Halaman hilang dari Pencarian di Google

Statistik dan Probabilitas
Statistik dan Probabilitas

Bisa saja sebuah Halaman hilang dari Pencarian di Google, termasuk kalau kita cek cache-nya di Google pun akan terihat error. Oya jika hilang halaman tudak muncul, tapi coba persempit hasil pencarain hanay di web kamu saja dengan mengetik site:nanawebkamu misalnya site:imm.web.id bisanya masih tersisa tampulan hasil, namun cache error. Google menampilkan hasil pencarian dari laman-laman yang terlah di cache (Simpan) sementara di Google sebelumnya, mesin (robot) google yang secara otomatis melakukan ini.

Coba cek hasil-hasil pencarian web kamu dan, Klik cache-nya dari judul yang sesuai ditemukan diweb kamu dan apa hasilnya.

Atau bisa juga cek cache secara langsung di https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:tambahkan_URL_kamu

Misalnya :

https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:https://imm.web.id/2020/12/melihat-jenis-iklan-yang-menghasilkan-dari-statistik-youtube/

Tampilan cache yang normal seperti ini, kita bisa lihat dalam versi visual teks saja atau kode sumber (html). Termasuk juga tanggal dan jam berapa halaman ini di cache oleh Google

Jika hasilnya error seperti ini sepertinya ada masalah dengan web kamu. Bisa jadi ada error di konten atau perubahan isi dari konten (yang sukup signifikan) dan dianggap beda oleh Google. Sehingga kemungkinan halaman lama yang tersimpan di Google dianggap tidak sama dengan yang baru. Ya meungkin Google sangat sensitif terhadap penemuan hasil pencarian tersebut.

Bisa gunakan fitur URL Inspection pada akun web yang kamu setting sebelumnya di Search Console Google.

Ketik URL saja dan tekan enter, Google akan mulai menelusur. Jika tampilan seperti ini berati ada masalah di web kamu.

Untuk URL baru yang berlum terindex bias dicek dari Search console dengan cara mengetik URL-nya tampilan seperti ini

Apa yang bisa dilakukan?

Coba Minta pengindeksan (ulang)

Menurut salan dari Google Support, kamu dapat meminta agar URL yang diperiksa diindeks oleh Google. Pengindeksan bisa memakan waktu hingga satu atau dua minggu, Anda dapat memeriksa kemajuannya menggunakan alat ini.

Beberapa peringatan saat meminta pengindeksan: Pengindeksan biasanya hanya membutuhkan satu atau beberapa hari, tetapi bisa memakan waktu lebih lama dalam beberapa kasus. Mengirimkan permintaan tidak menjamin bahwa halaman akan muncul di Indeks Google.

Ada batasan harian untuk berapa banyak permintaan indeks yang dapat Anda kirimkan. Jika Anda ingin banyak halaman diindeks, coba kirimkan peta situs ke Google.

Periksa URL halaman

Klik Minta pengindeksan pada halaman hasil pemeriksaan untuk URL. Jika laman lolos pemeriksaan cepat untuk menguji kesalahan pengindeksan langsung, itu akan dikirim ke antrian pengindeksan. Anda tidak dapat meminta pengindeksan jika halaman dianggap tidak dapat diindeks dalam uji langsung.

Untuk meminta pengindeksan banyak halaman baru atau yang diperbarui, pilihan terbaik Anda adalah mengirimkan peta situs (Sitemap), dengan halaman yang diperbarui ditandai dengan <lastmod>

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.