Frekuensi Radio sering digunakan secara luas karena apa?

Frekuensi Radio sering digunakan secara luas karena apa
Frekuensi Radio sering digunakan secara luas karena apa

Frekuensi radio adalah jenis gelombang elektromagnetik yang digunakan dalam komunikasi radio. Frekuensi radio ditentukan oleh jumlah siklus gelombang elektromagnetik yang terjadi dalam satuan waktu (Hertz atau Hz). Frekuensi radio yang digunakan dalam komunikasi biasanya berada dalam rentang dari 3 kHz hingga 300 GHz. Rentang frekuensi yang digunakan dalam komunikasi radio dibagi menjadi beberapa segmen, seperti frekuensi rendah (LF), frekuensi menengah (MF), frekuensi tinggi (HF), frekuensi ultra tinggi (UHF), dan frekuensi super tinggi (SHF).

Baca Juga : Solusi Hosting Radio Streaming Murah

Penggunaan frekuensi radio sering digunakan secara luas karena beberapa alasan berikut ini :

  1. Jangkauan radio yang luas, frekuensi radio dapat menjangkau jarak yang cukup jauh, memungkinkan komunikasi di antara perangkat yang berada pada jarak yang cukup jauh.
  2. Kemudahan dalam penggunaan frekuensi radio, dapat digunakan dengan perangkat yang sederhana dan mudah digunakan hampir setiap orang, seperti radio portabel atau ponsel, yang membuatnya mudah diakses oleh banyak orang.
  3. Ketersediaan/alokasi frekuensi radio tersedia dalam jumlah yang besar, sehingga memungkinkan pembagian frekuensi untuk berbagai aplikasi dan pengguna.
  4. Kemampuan untuk penetrasi sinyal radio bisa melewati banyak material yang menghalangi seperti bangunan dan pegunungan, sehingga memungkinkan komunikasi di dalam gedung atau di bawah tanah.
  5. Kemampuan untuk menembus banyak obstruksi, dimana sinyal radio dapat melewati banyak material yang menghalangi seperti bangunan dan bukit /pegunungan, sehingga memungkinkan komunikasi di dalam gedung atau di bawah tanah.
  6. Banyak aplikasi dimana frekuensi radio digunakan dalam berbagai aplikasi seperti komunikasi, navigasi, radar, televisi dan radio siaran, dll.
  7. Efisiensi spektral dimana Frekuensi radio memiliki tingkat efisiensi spektral yang tinggi, yang memungkinkan banyak informasi dapat ditransmisikan dalam ruang spektral yang sama.
  8. Biaya yang relatif rendah, relatif murah dibandingkan dengan teknologi komunikasi lainnya, seperti satelit atau kabel.

Baca Juga : Cara supaya WiFi mempunyai Jangkauan Luas (Jauh)

Itulah beberapa alasan mengapa frekuensi radio banyak digunakan dalam berbagai aplikasi dan komunikasi. Diantarannya Radio pancar ulang dengan spesifikasi yang khusus misal RPU dengan Radio Motorola.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.