringan yang terhubung ke jaringan lokal misalkan printer, komputer, notebook, Smartphone, smartdevice, IoT akan mendapatkan IP address private ini.

Baca Juga : Konsep Dasar – Apa itu alamat IP?

IP Lokal ada dikelas A, B dan C.Berikut ini adalah rentang alamat IP yang digunakan secara “bebas”untuk membangun jaringan lokal.

  • IP Private kelas A : 10.0.0.0 – 10.255.255.255
  • IP Private kelas B : 172.16.0.0 – 172.31.255.255
  • IP Private kelas C : 192.168.0.0 – 192.168.255.255

Alamat IP Publik

Selain IP Private tadi sebagian besar adalah IP Publik, IP yang bisa diakses dari mana saja di Internet. IP Publik biasa digunakan untuk alamat web server mail server, VPN dan lainnnya yang butuh diakses dari mana saja. IPv4 Publik disewa atau jual secara resmi dalam 1 blok misal /24 melalui IDNIC (jika di Indonesia). Ada juga yang “menjual” sebagian IP Publik secara eceran di marketplace.

Bisa simak Tulisan terkait : Cara mendapatkan IP Public / Publik

Video Penjelasan apa itu IP Address

Berikut Video pendek sekitar 18 menit penjelasan tentang IP Address, Masking, IP Publik dan IP private.

Baca Juga : Alamat IP dipakai dimana saja?

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.