Solusi Aplikasi (di Server) yang saya gunakan hingga saat ini (2017)

Sudah lama tidak menulis di Blog ini, tulisan kali ini hanya sharing (berbagi) saja tentang aplikasi-aplikasi yang saya (kita) gunakan untuk mendukung kegiatan dan pekerjaan sehari hari. Aplikasi ini ang digunakan untuk kepetingan bersama (public) bukan yang terpasang di komputer untuk mandiri. Aplikasi ini ada diserver atau perangkat bawaan dari aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi masuk dalam kategori sering digunakan tapi ada juga yang jarang digunakan. Berikut ini aplikasi yang terpasangn dan sering digunakan.

  1. CMS WordPress : Konten menajemen yang digunakan untuk memanajemen isi dari web, baik web pribadi ataupun web di kantor. Belum hitung secara pasti tapi kira-kita ada sekitar 100 Web (Domain dan sub domain yang menggunakan CMS ini. CMS ini bersifat open source sehingga tidak ada biaya sama sekali utnuk pembelian aplikasi.
  2. OSTicket digunakan untuk pendataan gangguan pada pengguna, Software ini free dan open Source bisa diapsangkan diserver yang menggunakan PHP dan MySQL sebagai database.
  3. Sistem operasi (OS) di Server sebagian besar OS yang digunakan menggunakan Debian atau Centos, kedua distro ini relatif stabil dan tidak ada masalah yang berarti. Ada 1 buah server Centos yang Hidup terus sekitar 10 tahun belum (tidak pernah mati/dimatikan) di server HP Proliant, mungkin ini server yang paling lama yang pernag saya manage.
  4. Virtualmin merupakan aplikasi berbasis web menggunakan bahasa perl digunakan untuk manajemen hosting mirip dengan Cpanel. Virtualmin yang saya gunakan adalah Virtualmin GPL (free) karena ada virtualmin pro yang berbayar. Aktiviiitas menajemen hosting : seperti membuat akun baru, edit, backup, skedul backup dan restore ada disini meskipun di versi yang Free. agak lupa kapan pertama kali menggunakan sepertinya sekitar tahun 2010/2011. Sebelum pakai virtualmin saya hanya pakai webmin-nya saja, namun karena kebutuhan pakai virtualin lebih menyenangkan.
  5. CPANEL, selain virtualmin saja juga gunakan cpanel untuk manajamen server. Untuk kepentingan profit Cpanel berbayar, namun untuk edukasi Cpanel bisa diperoleh secara Gratis tanpa biaya langgan, hanya biaya awal saya untuk pendaftaran. Dalam Cpanel ada WHM yang digunakan untuk mengelola server dengan lebih mudah. Syarat memiliki cpanel for edukasi ini antara lain punya IP sendiri dan memiliki domain edukasi seperti .edu .ac.id atau .sch.id.
  6. Proxmox aplikasi vrtualisasi server yang open source, aplikasi ini bisa di remote dengan basis web. beberapa fitur yang emanrik disini antara lain : Install PC dari Image, Backup, restore yang tinggal klik saja. Bisa dipakai utnuk membuat VPS. Aplikasi ini mirip dengan Virtualbox atau VMware hanya saja akses berbasis web.
  7. Unifi Controller untuk manajemen WiFi Unifi terpusat aksesnya dilakukan dengan menggunakan web browser. Software ini free namun hanay bisa digunakan diperangkat Uniquity (unifi) saja. Disini untuk memanage banyak Access Point dengan mudah, sebuah controller yang saya gunakan saat ini digunakan untuk mengatur sekitar 100an Access Point, dengan bandwidth total sekita 250 MB dedicated.
  8. Mikrotik RouterOS, ada beberapa router yang digunakan untuk routing menggunakan Router Mikrotik mulai dari RB1100 dan CCR. Untuk akses remote menggunakan winbox. Bagian dari Mikrotik saya menggunakan Userman (User manager) untuk mengelola user hotspot secara terpusat.
  9. IP PABX Server saya menggunakan Elastix yang merupakan server IP PBX yang free dan open source, bisa dipasangkan di PC dan diakses secara remote menggunakan web Browser.
  10. Ada beberapa aplikasi lain yang dikembangkan sendiri secara umum kebanyakan menggunakan plaform berbasis Web.

Sepertinya ini dulu, jika ada tambahan mungkin karena lupa atau bertemu dengan software baru, nanti saya update. Dilain waktu akan saya bahas tulisan yang menyangkut kendala dan permasalah yang dihadapi dalam penggunaan aplikasi ini.

Comments 1

  • Salam.

    Saya juga pemakai virtualmin mas…
    Masih newbie bgt. Baru langganan internet plus ip public static. Cuman 35000 langganan ip public static perbulan.

    Server virtualmin saya bisa diakses di https://server1.hostingmurah.bid pakai port 10000

    Kalau ada yg mw coba pake silahkan kontak saya… Hehe

    Oya mungkin bisa share pengalaman2 mas pakai virtualmin. Optimasi, troobleshooting, personalisasi, nambah plug in atau script…

    Thanks mas…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *