Info Penerimaan Sinyal TV digital di Temanggung dan Secang Magelang

Frekuensi Radio sering digunakan secara luas karena apa
Frekuensi Radio sering digunakan secara luas karena apa

Berikut adalah beberapa diskusi dari kelompok Facebook TV Digital TV DIGITAL JOGJA-JATENG. Diskusi ini berlangsung di lokasi Pendowo, Kranggan, Temanggung, dengan menggunakan antena pf hdu 25 dan STB Evercros. Di lokasi tersebut, berhasil mendapatkan siaran dari MNC Group, Emtek Group, TVRI Group, Net TV, Adi TV, dan beberapa saluran lainnya, dengan total 26 saluran. Antena yang digunakan memiliki tinggi 11 meter dan diarahkan ke Gunung Sumbing.

Menurut Edo, di daerah Sumbing, dapat ditangkap seluruhnya 45 saluran dengan menggunakan STB Matrix Apple. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Pada saluran UHF 25, terdapat 6 saluran yang dapat ditangkap, yaitu Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV, RBTV/Kompas TV, dan RTV.
  2. Pada saluran UHF 27, terdapat 3 saluran yang dapat ditangkap, yaitu Metro TV, BN TV, dan Magma Channel.
  3. Pada saluran UHF 29, terdapat 12 saluran yang dapat ditangkap, yaitu TVRI Nasional, TVRI Jogja, TVRI Jateng, TVRI Sport, TVRI World, Nusantara TV, NET TV, Adi TV, SangaJi TV, Tatv, Tegar TV, dan Inspira TV (pemancar di Pathuk Jogja).
  4. Pada saluran UHF 31, terdapat 4 saluran yang dapat ditangkap, yaitu TVRI Nasional, TVRI Jateng, TVRI World, dan TVRI Sport (pemancar di Pager Gedog Magelang).
  5. Pada saluran UHF 35, terdapat 3 saluran yang dapat ditangkap, yaitu ANTV dan TVOne.
  6. Pada saluran UHF 41, terdapat 4 saluran yang dapat ditangkap, yaitu RCTI, GTV, iNews TV, dan MNCTV.
  7. Pada saluran UHF 47, terdapat 4 saluran yang dapat ditangkap, yaitu Trans7, Trans TV, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia.
  8. Arah antena yang menghadap ke barat-timur memungkinkan untuk dapat mengambil sinyal dari Jogja dan Pager Gedog tanpa masalah dan sinyal bagus untuk semua saluran.

Seputar Secang dan Grabag Magelang

Lokasi Secang, magelang. Solusi bagiamana ya arah Jogja TVRI saja dibalik pantulan sumbing dpt emtek. Tapi TVRI zonk biar masuk smua gmana ya?

Kelik Black : Di Pirikan, secang arah Gunung sumbing dapat emtek grup, jogja mnc grup jogja dan tvri pager gedog.

Lokasi Secang, Magelang, menghadapi masalah sinyal dari Jogja TVRI yang hanya dapat diterima dengan baik jika dibalik pantulan sumbing untuk mendapatkan sinyal Emtek. Namun, masalahnya adalah jika dibalik, TVRI menjadi zonk (tidak dapat ditangkap dengan baik). Untuk memperbaiki situasi ini, Dwi Indarto di Lokasi Ngabean, Secang, telah melakukan beberapa tindakan sebagai berikut:

  1. Ganti Antena: Dwi Indarto telah mengganti antena dari yang sebelumnya “antena titis” menjadi “antena polosan” dengan panjang 2 m. Selain itu, tinggi antenanya ditingkatkan menjadi 15 m. Perubahan ini dilakukan untuk mengatasi masalah pantulan sumbing yang mempengaruhi sinyal.
  2. STB Upgrade: Dwi Indarto telah mengganti STB (Set Top Box) dari yang sebelumnya “STB LUBY 02” menjadi “STB Evercross”. Selain itu, STB 1 lagi menggunakan Evercoss cabe rawit dengan body plastik. Upaya ini juga bertujuan untuk memperbaiki masalah sinyal dan mungkin meningkatkan kualitas penerimaan.
  3. Masalah Mux Metro: Ada masalah pada mux Metro yang masih memiliki gangguan sinyal negatif. Hal ini dapat menyebabkan beberapa saluran Metro tidak dapat ditangkap dengan baik.
  4. Penggunaan Booster: Dwi Indarto mencoba menggunakan “Booster” untuk memperkuat sinyal. Namun, tanpa menggunakan sinyal atasnya, tidak dapat mencapai kualitas sinyal yang diinginkan.
  5. Masalah Emtek dan TVRI: Meskipun ada kemungkinan untuk mendapatkan sinyal Emtek dengan perubahan yang telah dilakukan, namun jika Emtek diperkuat, sinyal TVRI menjadi zonk. Sebaliknya, jika TVRI diperkuat, maka Emtek menjadi zonk.

Mieftakhul Fuadi : Di daerah Grabag dan sekitarnya, kabupaten Magelang, terdapat kendala dalam mengambil arah langsung menuju Jogja, sehingga diperlukan metode alternatif dengan mengambil pantulan arah dari Gunung Sumbing. Beberapa lokasi di daerah tersebut dapat mengakses siaran dari mux emtex, mnc, dan TVRI, sementara beberapa lokasi lainnya bisa menangkap siaran dari trans TV.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.