Wifi apa yang Bisa ditangkap dari Jarak Jauh?

Gambar 2. Antena WifiAsumsi Tulisan saya ini adalah untuk kasus seperti berikut ini : Anda ingin koneksi dari rumah ke tempat yang ada wifi Hotspotnya dengan jarak beberapa ratus meter atau beberapa kilo meter saja. Anda dapatkan Koneksi dari Point to Multipoint. Namun sebenarnya jarak jauh sangat relative, maka di judul saya gunakan jarak tidak terlalu jauh. Mungkin jaraknya sekitar 2 km saya katakana saja jarak yang belum terlalu jauh. Untuk Jarak lebih jauh akan lebih baik dan mudah menggunakan Koneksi Point to Point.

Ada beberapa pertanyaan senada tentang kasus tersebut seperti beberapa pertanyaan berikut.  “Numpang tanya gan? Ane dah coba berbagai macam cara buat menangkap sinyal wifi, tapi tidak dapat juga padahal jaraknya kurang lebih cuma 2000m (2km) saja, bagaimana caranya ya gan? Tolong ajarin dong? Thanks”. Ada pertanyaan lain : “Jika pemancar berjarak 2 km apa bisa di jangkau dengan wifi , tolong di jawab ya !”

Jarak 2km merupak jarah yang cukup jauh bagi ssebuah wifi, Diperlukan berbagai syarat supaya sinyal wifi bisa diterima dari sekitar jarak tersebut. Ada beberapa hal utama yang perlu diperhatikan jika anda hanya pengguna (bukan pemilik/pengelola) jaringan wifi hotspot tersebut adalah melakukan pengamatan :

1. Apakah Wifi bisa terlihat dimana letaknya?

Jika perangkat wifi ada dalam gedung apalagi dalam ruang yang tertutup, kemungkinan kecil sinyal wifi bisa keluar dari Gedung tersebut. Maksud saya sinyal bisa keluar jauh kelaur gedung.

2. Apakah Antena Wifi cukup tinggi yang memungkinkan terlihat dari kejauhan?

Sebuah wifi bisa indoor atau outdoor, perangkat outdoor bisa dipasang di Tower atau bagian luar gedung. Kenapa dipasang di Tower, umumnya supaya Sinyal wifi bisa menyebar ke sekeliling atau untuk memenuhi syarat LOS. Namun tidak harus pakai Tower, bisa saja pada gdeung tinggi Wifi ada ditaruh di atas Gedung saja (dengan pipa atau yang lain).

Gambar 1

Gambar 1 Antena Wifi Grid, Sectoral, Flat Panel

3. Apakah Wifi menggunakan antenna apa Omni atau Sektoral/Pengarah mengarah ke lokasi kita?

Wifi yang ada di tower saja ternyata belum bisa memastikan sinyal bisa ditangkap dari jarah jauh. Bisa saja antenna tidak mengarak tepat ke lokasi kita, missal membelakangi atau menyambung karena pakai antenna Grid/Solid Dish atau Sectoral. Jika antenna yang dipakai Omni directional, ada kemungkinan bisa. Jenis-jenis antenna wifi outdoor bisa terlihat secara jelas bisa dilihat digambar. Selain itu antenna bisa menggunakan polarisasi vertical/horizontal, client harus menggunakan polarisasi yang sama.

4. Apakah pancaran wifi keluar dari area tidak terhalang?

Ketinggian Tower tidak menjamin wifi bisa menyebar keluar jauh jika disekitar area masih banyak gedung/pepohonan yang lebih tinggi. Sekali lagi syarat LOS adalah wajib. Untuk jarak jauh.

5. Apakah bisa terkonek secara bebas/gratis?

Untuk mencoba Gratis/tidak anda bisa coba konek dengan jarak dekat. Bisa jadi wifi hotspot terproteksi dengan WEP, WPA,WPA2, captive Portal, MAC Filter, dan lain-lain.

Gambar 2. Antena Wifi

Gambar 2. Antena Wifi Omni, Solid Dish, Omni Slotted, Yagi

Jika semua pertanyaan tadi bisa dijawab dengan YA, ada kemungkinan Wifi hotspot bisa ditembak dari jarak yang lumayan. Perangkat apa yang bisa digunakan, yang ideal perangkat yanag bisa menerima/mamacarkan sinyal dengan daya yang kuat. Idealnyaa bisa menggunakan Access Point dan Antena Grid dan terpasang pada Tower/ketinggian yang bisa LOS. Selajutnya anda bisa mencoba Pointing dan terkonek.

Jika memang wifi hotspot tersebut free hotspot, itu merupakan keuntungan bagi anda. Namun jika ternyata tidak anda mungkin perlu modal tambahan, semoga berhasil. Tulisan ini hanya untuk merupakan gambaran umum awal, secara teknis lebih baik di ukur atau ditanyakan kepada pengelola. Penulis juga tidak menjamin bisa terkoneksi karena faktor perangkat, lingkungan dan pemasangan sangat berpengaruh. Anda harus mencoba sendiri untuk memastikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Pencarian terkait Tulisan ini :

cara mencari sinyal wifi jarak jauh, mencari sinyal wifi jarak jauh, cara menangkap sinyal wifi jarak 1 km, jarak wifi hotspot

11 thoughts on “Wifi apa yang Bisa ditangkap dari Jarak Jauh?

  1. qomarues

    info menarik…. sekalian mo nanya gan,sekitar -1km dr rumah ada hotspot yg g di proteksi tapi wifi menggunakan antena grid ditaruh di dalam gedung kalo pake smartphone wifi terdeteksi TP-link…. jarak jangkauan -+10m,bisa gak sinyal tersebut ditangkap dr rumah saya terus Alat dan antena apa yg bisa digunakan menangkap sinyal tersebut, maaf kalo pertanyaannya ribet maklum saya baru mau mengenal Internet nirkabel,,, mohon pencerahannya gan,trimakasih….

     
  2. wawan

    Mhn sarannya. (kasusnya sama dengan diatas). Di kantor, sy pake hotspot dgn modem wifi TP Link TD-W8151N. (hanya menjangkau dalam ktr saja). Dengan Speedy. Rumah saya berjarak sekitar 4km. Sya ingin sinyal wifi trsbut dpt sy terima di rmh. Bagaimana caranya & alat apa saja yg harus dipasang? Terima kasih

     
  3. LM Jajang Supriadi

    dengan hormat,

    membaca tulisan anda, saya juga ingin spt pertanyaan no 3 wawan, hanya bedanya saya disekolah pakai hotspot, jarak dari rumah kira2 4km. saya ingin sinyal wifi tsb dapat saya terima dirumah. bagaimana caranya & alat apa saja yang harus dipasang pada komputer ? (bila dikantor saya bagian perpustakaan pakai TP LINK TL-WA5110G 54M Wireless Point bagus sekali diterima, nah jika dirumah saya yang jaraknya jauh mesti pakai apa). atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

     
  4. dismanto

    bagus sekali infonya bos. Mau tanya nih, rumah tetangga saya tidak lebih 15 meter pasang wifi hotspot untuk di share free ke tatangga kanan-kiri. Sayangnya rumah saya terhalang rumah tingkat. Gimana nih? Thanks sebelumnya.

     
  5. edi

    jiah asminnya ga bisa jawab.. xxiix.. copas kali ,,…menurut qu qlo jarak 4km itu ajib dengan ptp (point to point) supaya hasil maksimal

     
  6. rahmat susilo

    5af gan sedikit pencerahan ini cuma jarah
    Cara Buat Antena Untuk menangkap Signal Hostpot
    Picture
    Home » Teknologi » Cara Membuat Antena untuk Menangkap Signal Hotspot Cara Membuat Antena untuk Menangkap Signal Hotspot Cara Membuat Antena untuk Menangkap Signal Hotspot – Berbagai cara dilakukan oleh para penggila wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan gain sinyal perangkat wifi mereka untuk menambah tangk`pan sinyal dari akses point ataupun hotspot. Hal ini dilakukan pada umumnya untuk dapat terus menggunakan akses internet maupun sumber daya jaringan lain yang terhubung dengan akses point atau hotspot tersebut.

    Kualitas tangkapan sinyal dari sebuah perangkat wifi pada arsitektur 802.11 a/b/g atau n dalam menangkap sinyal wifi dari pancaran sebuah akses point atau hotspot pada umumnya dibatasi oleh beberapa hal. Faktor jarak yang relatif jauh dan juga factor hambatan lain seperti pemasangan sebuah hotspot yang tidak*benar pada ruangan gedung yang tidak terjangkau juga menjadi salah satu sebab berkurangnya kualitas tangkapan sinyal pada perangkat wifi di komputer anda.
    Beberapa alat tambahan dibuat dan dijual secara komersil oleh produsen perangkat wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan sinyal perangkat wifi standar. Namun karena beberapa faktor seperti harganya yang cukup mahal membuat perangkat tersebut kurang begitu diminati oleh para konsumennya. Salah satu alat yang biasa digunakan untuk meningkatkan kualitas sebuah perangkat wifi adalah antenna wifi eksternal yang dapat anda jumpai pada toko-toko komputer di kota anda.Namun bagi anda yang terlanjur membeli sebuah wifi USB adapter standard dan merasa tidak puas dengan hasil tangkapan sinyal wifi anda tersebut, maka anda dapat mengubah wifi USB adaptor anda tersebut menjadi sebuah antenna wifi USB eksternal dengan sedikit kreatifitas.Antena Wifi USB atau biasa disebut dengan Uni-Directional Wifi Range Extender adalah sebuah perangkat tambahan pada sebuah komputer yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tangkapan sinyal wireless standar dari jarak yang cukup jauh dengan menggunakan adapter USB Wifi standar.Dalam pembuatan antenna Wifi USB ini kita tidak memerlukan modifikasi apapun pada adapter USB wifi standar kita ataupun mengubah bentuk fisik komputer (PC) anda. Hanya sebuah jalan pintas yang mudah untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan jarak dari adaptor USB Wifi anda. Dan cara ini bekerja juga untuk seluruh jenis adaptor USB wifi standar yang biasa anda pakai.Alat dan BahanDalam proses pembuatannya, yang anda perlukan untuk membuat antenna Wifi USB ini adalah beberapa peralatan yang relatif murah, sederhana, dan mudah anda dapatkan di dalam rumah anda. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan tersebut adalah :

    Tutup Panci/wajan penggorengan (bahan dari metal)
    Tang (untuk melubangi tutup panci)
    Lem Alteco (perekat)
    Permen Karet
    USB Wifi Adapter
    USB Extension Cable

    Picture
    Langkah Pertama – Membuka tutup panciKetika anda membeli sebuah tutup panci, pada umumnya tutup panci tersebut memiliki pegangan yang dapat dilepas dengan cara memutarnya. Bukalah pegangan tutup panci tersebut dengan cara memutar pegangan panci tersebut sehingga lubang pegangan tutup panci tersebut terbuka.
    Picture
    Langkah Kedua – Melubangi Tutup PanciTutup panci harus anda coak terlebih dahulu agar lubang yang tersedia cukup besar, dimana lubang tersebut nantinya berguna untuk menempatkan extension cable yang telah disiapkan. Gunakan tang untuk melubangi tutup panci tersebut. Lubangi bagian tengah tutup panci anda dengan cara di coak menggunakan tang yang telah disiapkan. Yang perlu di ingat adalah lubang yang dibuat harus pas untuk extension cable yang nanti akan ditancapkan pada tutup panci tersebut.
    Picture
    Langkah ketiga – Memasukkan USB extension cableMasukkan bagian Female end dari USB extention cable anda (bagian kabel yang tidak konek ke komputer atau yang akan masuk ke dalam slot USB wifi adapter) kedalam lubang yang baru saja dilubangi. Jika belum pas, maka lubangi kembali tutup panci hingga sesuai dengan bagian tersebut.
    Picture
    Langkah Keempat – Memperkuat USB Extension CableSetelah USB extension cable telah terpasang pada tutup panci, kemudian rekatkan permen karet yang telah disiapkan (kunyah dulu sebelum direkatkan hingga permen karet lembek). Kemudian lem bagian tersebut hingga mengeras atau kuat dengan menggunakan lem alteco. Tujuan utama langkah ini adalah agar antara USB extension cable dan bagian metal tutup panci tersebut tidak bergoyang. Pastikan lem tersebut benar-benar kuat dengan cara mengelem pada kedua sisi konektor tersebut.
    Picture
    Langkah Kelima – Memasang USB wifi AdapterSetelah lem merekat kuat pada bagian yang diinginkan, maka antenna wifi USB anda telah siap digunakan. Langkah*terakhir adalah menempatkan USB wifi adapter anda kedalam port yang tersedia pada antenna wifi anda.
    Picture
    Langkah Terakhir – Memasang AntenaLangkah terakhir adalah menghubungkan male end USB antenna wifi anda tersebut (dari extension cable) ke dalam port USB di komputer anda. Ada baiknya jika anda menggunakan alat penyangga untuk menahan perangkat ini agar mudah digunakan dan diarahkan. Anda dapat menggunakan tripod handycam atau menempelkannya langsung pada jendela kamar anda.Kini anda dapat menikmati kekuatan sinyal wifi yang kuat dari jarak yang relatif jauh. Nyalakan aplikasi Netstumber atau Kismet untuk melihat kekuatan gain sinyal wifi yang bisa anda dapatkan. Dan alat ini telah siap untuk ber-war driving sinyal wifi hotspot tetangga anda Namun perlu diingat bahwa alat ini digunakan untuk memfokuskan penangkapan sinyal pada target pemancar sinyal, sehingga pada penggunaannya, arahkanlah alat ini pada sebuah pemancar sinyal atau hotspot agar penggunaannya lebih maksimal.

     
  7. yayat s

    gan saya mau tanya mohon infonya. saya lagi bingung. saya mau pasang speedy d kampung orng yang jaraknya 3 km.dikarnakan ditempat saya tida ada jaringan Telkom. nah klo saya pasang speedy trus supaya bisa d tembakin ketempat saya gimana.pakenya antena apa dan berapa biji antena . apa lagi yang harus di siapin. buat speedy yang saya telah pasang d kampung orang bisa saya nikmatin.. mohon bantuannya temakasih..

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *