Jumlah Domain .ID 2012 mencapai 100ribu Domain

Selama 2012 terjadi lonjakan pengguna domain .id sebesar 62,5 %. Menurut data Pandi, saat ini domain .id berjumlah 103.882 dengan dominasi pengguna co.id dan web.id dengan jumlah hampir 80 ribu Domain.  Pertumbuhan internet yang pesat di Indonesia juga berdampak pada pertumbuhan nama domain Indonesia, .id. Menurut catatan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), hingga 19 Desember 2012 terdaftar 103.882 nama domain .ID. Jumlah ini melonjak 62,5 % dari jumlah domain .id akhir tahun 2011 sebesar 63.930 domain.Ketua Umum PANDI, Andi Budimansyah, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat, 21 Desember 2012 mengungkapkan, kenaikan nama domain tahun ini tertinggi  sepanjang sejarah domain .id. “Kami berharap dalam satu tahun ke depan domain .id dapat melewati jumlah domain negara-negara lain di Asia Tenggara,” ujar Andi.

imm.web.id-pandi-sebaran-domain-id
Jumlah domain .id 2012 data PANDI

PANDI memproyeksikan domain .id akan kembali mengalami pelonjakan pengguna di 2013. “Kami perkirakan akan terjadi lonjakan sebesar 170 persen sehingga di akhir 2013 akan terdaftar sekitar 300 ribu nama domain,” kata Andi.

Andi merasa optimis dengan target tersebut karena proses perubahan sistem pendaftaran domain .id telah selesai dilaksanakan. “Sekarang pendaftaran nama domain .id sudah menjadi jauh lebih mudah,” kata Andi. “Selain itu, masyarakat sudah mulai paham kalau menggunakan domain .id lebih aman ketimbang menggunakan domain internasional, “ lanjut Andi lagi.

Dalam kesempatan ini, Andi juga menyampaikan, perpindahan sistem registry dari Single Point Registry System (SPRS) menjadi Shared Registry System (SRS) akan selesai sepenuhnya pada 31 Desember 2012. SPRS adalah sistem yang menggabungkan fungsi registri dengan fungsi registrar. Dengan perubahan ke sistem SRS, PANDI tidak lagi melakukan fungsi registrar menjual domain.

“Pendaftaran nama domain saat ini dilakukan oleh 12 mitra PANDI. Sejak 19 Oktober 2012, PANDI tidak lagi menerima pendaftaran nama domain selain untuk go.id, mil.id, dan net.id,” ungkap Andi. Selanjutnya, mulai 1 Januari 2013, PANDI juga tidak lagi menerima perpanjangan nama domain yang habis masa berlakunya. “Domain yang habis masa berlakunya harus ditransfer dulu ke salah satu registrar sebelum bisa diperpanjang,” jelas Andi lagi.

Perbandingan pertumbuhan domain.id -.sg dan .my
Perbandingan pertumbuhan domain.id -.sg dan .my

Dilihat dari jumlah domain ccTLD dengan negara tetangga, Jumlah Pengguna .id masih lebih sedikit dibawah negara singapura (.sg) dan malaysia .my. Di penghujung 2012, PANDI juga merilis dua Second Level Domain (SLD) baru: biz.id, dan my.id. Domain biz.id ditujukan untuk kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sedangkan my.id ditujukan untuk pengguna personal. Satu bulan sejak dirilis, tercatat pendaftaran 216 domain biz.id dan 586 domain my.id.

Sesuai dengan Siaran pers Pandi : pandi.or.id

Comments 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *