Fitur Baru di WordPress 5.4

WordPress telah ada sejak lama dan telah menjadi sebuah CMS Web yang populer, paling banyak digunakan saat ini. Diketahui juga bahwa jutaan situs web saat ini berbasiskan Kode WordPress yang merupakan open-source dengan menggunakan bahasa program php.

Ketika digabungkan, platform ini dapat menampung jutaan situs web dan inilah alasan mengapa pengembangan adalah kunci dari platform tersebut. Untuk alasan ini, bahkan di masa pandemi, WordPress telah merilis versi baru untuk platformnya yaitu WordPress 5.4

Dikutif dari release di webnya https://wordpress.org/support/wordpress-version/version-5-4/ WordPress 5.4 “Adderley” dirilis ke publik pada 31 Maret 2020. Versi WordPress ini dikabarkan akan datang lebih awal tetapi jelas bahwa situasi COVID-19 telah menunda prosesnya. Sekarang WordPress 5.4 dirilis, kita dapat secara resmi melihat apa yang ada di dalam pembaruan terbaru dan memahami apa artinya bagi pengguna yang sudah menggunakan platform.

Tampilan editor

Perbandingan Tampilan editor Wordpess 5.4 dengan versi sebelumnya

Editor di WordPress sebelum versi 5.4
Editor di WordPress versi 5.4 tampil full screan

Social Icon

Tambahan Social Media Icon dalam Blok Editor. Contoh penambahan akun Social Media dengan memilik block Social Icon atau cukup ketik /soc di block yang kosong. Selanjutnaya social icon akan muncul, bisa dengan mudah menambahkan link ke tujuan (URL)

Icon Social Media

Blok perubahan Warna Text

Ada tambahan 1 blok lagi di WordPress 5.4 ini, yaitu untuk perubahan warna tulisan. Cara tulis baru dengan aneka warna: Gradien di Blok Tombol dan Tutup, akses bilah alat ke opsi warna dalam blok Teks dengan pilihan warna, dan untuk pertama kalinya, opsi warna di blok Grup dan Kolom.

Warna Teks

Secara lengkap bsia dicek di web, termasuk lebih cepat ” Speed! 14% faster loading of the editor, 51% faster time-to-type!”

https://wordpress.org/support/wordpress-version/version-5-4/#two-new-blocks-and-better-blocks-overall

2 comments

  1. Pengen pindah ke wordpress tapi takut kalo banyak error. Misal dari blogspot di migrasi ke wordpress itu nanti imagennya gimana ya gan? apakah langsung tersimpan di wordpress?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.