Gambar 2. Antena WifiAsumsi Tulisan saya ini adalah untuk kasus seperti berikut ini : Anda ingin koneksi dari rumah ke tempat yang ada wifi Hotspotnya dengan jarak beberapa ratus meter atau beberapa kilo meter saja. Anda dapatkan Koneksi dari Point to Multipoint. Namun sebenarnya jarak jauh sangat relative, maka di judul saya gunakan jarak tidak terlalu jauh. Mungkin jaraknya sekitar 2 km saya katakana saja jarak yang belum terlalu jauh. Untuk Jarak lebih jauh akan lebih baik dan mudah menggunakan Koneksi Point to Point.

Ada beberapa pertanyaan senada tentang kasus tersebut seperti beberapa pertanyaan berikut.  “Numpang tanya gan? Ane dah coba berbagai macam cara buat menangkap sinyal wifi, tapi tidak dapat juga padahal jaraknya kurang lebih cuma 2000m (2km) saja, bagaimana caranya ya gan? Tolong ajarin dong? Thanks”. Ada pertanyaan lain : “Jika pemancar berjarak 2 km apa bisa di jangkau dengan wifi , tolong di jawab ya !”

Jarak 2km merupak jarah yang cukup jauh bagi ssebuah wifi, Diperlukan berbagai syarat supaya sinyal wifi bisa diterima dari sekitar jarak tersebut. Ada beberapa hal utama yang perlu diperhatikan jika anda hanya pengguna (bukan pemilik/pengelola) jaringan wifi hotspot tersebut adalah melakukan pengamatan :

1. Apakah Wifi bisa terlihat dimana letaknya?

Jika perangkat wifi ada dalam gedung apalagi dalam ruang yang tertutup, kemungkinan kecil sinyal wifi bisa keluar dari Gedung tersebut. Maksud saya sinyal bisa keluar jauh kelaur gedung.

2. Apakah Antena Wifi cukup tinggi yang memungkinkan terlihat dari kejauhan?

Sebuah wifi bisa indoor atau outdoor, perangkat outdoor bisa dipasang di Tower atau bagian luar gedung. Kenapa dipasang di Tower, umumnya supaya Sinyal wifi bisa menyebar ke sekeliling atau untuk memenuhi syarat LOS. Namun tidak harus pakai Tower, bisa saja pada gdeung tinggi Wifi ada ditaruh di atas Gedung saja (dengan pipa atau yang lain).

Gambar 1

Gambar 1 Antena Wifi Grid, Sectoral, Flat Panel

3. Apakah Wifi menggunakan antenna apa Omni atau Sektoral/Pengarah mengarah ke lokasi kita?

Wifi yang ada di tower saja ternyata belum bisa memastikan sinyal bisa ditangkap dari jarah jauh. Bisa saja antenna tidak mengarak tepat ke lokasi kita, missal membelakangi atau menyambung karena pakai antenna Grid/Solid Dish atau Sectoral. Jika antenna yang dipakai Omni directional, ada kemungkinan bisa. Jenis-jenis antenna wifi outdoor bisa terlihat secara jelas bisa dilihat digambar. Selain itu antenna bisa menggunakan polarisasi vertical/horizontal, client harus menggunakan polarisasi yang sama.

4. Apakah pancaran wifi keluar dari area tidak terhalang?

Ketinggian Tower tidak menjamin wifi bisa menyebar keluar jauh jika disekitar area masih banyak gedung/pepohonan yang lebih tinggi. Sekali lagi syarat LOS adalah wajib. Untuk jarak jauh.

5. Apakah bisa terkonek secara bebas/gratis?

Untuk mencoba Gratis/tidak anda bisa coba konek dengan jarak dekat. Bisa jadi wifi hotspot terproteksi dengan WEP, WPA,WPA2, captive Portal, MAC Filter, dan lain-lain.

Gambar 2. Antena Wifi

Gambar 2. Antena Wifi Omni, Solid Dish, Omni Slotted, Yagi

Jika semua pertanyaan tadi bisa dijawab dengan YA, ada kemungkinan Wifi hotspot bisa ditembak dari jarak yang lumayan. Perangkat apa yang bisa digunakan, yang ideal perangkat yanag bisa menerima/mamacarkan sinyal dengan daya yang kuat. Idealnyaa bisa menggunakan Access Point dan Antena Grid dan terpasang pada Tower/ketinggian yang bisa LOS. Selajutnya anda bisa mencoba Pointing dan terkonek.

Jika memang wifi hotspot tersebut free hotspot, itu merupakan keuntungan bagi anda. Namun jika ternyata tidak anda mungkin perlu modal tambahan, semoga berhasil. Tulisan ini hanya untuk merupakan gambaran umum awal, secara teknis lebih baik di ukur atau ditanyakan kepada pengelola. Penulis juga tidak menjamin bisa terkoneksi karena faktor perangkat, lingkungan dan pemasangan sangat berpengaruh. Anda harus mencoba sendiri untuk memastikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Pencarian terkait Tulisan ini :

cara mencari sinyal wifi jarak jauh, mencari sinyal wifi jarak jauh, cara menangkap sinyal wifi jarak 1 km, jarak wifi hotspot

Kirim Pesan Inbox

Perlu penjelasan secara Pribadi tentang Tulisan diatas, Gunakan Form berikut :

Nama/Email :
Tulis Ulang Email :
Alamat :
Deskripsi :
Hitung : 3+4=? 
Tanggapan akan dikirimkan ke Email, mungkin bisa cek di Spam atau Bulk