Paramater yang jadi acuan dalam Hosting Radio Online

whm-sonicHosting radio atau Hosting untuk Radio Streaming saat ini sudah jadi kebutuhan juga. tidak hanya mereka yang sudah punya Radio namun juga pengguna yang membutuhkan broadcast secara online melalui Internet. Broadcast bisa saja secara permanan atau terjadwal. Bisa disesuiakan dengan kebutuhan anda. Cukup banyak software yang bisa membantu anda untuk “siaran secara online”. Masalahnya mungkin adalah memilih Hosting radio streaming yang sesuai buat anda. Parameter Hosting Radio Murah yang ditemukan lewat mesin pencari kadang langsung jadi patokan utnuk memilih. Sebelum memilih ada baiknya anda membaca tulisan berikut.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa anda jadikan dalam memilih atau mempertimbangkan Hosting Streaming. Fitur berikut saya berikan sedikit penjelasan untuk lebih memahaminya.

  1. Kapasitas Pendengar : Jumlah maksimal pendengar Radio Online secara bersamaan, Misalkan kapasitas 100 orang maka pada saat bersamaan siaran anda hanya bisa dinikamti oleh 100 orang. Jumlah pendengar disini tidak hanya mereka yang mebuka melalui web Broswer, namun juga pendengar yang menggunakan software seperti WinAmp atau VLC Player yang mendengar dalam mode Streaming ke URL anda.
  2. Lokasi Data Center, pada pemula sebaiknya memilih Hosting dengan datacenter yang terdekat dengan kebanyakan lokasi pendengar. Misalkan segmen pendengar kebanyakan di Indonesia anda bisa pilih Lokasi Hosting di IIX supaya akses pendengar ke Radio stremaing lebih dekat dan lancar. Jika pendengar sudah banyak dan tersebar anda dimungkinkan harus memikirakan server radio yang tersebar juga, misalkan IIX, USA dan SG.
  3. Bitrate maksimum: umumnya berkisar antara 24 Kbps – 128kbps, semakin tinggi akan akan semakin bagus kualitas suara. Biaya Hosting juga akan semakin mahal karena semakin bagus kualitas suara dan banyak pendengar membutuhkan kapasitas jariangan yang semakin besar.
  4. Kapasitas Penyimpanan: digunakan untuk menyimpan file /data /lagu atau yang lain. Beberapa radio online menggunakan server radio sekaligus utnuk server hosting web. Namun sebagian yang lain hanya memanfatkan radio streaming utnuk siaran online saja. Anda memerlukan kapasitas besar jika emamng akan membuat repository lagu untuk program Auto DJ (misalnya) atau memang pertumbuhan website anda cukup pesat dengan penambahan data multimedia yang cukup besar.
  5. Bandwith Radio: Merupakan Volume dapat dihitung dari banyaknya pendengar (Kapasitas) di kali kualitas (Bit rate) selama 1 bulan. Misalnya 100 pendengar (dalam 1 hari) dengan 32 kbs dengan rata-rata menderngarkan selama 3 jam maka selama 1 bulan dibutuhkan sekitar 130 GB.
  6. Bandwith Hosting: hampir sama dengan Bandwidth radio, namun untuk volume dari konten/isi website yang diakses oleh pengguna dalam ukuran GB.
  7. Berapa SLA (Service Level Agreement) misalkan dijanjikan 99.9% (“three nines”), secara perhitungan dalam 1 tahun dimungkinkan kejadian server Down selama  8,76 jam atau 43,8 menit/bulan atau Down 10.1 menit/minggu. Memang tidaka da SLA yang 100 %.
  8. Addon Domain: juga merupakan fitur tambahan yang umum dalam hsoting website. Dengan langganan 1 Hosting, kita bisa tempatkan untuk sejumlah domain lain di Control Panel yang sama.
  9. Apakah Gratis Domain dan dukungan Fitur hosting lainnya seperti yang ada di Cpanel, WHMSonic Control Panel atau tambahan seperti Auto DJ dan yang lain.

Bagi anda yang baru memuali siaran online, umunya belum bisa memmerkirakan secara tepat parameter-parameter diatas. Namun anda tidak perlu khawatir, anda bisa saja memilih paket minimal dahulu yang ditawarkan oleh penyedia layanan. Jika setelah berjalan masih kurang anda bisa Upgrade ke paket yang lebih besar sesuai kebutuhan. pada umunya penyedia layanan sangat fleksibel. Jika anda tertarik dan ingin mencoba anda bisa coba salah satu Penyedia layanan yang kami Rekomendasikan disini : domosquare.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

viewporntube indobokep classicrentcar borneowebhosting informasiku pontitravel pontiarmada classicborneorentcar