Saya seringkali mendapat pertanyaan terkait Wifi, berawald ari ulisan saya tentang Link wifi jarak jauh. Pertanyaan pada kolom Komentar, Submit Tulisan atau Kolom konsultasil. Beberapa pertanyaan tersebut antara lain :

  1. Mas jarak rumah saya dengan wifi sekitar 2 Km, kalo buat Wifi USB apa bisa sampai, lalu kira-kira ketinggian antena berapa meter?
  2. Saya sudah membaca semua komentar di atas, jadi maksudnya 20 Km itu jarak. Yang jadi pertanyaan saya kalau 20 Km itu cover area bagaimana caranya? Karena saya mau bikin hostpot yang bisa mengcover wilayah sebesar 20 Km persegi mohon di bantu mulai dari tinggi antena, antena apa yang di gunakan, akses point yang 1000 megawat apa mereknya. Mikrotik apa yang harus saya gunakan untuk masalah bendwith merek dan tipe, mohon semua lengkap.

Sebenarnya semua pertanyaan ditas bisa terjawab kita kita mengetahui bagaimana wifi bisa bekerja dan juga konsep perambatan gelombang radio (Gelombang Mikro). Namun dalam tulisan ini saya mencoba menjawab secara praktis teoritis mungkin kalau jawab secara teoritis di Kuliah saja hehe..

Konsep dasar Komuniaksi dalam Wifi adalah 2 arah memancar dan menerima secara simultan. Wifi tidak benar-benar Full Duplex, Wifi menggunakan kanal yang sama untuk mengirim dan menerima secara bergantian (Simultan). Namun kita merasa komunikasinya seperti sempurna 2 arah (Full Duplex). Setiap perangkat wifi mempunyai bagian penerima (RX) dan bagian pemancar (TX). Bagian penerima memiliki Sensitivitas dan Bagian pemancar memiliki Daya yang bisa dikatahui dari spesifiaksi (atau diukur).

Dalam arti yang lain kita menggunakan Wifi di laptop, Wifi yang terpasang di latop akan melakukan hal yang sama. Menerima sinyal Wifi dari Access Point dan juga Wifi Laptop akan memancarkan daya ke Acsess Point. Sementara kemampuan terima dan Pencar laptop umumnya juga terbatas, umunya daya laptop hanya berkisar pada ratusan milli watt tergantung dari spesifikasi masing-masing Wifi.

Hal yang lain Antena Wifi di laptop umunya juga terbatas (gain/ penguatannya) umunya antena Omni kecil yang terpasang di sekitar Layar LCD. Berdasarkan pengetahuan dan penggunaan yang pernah saya alami, Laptop hanya bekerja baik pada sekitar jarak kurangd ari 100meter. Beberapa kasus bsia jauh namun performanya bisanya tidak stabil. perah saya bsia menggunakan Laptop pada jarak hingga 1,2 km dari titik Wifi. Namun kondisi Antena Wifi Access point (pemacar Wifi) bsia terlihat karena berada di atas tower dan posisi tidak terhalang karena di persawahan.

Salah satu kelemahan wifi adalah menembus benda pdata yang memiliki kerapatan tinggi, misalkan tembok yang tebal, Pegunungan/bukit, pepohonan yang sangat lebat, dan sejenisnya. Semua itu bisa mengurangi kekuatan sinyal wifi yang kita pancarkan. secara pasti anda bisa mencobanya mengukur sendir minsal dengan software-software gartis pengukur kekuaran sainyal seperti Net stumbler, dll. Sekian dulu nanti kita coba sambung lain :)

Pencarian terkait Tulisan ini :

jangkauan sinyal wifi, jarak jangkauan sinyal wifi, jarak jangkau wifi, jangkauan usb wifi

Kirim Pesan Inbox

Perlu penjelasan secara Pribadi tentang Tulisan diatas, Gunakan Form berikut :

Nama/Email :
Tulis Ulang Email :
Alamat :
Deskripsi :
Hitung : 5-5=? 
Tanggapan akan dikirimkan ke Email, mungkin bisa cek di Spam atau Bulk