Hati-Hati Belanja Online – Banyak Toko Online Palsu

stop_penipuanHati-Hali Belanja Online –  Banyak Toko Online Palsu, beberapa waktu lalu lihat berita di Televisi ada beberapa muda tertangkap Polisi, berada di balik Toko Online Palsu. Saya coba amati beberpa situ “penipu” saat ini sudah banyak menggunakan domain dan Hosting berbayar seperti domain .COM. Jika beberapa waktu yang lalu banyak web toko onlien palsu menggunakan domain Gratis sepertinya sudah mulai berbergeser. Mereka sudah mulai “bermodal awal” buat beli Domain dan hosting.

Beberapa hal yang mesti anda cermati agar lebih aman belanja Online

  1. Lihat Umur Domain, Cek Tanggal Regitrasi Domain salah satunya bisa pakai http://whois.domaintools.com. Misalkan Registration Date: 10-Dec-2012 berarti domain tersebut baru ada pada 10 Desember 2012.
  2. Web Toko Penipu, biasanya baru dan belum punya Trafik banyak. Maka cara yang umu dilakukan dengan menyebar informasi (broadcast via SMS) dengan Promo Harga yang menggebu-gebu (Barang Murah).
  3. Coba cermati testimoni yang ada di web, tanggal, isi dan nama pemberi. Biasanya webiste palsu memberikan testimoni yang berlebihan dilengkapi dengan Foto “pembeli palsu”.
  4. Banyaknya Jumlah yang me-Like di Facabook belum tentu web tersebut benar. Jika perlu anda lihat isi facebooknya.
  5. Isi web biasanya replikasi dari web lain, bisa juga Copy Paste. Jika anda cermat mungkin akan menemukan Halaman/Foto Produk yang mirip dengan Web tersebut.
  6. Statistik di web belum tentu benar, bisa jadi statistik palsu atau punya orang lain yang dipasangakan.

Beberapa link yang bisa membantu anda lebih berhati-hati sebelum belanja Online, situs berikut dikeloka secara personal atau komunitas. Data yang disajikan belum menjamin 100% benar, nanum cukup untuk jadi bahan referensi anda.

Sangat dimungkinkan orang tertipu dengan website Toko palsu, karena tidak semua website masuk dalam dafatar diatas atau orang yenag tertipu “diam saja”. Apa yang dilakukan jika menemukan website yang Menarik, namun mencurigakan dan tidak masuk dalam daftara penipu. Berikut ini yang bisa anda lakukan :

  1. Cari Referesni (di Google) tentang Nama Toko, No HP, No Rekening dan Nama Pemilik.
  2. Anda bisa kontak pemilik Hosting / Tempat Registrasi domain untuk memvalidasi Website yang mencurigakan tersebut dengan alasan yang bisa anda sebutkan. Anda bsia gunakan http://whois.domaintools.com atau yang lain untuk melakukan eksplorasi.
  3. Minta bantuan pada orang yang lebih paham IT atau Keamanan Transkasi di Internet.

Comments 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *