Menghapus atau Memindah File-file Lama lewat Konsol di Linux

Anda pengguna Linux yang membutuhkan untuk menghapus atau memindah file-file lama secara cepat? Sebelumnya cara apa yang anda lalukan, apakah memilih satu persatu, menggunakan FTP atau sejenisnya. Barangkali cara yang digunakan terkesan lama dan kurang efektif. Apalagi jika file yang yang akan dieksekuis jumlahnya ada ratusan atau bahkan ribuan.  Sebagai alternatif mungkin anda bisa gunakan script sederhana berikut ini.

Berikut ini adalah contoh penggunaan script yang bisa langsung dijalankan dari mode console baik langsung akses di PC atau melalui remote Login seperti Putty.

[imam@server /] find /tmp -mtime +100

Penjelasan : melihat dan menampilkan file dalam direktory : /tmp yang telah berumur lebih dari 100 hari “-mtime +100”. Nilai 100 bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda.

[imam@server /] find /tmp -mtime +100 -exec rm {} \;

Penjelasan : mencari file dalam direktory : /tmp yang telah berumur lebih dari 100 hari (-mtime +100) dan kemudian akan langsung mengahapus. Nilai 100 bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. AWAS hati-hati dengan perintah ini, kerena file lebih dari 100 hari akan langsung terhapus tanpa ada WARNING.

find /tmp -mtime +128 -exec mv {} /home/tmp/ \;

Penjelasan : mencari file dalam direktory : /tmp yang telah berumur lebih dari 100 hari (-mtime +100) dan kemudian akan memidahkannya dalam /home/tmp/. Dengan catatan direktory /home/tmp/ harus sudah ada (Sudah dibuat sebelumnya), jika direktory tujuan belum ada perintah ini tdak dalam dijalankan.

 Jika membutuhakan file yang baru saja ada dan ingin dipindah/hapus, bisa merubah paramter waktu dengan mengganti -mtime dengan -mmin. Angka yang diamsukan akan dihitung sebagai menit, misalkan -mmin +30 file yang lebih dari 30 menit.

Sebagai pengembangan bisa juga anda menggabungkan perintah ini dalam Cron Job, misalnya untuk melakukan backup data secara berkala untuk file yang lebih dari sekian hari. Sebagai catatan saya menemukan cara ini di Blog : bytemods.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

viewporntube indobokep classicrentcar borneowebhosting informasiku pontitravel pontiarmada classicborneorentcar