Mengapa WiFi Lemot?

Mengapa WiFi Lemot? Mengapa saya jadi WiFi Lemot Banget? Atau koneksi tidak terhubung sama sekali, Jika pakai koneksi Plat Merah dan tanya ke CS pasti diminta Restart Modem. Ya Restart Modem sekaligus WiFi, pada berberapa Provider Modem dan WiFi berada dalam perangkat yang sama. Iya gak hehe.. Saya coba jawab dengan hal-hal yang bisa masuk akal dan masuk dalam logika pelajaran IT. Tanpa basa basi, begini ceritanya..

Pertama WiFi kalian seperti apa, wifi tidak tinggal diam buka berati jalan-jalan seperti WiFe ya hehe.. Ops serius sory habis ini. Klu ada tulisan yang bercanda lagi anggap saja khilaf.. hehe.. WiFi akan dapat Koneksi dari Internet, kayakanya gak jaman sekarang Koneksi Wifi gak nyambung kemana-mana (klu mau jadi tulisan formal nanti diedit ya).

Koneksi wifi ada jalur yang terhubung ke dunia internet diluar sana melalui Provider. Jadi kesimpulan pertama, masalah bisa terjadi di WiFi kita atau jalur yang mengarah ke PROVIDER Internet. Solusi yang bisa dilacak untuk pertama ini GAMPANG, colok saja dan cek langsung pakai KABEL LAN ke PC atau LAPTOP. Kalau tidak ada PIJEM. 😀 Kenapa pakai kabel, karena dengan pakai Kabel kamu dapat jawaban pastinya.

MiFi ada WIFI juga didalamnya

Kedua, Jika massalahnya ketahuan di Provider, tinggal telp saja, mereka yang Tim teknis akan bisa cek masalahnya dimana? Untuk kasus masalah ini, kita hanya bisa berharap pada provider dan berdoa, semoga Internet lekas sehat.

Lekas sehat Internet, kita lagi BR dan WHF nih..

Doa & Harapan

Ketiga, Jika masalah ketahuan di WiFi/Jaringan kita. apa yang bisa dilakukan Paling gampang coba Restart WiFinya, ini solusi yang paling umum mengapa?

  • WiFi bisanya lelah atau mungkin juga bisa hang dan kurang respon kerena kelamaan Hidup, sekali-kali dimatikan sebentar saja.
  • WiFi juga punya kemampuan bsia dikonek dengan jumlah yang terbatas, dengan Restart, perangkat-perangkat yang tidak perlu bisa diputuskan (Sebentar)
  • Bisa jadi WiFi kita dikonekin terlalu banyak device, sehingga WiFi jadi berat atau koneksinya yang habis. Untuk kasus ini mau lihat secara pati coba masuk ke WiFi/Modem ke alamat IP modem, bisanya bisa diakses pakai http/ Web Browser. Meski saya YAKIN tidak semua orang bisa dengan mudah amsuk ek WiFi hehe.. nanti orang IT gak laku kalau semua bisa mudah masuk hehe..
  • WiFi memang sudah Usang atau perlu ganti yang baru, sekali lagi WiFi adalah perangkat aringan yang punya umur Hidup dan bisa saja mati/rusak pada suatu saat. Umur 4-5 tahun Normlnya WiFi masih Normal, jika lebih kadang masuk angin itu sudah biasa.

“Coba Restart Modemnya Ya”

Mengutip kata mbak CS

Kempat, Untuk Pertama, Dua dan Tiga adalah cara mudah deteksi utuk orang awam. Kali ini bicara lebih ilmiah dan bagi yang punya basic IT atau mau belajar IT. Bagaimana Ceknya dengan Data yang VALID, buka biasanya.

  • Konek ke WiFi biasa dan pastikan dengan ping ke IP Modem, Ping ke alamat domain /IP diluar saja atau juga pakai trace route, bisa juga pakai Speedtest apakah hasilnya OK. Bisa jadi masalahnya Koneksi ke beberapa web saja yang bermasalah atau memang semua bermasalah. Sekali lagi kalau memang masalahnya di Koneksi luar, bisa Kontak ke ISP-nya.

“Dengan Ping atau Tracert yang Benar, kita akan dapat jawaban”

Pengalaman saja
  • Pastikan juga bisa konek ke IP modem, misal IP modem 192.168.1.1 bisanya kita bisa konek ke http://192.168.1.1. JIka WiFi kamu merek Mahal, cara koenskinya bisanay tidak menggunakan http lagi. Cek apa coba ganti Kanal WiFi ke kanal yang lain atau coba buat Otomatis. Untuk mematikan tidak ada gangguan frekuensi di kanal WiFi. ganti Password dan nama SSID WiFi jika diperlukan.
  • Untuk kasus gangguan pada kanal WiFi sebenarnya kita bisa cek pakai Tool WiFi Scan atau Survey, banyak kog di Android atau yang versi PC. Mial WiFi ternganggu sinyal HP – HP yang lagi teetering disekitar, kalau jauh tidak masalah, jika dekat dan kanal sama bisa jadi mengganggu.
Survey WiFi

Yang terakhir ini Sinyal-sinyal WiFi yang bertabrakan karena saling berdekatan dan menggunakan kanal yang sama. Dah itu dulu yah, Gunakan kolom Komen buat bertanya-tanya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Posts