Cara Membuat Link Wifi untuk Jarak jauh (Bagian 2)

Berikut ini merupakan bagian 2 dari Tulisan saya tentang Cara Membuat Link Wifi untuk Jarak jauh. Tulisan yang saya buat Februari 2010 tersebut sepertinya masuk cukup mendapat respon hingga saat ini. Semoga tulisan saya meamng bisa membantu rekan-rekan. Saya coba buat Tulisan ini sebagai Tulisan Pelengkap tentang Link Wifi jarak jauh. Materi tulisan berikut saya ini juga rangkum dan berbagai pertanyaan dan jawaban dari komentar di tulisan saya sebelumnya.

Pada kasus yang sebenarnya pada pembuatan link wifi jarak jauh seharusnya kita sudah mengetahui posisi titik titik (lokasi) yang akan dihubungkan. Dalam kasus ini Link diasumsikan hanya terpdata 2 titik saja, jika lebih anda bisa mengembangkan sendiri.

  1. Survey Lokasi.
  2. Menghitung dan merencanakan kebutuhan Radio dan Antena Wifi.
  3. Mengadakan (membeli) Perangkat Radio dan Antena
  4. Merencanakan kebutuhan Tower
  5. Kebutuhan Pendukung
  6. Melakukan Pemasangan dan Koneksi Radio Wifi.
  7. Menguji dan memanfaatkan Link WiFi

Point point diatas akan saya coba jabarkan satu persatu dibawah ini :

1. Survey Lokasi

Survey awal Lokasi digunakan utamanya untuk menentukan apakah mungkin dibuat Link wifi antar 2 lokasi tersebut. Anda bisa menggunakan berbagai metode untuk survey misalnya menggunakan software, datang langsung atau jika anda memang menguasi wilayah tersebut mungkin anda sudah bisa mengetahui jawabannya, mungkin atau tidak untuk dibuat Link wifi. Tulisan saya mengenai Survey Wifi bisa dibaca di sini Estimasi Link wifi dengan Alphimax

Dari Survey ini diharapkan kedua lokasi bisa LoS (Line of Sight) dan jika kita pasang antena pada ketinggian tertentu akan bisa melewati Fresnel zone (Pengertian dalam Wiki bahasa Inggis atau Memahami_Fresnel_zone). Jika semakin LoS akan mempermudah koneski dan kualitas link nantinya akan semakin bagus.

Gambaran link Wireless (Wikipedia)

2. Menghitung dan merencanakan kebutuhan Radio dan Antena Wifi

Pada tahap 2 adalah melakukan Pekerjaan “wifi link budget calculation” Tujuannya adalah untuk mengetahui perangkat dengan daya berapa dan Gain antena berapa yang bisa digunakan untuk memenuhi link yang akan kita buat. Dengan asumsi Link yang kita buat sudah bisa diapstika LoS. Saya tidak menjelaskan rimusnya, namun ada bisa menghitung secara Online menggunakan berbagai tool yang ada. Salah satu Tool yang bisa digunakan adalaha  menggunakan http://www.mikrotik.com/test_link.php.

Perhitungan ini memang tidak wajib, banyak yang sengaja tidak melakukan karena faktor kebiasaaan sehingga sudah bisa memperkiraan kebutuhan karena berdasar pengalaman sebelumnya. bagia anda yang baru, sebaiknya mecoba supaya tahu ketutuhan dasar dalam membuat link Wifi.

Dalam kalkulator ini ada diminta untuk mengisikan beberapa paramter antara lain :

  • Daya Perangkat di masing-masing dalam miliWatt atau dB
  • Penguatan Antena dalam dBi
  • Panjang kabel Pigtail (m) atau Loss pada Kabel
  • Sensitifitas Radio, kepekaan Radio biasanya antara -80an hingga -90an dalam dBm
  • Panjang Link (ditarik garis lurus) untuk menghitung Free Space Loss (FSL)

Berikut ini sebagai gambarn, jika kita punya Wifi si SITE A dengan daya x1 dB, penguatan antenna sebesar x2 dBi, dan Loss kabel x3 dB maka Wifi tersebut akan meradiasikan sinyal sebesar X = x1 + x2 – x3. Pada titik yang berjarak tertentu misal di SITE B sinyal X akan berkurang karena faktor Free Space Loss (FSL), semakin jauh jarak pengurangan sinyal semakin tinggi. Hingga pada sisi site B yang lain jika sinyal X misal menjadi X’ akan dikuatkan oleh (gain) antena di SITE B misal dengan penguatan x3 dB.

Pada proses terakhir sinyal X’ + x3 dB akan di terima olahe radio, jika sinyal ini lebih besar dari nilai sensititas radio umunya wifi bisa terhubung. Jika sinyak kurang dari nilai sensitifitas radio radio belum bisa terhubung.

Perlu diingiat bahwa perhitungan ini adalah secara teori dalam prakteknya anda sebaiknya menggunakan nilai yang lebih tinggi dari nilai perhitungan. Misal sudah ditemukan dengan antena 20 dB saja sudah cukup sebaiknya menggunakan nilai lebih misal 24 dB. Hal ini untuk mengatisipasi beberapa hal antara lain :

  • Antena/Radio bisa jadi tidak memiliki gain/ daya sespau spesifikasi yang tertulis
  • Pada proses Pengarahan antena (pointing) mungkin kita tidak bisa mene

Sekian dahulu cerita saya, tahap selajutnya Insyallah bersambung ke Bagian 3 karena sepertinya terlalu banyak untuk sebuah tulsian di Blog :).

Pencarian terkait Tulisan ini :

cara menangkap sinyal wifi jarak 10 km, alat untuk menangkap sinyal wifi jarak jauh, alat penangkap wifi jarak jauh, cara tp link 5 km

51 thoughts on “Cara Membuat Link Wifi untuk Jarak jauh (Bagian 2)

  1. hadi

    assalmu’alaikum… mas mo tanya nih, semua perlengkapan insaallah udah siap tinggal pasang, cuma masih bingung cara setingnya mohon penjelasannya maklum masih pemula.
    mohon di email ya mas maturkesuwun .

     
  2. Denny

    Kantor sudah ada wifi utk 20 km. Sudah 2 tahun berjalan, lancar2 aja. Karena kebutuhan data meningkat bandwidth wifi terasa kurang. Yang saya tanyakan mas, Bisa gak kita menambah koneksi atau jelasnya menambah radio link baru ditower yg sama untuk memperbesar bandwidth?

     
  3. dodi

    harga alat untuk menangkap wifi dari jarak 20km berapa gan?
    jawabnya ke email aja gan

     
  4. dodi

    harga alat untuk menangkap wifi dari jarak 20km berapa gan?
    jawabnya ke email aja gan

     
  5. Ekie

    saya konsultan Sistem informasi di pemerintahan(aplikasi web) perlu referensi Pembiayaan jaringan aplikasi yg saya buat.

     
  6. Arif

    Assalamualaikum, Mas Imam saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km. Apa saja alat-alat yg diperlukan & berapa total biayanya?? Tolong mas jawabannya dikirim Email sy :
    Saat ini sy ada alat Wireless Outdoor TP-LINK TL-WA7510N 5GHz 150Mbps & Parabola (tp parabolanya masih dipakai nangkep siaran TV)..Mas bisa gak kedua alat tsb dipake untuk membuat Link WiFi 20Km??? Mohon jawabannya dkirim di Email sy…Trims Sebelumnya mas

     
  7. ismael

    mas imam, kirim juga saya rincian dan total biaya nya Wifi 20Km ke Email saya

    terima kasih juga sebelum nya mas imam

     
  8. U'onk

    mas imam yg baik hati, sy pngen bgt bs nangkep wifi dr jarak 10KM, cm bs g alatnya kita rakit sndri, pake alat2 yg murah & bs kita dpetin dg mudah.
    tlong y mas krm ke email sy.
    hardware,software, and tutorialnya.
    Thnks Bgt

     
  9. budiman

    Kepada mas imam, sy tolng diberikan informasi dimana bisa mendapatkan antena penangkap wireless yg bisa menangkap sinyal wifi 20km dan harganya berapa. Trmksh

     
  10. newsbreaker

    ilmu yg bermanfaat pak imam, kalau saya ingin membuat jaringan satu kota pak yg jaraknya <5 km apakah memngkinkan, kalau berkenan saya mnta tutorialnya pak ke email saya.

     
  11. Ghema

    selamat malam saya ingin menanyakan saya punya NS2 disekolah dan rencana untuk dijadikan repeater, AP utama Belkin N 2.4GHz, kemudian mau dilanjutkan untuk reapeter pake NS2,, Nah cara na gmn y? apakah diperlukan lagi Switch/hub pas di beda gedung itu? masih Newbie…
    Max. terdeteksina berapa jauh y NS 2 jika di tarh pd ketinggian 10M.
    Topologi :
    Ruang TIK : Modem + Switch Hub -> ke Wifi Belkin N
    Wifi Belkin N -> ada di ruang Guru (antena 1 ke ruang guru, 1 lg ke arah lapangan) Max 150m keluar
    NS 2 rencana di gedung depannya
    jarak 150m
    Mohon pencerahannya,, kemudian cara setting NS2 na gmn?
    Trims

     
  12. ara

    saya sangat tertarik dengan penjelasan bapak,,,problem saya adalah ingin membangun warnet di daerah terpencil,,,tapi udah dijangkau dengan BTS dari telkom””l walaupun masih 2g..dengan signal yg sampai ke rmh agak hilang2…klo pake antena..settingannyya gmn???n klo ngambil jaringan dari telkom””l
    ,apakah pakai kartu sim n penempatannya dmn???mohon pencerahannya…kirim ke email saya ya pak…thanks b4.

     
  13. Ld vancko

    salam kenal mass
    kemaren ane bikin antena tambahan wifi bekas parabola tv indovis**n, sinyal target sudah tertangkap, cuman pas mau konek terjadi tulisan “windows unable to connect” itu kenapa yah mass??? mohohn pencerahan’y dong, ane pk win 7 + USB Wi-Fi Adapter TP-Link TL-WN422G.
    mohon bantuan’y di :

     
  14. Ld vancko

    slamat pagi mas imam, saya mohon pencerahan dong,
    sy punya ap WA5210g, tp saya belum faham dengan setting untuk
    nembak wifi target, pass word sy telh hafal, tp sy tidak tau
    mesti ngisi dimana tuh pass’y mon pencerahan’y dong, sy hampir putus asa nih
    trimakasih

     
  15. ali syifa'

    assalamualaikum mas imam dan komentator lainnya, sy di Kr.Mojo, GK. mohon bantuan.. mau koneksi internet dengan hotspot warnet adik sy jarak 1km, sebaiknya pake apa ya?.. mohon list lengkap untuk belanjanya..

     
  16. yanto abason

    Saya ingin me”mancarkan” sinyal wifi sejauh 10km,berapa total biayanya,tolong di email aja,sy sangat serius nih pak,sekalian dgn no hp bpk

     
  17. yanto abason

    Saya ingin me”mancarkan” sinyal wifi sejauh 10km,alat apa aja yg harus disiapkan dan
    berapa total biayanya,tolong di email aja,sy sangat serius nih pak,sekalian dgn no hp bpk

     
  18. lucky mamahit

    saya ingin sekali membuat warnet, tapi jarak kampung saya dengan jalur telkom sekitar 5 KM,…
    saya sangat butuh informasi tentang teknis, bahan, alat serta semua kebutuhan serta biaya yang dibutuhkan.
    mohon dikirim ke e-mail saya yah….
    jangan lupa nomor telponya yah…

     
  19. Abduh

    Mas Mohon Segera Kirim kan daftar bahan (alat) yang di butuhkan berikut juga harganya.. Jika ada pun tutor nya juga.. DITUNGGU

     
  20. Noegroho Prabowo

    Assalammuallaikum, Selamat malam mas. Mohon bantuan, saya mempergunakan internet dengan jaringan wifi yg tidak saya kenal dgn keamanan open. Didaerah saya banyak signal open, tp sayangnya signal tsb tertangkap hanya diaerah pojok rumah (ruang tamu). Bagaimana mas caranya (seting)agar laptop sbagai penerima wifi dan bisa dishare keseluruh rumah dgn router tplink MR 3420. Kalau tidak bisa, sebaiknya sy menggunakan komposisi perangkat apa, tentunya dgn biaya yg hemat. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih. Wassalamuallaikum

     
  21. seno bimo

    TRIMAKASIH PAK INFONYA,SANGAT MEMBANTU SEKALI BAGI ORANG AWAM SEPERTI SAYA,SAYA JUGA MAU BERTANYA,ALAT APA YG SAYA HARUS GUNAKAN UTK MENANGKAP JARINGAN HOTSPOT DARI JARAK 20KM,MKASIH

     
  22. Mahmuddin IG

    Terima kasih atas informasinya,Mas tolong kirim ke email saya ini, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk Wifi jarak 20 km.

     
  23. Deddy

    Salam sjahtra.
    Pa saya mau bertanya berapa dana yg d bthkan unuk jarak 5km jaringan internet. Trimakasih.

     
  24. Amie

    kang ane pengen pengembangan internet untuk pedalaman yang yang belom tau mengenal Teknologi sekarang ini, kurang lebih jaraknya sekitar 40 KM dari kota. kira-kira berapa z biayanya????

     
  25. Erwin

    Assalamu’alaikum Mas imam..Saya mau tanya ne soal Link Widfi. Langsung saja mas, Saya sudah buat Link wifi Sendiri (AP pribadi) dengan perangkat Prolink PWH2004 dimana perangkat tersebut sudah terdeteksi di Laptop (Connected). Hanya saja, Sudah Connect tapi kog “No internet Access” apa mungkin ada perlu settingan selanjutnya mas ?
    Tolong pencerahannya soalnya saya butuh koneksi internet utk kerja saya yg dilakukan diRumah (Home Pribadi).
    Saya tunggu Jawabannya Mas.
    Wassalammu’alaikum WrWb

     
  26. heruo

    sy punya ap WA5210g, tp saya belum faham dengan setting untuk
    nembak wifi target, pass word sy telh hafal, tp sy tidak tau
    mesti ngisi dimana tuh pass’y mon pencerahan’y dong, sy hampir putus asa nih rencananya sya mau ambil wifi d kantor sya yg jaraknya kuranglebih 3 km gmn caranya ya mas bos ….. tlg jawabanya kirim ke email saya

    trimakasih

     
  27. ari

    saya link dengan mnggunakan radio ubiquity BULLET M5 ,.
    jarak skitar 7.5 km , tepatnya di jakpus ke arah cmpaka mas jakut
    tapi conecsi sering ter putus setiap seminggu sekali .,
    dan saya coba ganti chanel,frequensi sdah bisa
    tapi bberapa hari kmudia conecsi terputus lagi ,.
    kejadian ii terjadi berkali – kali., bagaimana cara mengatasinya
    dan tutorial pointing Link saya ini mohon bantuanya.,. Boss

     
  28. tama

    Mas, saya ingin memasang antena untuk menangkap sinyal wifi dari kantor saya di rumah. Jarak rumah kkantor kurang lebih 5 km dan terhalang Bangunan Besar & Pohon2.
    Dikantor saya terpasang Wifi dari telkom dan terletak didalm ruangan. Ini alat Yang di pasang dkantor saya TP-LINK TD-W8101G 54Mbps Wireless ADSL2 + Modem Router.
    Mohon Bantuanya mas, terima kasih.

     
  29. anang

    menarik sekali pak ada antena penangkap wifi sejauh 20km….mo mnta pencerahan jg pak…mohon dikirim ke email sy tentang perangkat apa aj yg diperlukan…terima kasih sebelumnya…

     
  30. wa-kandar

    Artikelnya menari sekali mas & sesuai nihhh dengan kebutuhan saya saat ini :D.
    Cuman ada yang ingin saya konsultasiin nih mas & mudah-mudahan mas imam bisa membantu saya.

    Kebetulan saat ini saya ada kebutuhan untuk setting free hotspot di lokasi kandang kambing & sapi dengan luas kurang lebih 500 meter persegi dengan kontur kondisi lahan yang turun naek serta belok-belok.
    Adapun hotspot itu nantinya akan digunakan sebagai media akses dari Barcode Scanner-Portable Data Terminal untuk melakukan scan terhadap hewan (live stock) yang terhubungn secara wireless ke server lokal yang berada di lokasi kantor (yang berada di lokasi paling depan, agak jauh ke lokasi kandang-kandangnya).
    Nah kalo dengan gambaran seperti itu, kira-kira bagusnya :
    1. instalasi hotspot seperti gimana mas?? perangkatnya mending pake apa & gimana yaaa??? soalnya saya masih bingung dalam penentuan perangkat, apakah pake akses point indoor + tambahan antena omni, atau bisa lsg pake akses point outdoor ajah (seperti ubiquity ns, dan lainnya). kemaren sy coba survey pake ubiquity unifi LR dengan posisi dipasang di luar deket kantornya, ehhh baru nyampe jarak kurang lebih 50m dengan posisi lurus (agak turun juga sih konturnya), sinyalnya udah tinggal 1 baris dan suka ilang-ilang gitu…:(
    2. begitu juga untuk posisi penempatan akses point / antenanya dimana ya mas??

    Segitu ajah kali yaa mas (ini juga udah kepanjangan yaa, hehe)…mohon pencerahannya ya mas, boleh dikirim via email ajah lsg ke saya ya mas…;)
    Terima kasih banyak yaaa mas…

     
  31. kms

    Assalamualaikum, Mas Imam saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km. Apa saja alat-alat yg diperlukan & berapa total biayanya?? Tolong mas jawabannya dikirim Email sy :
    Saat ini sy ada alat Wireless Outdoor TP-LINK TL-WA7510N 5GHz 150Mbps & Parabola .Mas bisa gak kedua alat tsb dipake untuk membuat Link WiFi 20Km??? Mohon jawabannya dkirim di Email sy…Trims Sebelumnya mas

     
  32. imam

    @kms : Secara umum untuk LINK saja perlu : Tower, Wifi Outdoor+Antena Grid/Solid dish. Biaya trgatung alat, mulai 7juta-an.

     
  33. novi budiarto

    wifi sy pake omni 2,4 GHz 15 dBi, AP 2,4 GHz Tp Link TL-WA 5210 G,dng ketinggian pipa tiang 17 meter yang saya tanyakan bagaimana unt memaksimalkan daya pancarnya ke klien dan dengan perangkat diatas bisa terbaca dalam radius berapa mas terimakasih.

     
  34. supriyono

    Bos imam yg baik , di tempat aku ada wifi dengan jarak 10km,ada ga alat buat nangkep wifi jarak 10KM-20km.
    trus apa saja alat yang harus saya beli.dan mohon pencerahanya.
    trus bagaimana cara settingnya.terima kasih

     
  35. Aci

    Bos imam yg baik , di tempat aku ada wifi cuman aga jau dari tempat saya.jaraknya sekitar kurang lebih 20 km
    trus apa saja alat yang harus saya beli.dan mohon pencerahanya.
    trus bagaimana cara settingnya.saya mohon bantuanya…teri kasih

     
  36. MARWAN

    Gan, saya mamu membangun KONEKSI 3 titik, namun tak satupun daerahnya yang punya koneksi INTERNET,
    a. pusat titik ke 1
    b. titik ke 2 jarak 10KM dari A
    c. titik ke 3 berjarak 10 km dari B,

    koneksi ini hanya utk CCTV dan Program TOKO

    Apa saja yang saya perlukan gan ??
    Berapa kira2 biayanya

    TQ

     
  37. M.SYAHRIAL

    kalau buka warnet di kampung” gan….bisa
    jarak telkom 20 kilometer,tapi ada bukit” dan pohon karet…..apa bisa gan
    krim ke email aja ya

     
  38. johan

    kalau buka cabang warnet di kampung” gan….bisa ga
    jarak warnet 10 kilometer,dari warnet didaerah q yg udh ada jaringan speedy, kira2 butuh biaya brp>>
    tolong krim ke email ya makasih

     
  39. Dedi

    Misi mas mau tnya saya punya 2 titik,titik pertama dgn jarak 53 km tembak udara k arah telkom,titik kedua dgn jarak 5 km.rencana saya mau buka warnet d kampung saya radio & antena apa yg perlu saya persiapkan mohon penjelasan nya kirim k email saya

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *