Apa itu Internet of nano-things?

Internet of nano-things (IoNT) adalah sistem perangkat yang sangat kecil yang saling terkait untuk mentransfer data melalui jaringan. Berbagai nanoteknologi yang terintegrasi ke dalam sistem IoNT dapat digunakan untuk aplikasi yang sangat spesifik
Internet of nano-things (IoNT) adalah sistem perangkat yang sangat kecil yang saling terkait untuk mentransfer data melalui jaringan. Berbagai nanoteknologi yang terintegrasi ke dalam sistem IoNT dapat digunakan untuk aplikasi yang sangat spesifik

Internet of nano-things (IoNT) adalah sistem perangkat yang sangat kecil yang saling terkait untuk mentransfer data melalui jaringan IoNT merupakan salah satu penerapan dalam teknologi IoT. Berbagai nanoteknologi yang terintegrasi ke dalam sistem IoNT dapat digunakan untuk aplikasi yang sangat spesifik. Misalnya, pabrik pintar akan menggunakan perangkat IoNT untuk memantau suhu, kelembaban, asap gas, kualitas air, dan kemungkinan emisi karbon dari sistem pembuangan. Kendaraan yang terhubung dengan sensor mini dapat bertukar data seperti informasi lingkungan atau spasial, yang akan meningkatkan keamanan dan akurasi sistem bantuan kendaraan.

Internet nano-things tidak jauh berbeda dengan IoT, kecuali dalam arti bahwa perangkat yang saling terhubung dalam IoNT berukuran mini dan cukup kecil untuk disebut skala nano, yaitu sekitar 0,1 hingga 100 nanometer — dengan nanometer berukuran satu- sepersejuta meter. Sebagai referensi, Nano.gov mengatakan selembar kertas setebal 100.000 nanometer, ada 25,4 juta nanometer dalam satu inci, dan DNA berdiameter 2,5 nanometer.

Internet of nano-things
https://www.researchgate.net/figure/The-Internet-of-Nano-things-application-in-Healthcare_fig3_273505407

Sebagian besar teknologi yang saat ini digunakan — seperti sensor di mobil dan rumah yang melaporkan kondisi lingkungan, atau akselerometer dan giroskop di ponsel cerdas yang membantu orang menggunakan layanan navigasi atau lokasi — adalah contoh perangkat yang sangat kecil yang dapat diminiaturisasi agar muat dalam jarak yang sangat jauh. volume kecil. Hampir semua otomatisasi modern bergantung pada perangkat berskala nano yang dapat berkomunikasi satu sama lain untuk memberikan opsi teknis yang lebih cerdas. Integrasi teknis ini akan mendorong inovasi di semua ruang yang bisa dibayangkan, mulai dari industri otomotif hingga industri perawatan kesehatan, serta barang-barang rumah tangga biasa untuk penggunaan sehari-hari.

Apa itu Internet of nano-things
Apa itu Internet of nano-things, https://www.researchgate.net/figure/The-Internet-of-Nano-Things-possible-applications-at-the-global-scale-6_fig2_273505407

Internet elektronik nano-things tidak hanya canggih dalam hal desain dan manufaktur, tetapi juga dikemas dengan sangat baik untuk melindungi perangkat dari gangguan yang tidak diinginkan. Interferensi sangat menantang untuk dikelola karena metode elektromagnetik yang memungkinkan perangkat ini berkomunikasi satu sama lain secara nirkabel.

Jenis teknologi nano yang diintegrasikan ke dalam sistem IoT sangat spesifik untuk aplikasi. Misalnya, pabrik pintar akan menggunakan perangkat IoNT untuk memantau suhu, kelembaban, asap gas, kualitas air, dan mungkin emisi karbon dari sistem pembuangan. Dalam contoh lain, kendaraan yang terhubung dengan sensor miniatur serupa dapat memprediksi kedekatan, kondisi lingkungan, dan informasi lokasi untuk membantu memastikan keamanan dan keakuratan sistem bantuan kendaraan.

Di sisi lain, dalam aplikasi kota pintar dari perangkat nano yang saling berhubungan, jenis teknologi yang terintegrasi dapat bertanggung jawab untuk memantau konsentrasi gas atau partikulat beracun, dengan perangkat yang ditanam di berbagai lokasi kota untuk memantau tingkat polusi untuk menjaga kesehatan. dan keamanan warga di kawasan tersebut.

Baca selengkapnya: https://statnano.com/news/66887/A-Glance-at-the-Internet-of-Nano-things-and-Its-Applications#ixzz77Fc0MN5c

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.