Contoh Soal Studi Kasus: Peningkatan Keamanan Komunikasi Online dengan Kriptografi

-IDNOG’08 Bangun Keamanan Siber dan Perlindungan Data Era AI di Raffles Hotel Jakarta
-IDNOG’08 Bangun Keamanan Siber dan Perlindungan Data Era AI di Raffles Hotel Jakarta

Latar Belakang: Perusahaan fiktif “TechSecure” merupakan sebuah startup yang berfokus pada penyediaan solusi keamanan online. Mereka telah mengembangkan platform pesan instan yang ingin ditingkatkan keamanannya menggunakan teknik kriptografi. Tim pengembangan TechSecure meminta Anda untuk membantu mereka memahami konsep dasar kriptografi dan mengaplikasikannya dalam skenario ini.

Tugas Anda: Buatlah beberapa contoh soal studi kasus yang dapat membantu tim pengembangan TechSecure memahami konsep dasar kriptografi dan bagaimana kriptografi dapat diterapkan untuk meningkatkan keamanan komunikasi online.

Soal 1: Enkripsi Simetris TechSecure ingin melindungi pesan-pesan yang dikirim melalui platform mereka dengan menggunakan enkripsi simetris. Jelaskan konsep enkripsi simetris dan berikan contoh sederhana bagaimana pesan “RAHASIA” dapat dienkripsi menggunakan kunci “KUNCI123”.

Baca juga : Contoh Soal Studi Kasus: Keamanan Pesan Rahasia dengan Kriptografi

Soal 2: Enkripsi Asimetris dan Tanda Tangan Digital Pertimbangkan bahwa TechSecure ingin memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan terenkripsi kepada teman mereka, dan juga ingin memverifikasi integritas dan otentikasi pesan. Jelaskan konsep enkripsi asimetris dan bagaimana tanda tangan digital dapat digunakan dalam konteks ini. Berikan contoh bagaimana pengguna A dapat mengirim pesan terenkripsi kepada pengguna B, serta bagaimana tanda tangan digital dapat digunakan untuk memastikan pengirim pesan.

Soal 3: Penggunaan Kriptografi dalam Keamanan Data TechSecure ingin melindungi data sensitif pengguna yang disimpan di server mereka menggunakan teknik kriptografi. Jelaskan bagaimana kriptografi dapat digunakan untuk melindungi data saat istirahat (data di rest) dan data saat berpindah (data in transit). Berikan contoh bagaimana enkripsi dapat diterapkan pada kedua situasi ini.

Soal 4: Ancaman dan Serangan Terhadap Kriptografi Saat melindungi komunikasi dan data, perlu dipahami bahwa kriptografi juga rentan terhadap serangan. Jelaskan konsep serangan man-in-the-middle dan brute-force dalam konteks kriptografi. Bagaimana peran kunci yang kuat dalam melawan serangan ini?

Baca juga : IDNOG’08: Bangun Keamanan Siber dan Perlindungan Data Era AI di Raffles Hotel Jakarta

Soal 5: Kriptografi dalam Blockchain TechSecure juga tertarik untuk memahami bagaimana kriptografi digunakan dalam teknologi blockchain. Jelaskan peran kriptografi dalam menciptakan keamanan dan integritas transaksi dalam rantai blok, serta mengapa rantai blok dianggap aman dan tahan terhadap perubahan.

Instruksi: Tuliskan jawaban untuk setiap soal dengan jelas dan ringkas. Gunakan contoh-contoh yang relevan untuk menjelaskan konsep-konsep yang terlibat. Pahami bahwa tujuan dari soal-soal ini adalah untuk membantu tim pengembangan TechSecure memahami konsep dasar kriptografi dan bagaimana konsep tersebut dapat diterapkan dalam konteks keamanan komunikasi online.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.