Cara mudah membuat Toko Online dengan WordPress

wordpres-immMembuat Toko online itu mudah, banyak CMS E-commerce yang open source dan gratis, hanya saja bagi yang hanya ingin jual barang dengan model display saja. CMS E-commerce misalnya : Opencart, Magento, Pestashop, osCommerce,dll. CMS seperti itu terlalu banyak fitur yang tidak dipakai, selain juga ukurannya bisanya cukup besar. Dari sekian banyak fitur yang disediakan mungkin hanya sebagai saja yang akan termanfaatkan. Tapi jeika memang produk anda banyak dan dimanis, serta membutuhkan fitur-fitur yang ada CMS E-commerce bisa jadi solusi. _wp_theme_grid2WordPress juga CMS untuk blog atau keperluan umum (General), dengan cara yang simple anda bisa gunakan wordpress untuk display produk dan juga nulis artikel. WordPress bisa jadi solusi untuk anda yang tidak bisa coding sendiri. Menutut yang saya ami dari berbagai toko Online sederhana, fitur fitur yang umunya dibutuhkan pada toko online sederhana antara lain :

  1. Display Produk seperti Katalog berisi minimal : foto, keterangan produk dan Harga
  2. Pengelompokan produk berdasarkan jenis atau Merk.
  3. Profil atau Informasi Tentang Toko Online,Cara beli, testomini dan custome page sesuai kebutuhan.
  4. Interaksi
  5. Kontak Form baik informasi Kontak atau Form Kontak form
  6. Link dengan Facebook, Twitter, Google Map dan Social media yang lain.
  7. Fleksibel jika ingin dilakukan perubahan baik data maupun fitur.

_wp_theme_grid

Fitur yang simpel yang disediakan di Worpress yang minimal dibutuhkan dalam pembuatan toko online ini atara lain :

  1. Manage Pots atau Page sesuai kebutuhan
  2. Manage Theme (Uplaod atau ganti Theme)
  3. Manage Plug-in : menambah fitur dengan plugin baru
  4. Manage Komentar

Masih banyak fitur lain yang bisa anda eksplorasi sendiri untuk memenuhi kebututuhan anda. Baik fitur standar atau fitur yang belum ada, jiak fitur yang diinginkan belum ada anda bisa cari tambahn fitur melalui Plug in. Untuk merubah tampilan dari menu Themes.

wp-fature-img

Secara sederhana berikut ini adalah langkah umum yang bisa anda lakukan untuk merubah tampilan WordPress jadi Toko online (display produk). Langkah-langkah yang bisa anda lakukan antar lain sebagai berikut :

  1. Punya WordPress hosting sendiri, jika anda belum punya ada bisa beli layanan Hosting dan domain dengan biaya yang murah. Namun juga mesti selektif carilah harga yang standar saja jangan terlalu murah. Untuk awal bisa jadi Bugjet Hosting dan Domain minimal sekitar 400rb/tahun. Cara install worpress sendiri cukup mudah tinggal klik-klik saja tanpa coding. Misalnya dengan fitur Softaculous atau Fatastico di Cpanel. Jika kesulitan biasanya anda akan dibantu oleh pemilik Hosting.
  2. Cari Theme model Grid (kotak kotak) murah. Worpress relatif mudah digunakan tutorialnya juga banyak di Internet. Theme Grid adalah themes wordpress yang menampilkan post dalam bentuk kotak-kotak. Tiap kotak bisa berisi foto dan bawahnya berisi keterangan dari gambar. Pengelolaan Foto bisasanya menggunakan Feature Image sehingga tampilan gambar akan bisa lebih rapi.
  3. Gunakan Plug in Contact Form (misal Contact form 7). Kontak form jadi penting untuk digunakan sebagai sarana komunikasi awal antara pembeli dengan penjual. Ini perlu disediakan karena tidak semua orang suka kontak nomer telp/SMS ada yang lebih sudah kontak form atau lewat email. Dengan kontak form informasi dari kontak akan terkirim ke email. Jika memang ini tidak perlu, anda juga tidak perlu install Plugin ini.

Dengan langkah tadi merupakan langkah awal yang bisa merubah tampilan WordPress jadi model Katalog. Fitur yang menarik dari wordpress yang lain adalah anda bisa posting dari perangkat Mobile, misalnya dari Android ada aplikasi WordPress. Aplikasi ini relatif sederhana dan mudah digunakan. Silah

Bahan bacaan untuk anda :

  1. Daftar CMS E-commerce : http://www.softaculous.com/apps/ecommerce
  2. Contoh Free Theme Portofolio (grid) http://ahadaily.com/free-portfolio-wordpress-themes.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *