Cara Setting IP Camera Hikvision di XVR 2004HD

Setting IP Cam Hikvision di XVR 2004HD bisa dilakukan dengan menggunakan protokol ONVIF. Sehingga CCTV kita bisa aktif dengan beragam merk kamera dengan menggunakan protokol satandar. Secara default protokol ini dalam kondisi off (Disable) di hikvision. Berikut ini langkah yang dilakukan agar IP Camera (Network Camera) hikvision bisa digunakan di XVR / NVR yang menggunakan protokol standard ONVIF.

Dalam tulisan ini kami coba lakukan pada IP camera hikvison 2 MP dengan default IP 192.168.1.64 user admin dan password default admin. Secara umum langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Hubungkan IP camera dalam jaringan.
  2. Akses ke IP camera dengan browser ke alamat http://192.168.1.64 pastika IP Komputer berada dalam 1 segment network yang sama. 192.168.1.x
  3. Ganti IP, user dan passwrd jika diperlukan
  4. Pilih menu Network -> advanced Setting –> Integration protocol
  5. Akifkan : ONVIF dan tambahan user baru (user baru bebas, tidak harus sama dengan user masuk ke IP camera) pilih level sebagai ” Media user”
  6. Masuk ke XVR dan tambahkan kamera secara manual : tambahkan IP, user, password dan Protocol (ONVIF). Jika berhasil akan berwarna hijau.
  7. Setting selesai, kamera seharusnya bisa terhubung ke XVR
pengaktiva Protokol ONVIF di IP cam Hikvison

Setting penambahan kamera baru (manual) di XVR / NVR

Jika sudah selesai bisa dicek apakah sudah “hijau”

Dalam kamera ini saya gunakan IP camera biasa (maaf lupa merknya) dan 2 buah IP Camera hikvision. Sekian gambar cara seting IP Camera Hikvision di XVR murah ini. 🙂

Comments are closed.