Prosedur Umum Koneksi 2 buah WiFi

Jika anda perlu menghubungkan 2 tempat dengan keneski Wireless, koneksi dengan Wifi mungkin salah satu solusinya. Bagaimana membuat link jarak jauh saya pernah menulis di tulisan saya sebelumnya. Karena banyak yang menyakan bagaimana secara detail mekanisme koneksi Wifi antara 2 lokasi. Berikut ini saya sampaikan prosedur umum membuat koneksi Wifi antara 2 tempat. Prosedur umum ini saya adopsi berdasarkan “praktek” aplikasi yang sudah sering saya lakukan. Bisa jadi beda orang beda prosedur sebaiknya anda bandingkan dan pilih mana yang terbaik menurut anda.

Prosedur umum membuat Link Jarak jauh dengan asumsi kita sudah memilih Perangkat WiFi (AP), Antenna Wifi dan Tower yang sesuai kebutuhan. Dan sudah dilakukan Survey Awal Wifi, yang secara teori kita mendapat jawaban awal mungkin untuk dibuat link wifi karena kondisinya LOS. Jika belum silahkan lakukan langkah ini, bisa dengan bantuan Software Gratis. Baca Tulisan saya tentang Survey Wifi dengan Alphimax.

Berikut Prosedur umum koneksi 2 Wifi :

  1. Sangat diajurkan untuk mencoba test  konek 2 Wifi dahulu di bawah, sebelum dipasang di Tower. Tujuan untuk menguji kita bisa melakukan dan juga melihat apakah Wifi berfungsi secara sempurnya.
  2. Secara default 2 AP Merk juga sama memiliki IP yg sama, buatlah IP jadi beda misal yg satu 192.168.1.254 dan 192.168.1.253. Ini penting supaya ketika sudah konek IP dalam jaringan tidak Konflik.
  3. Setting IP di Komputer yang satu network dengan AP1, Hidupkan AP1 dan Seting AP1 sebagai mode Access Point.
  4. Hubungkan Komputer dengan AP2, Setting AP2 sebagai mode Client –> Survey –> Konek. Status konek akan terlihat.
  5. Coba cek Koneksi akses AP1 dan AP2 dan sebaliknya
  6. Bisa juga Cek Ping AP2 dari Laptop yg terhubung ke AP1
  7. Seting lain yang juga diajurkan : Security WPA/WPA2, SSID, MAC Filtering dan Ganti Password Login.

Jika memang dibawah sudah konek maka pada Proses Link sesungguhnya, WiFi AP dan Antena akan ditaruh ditower dan perlu dilakukan proses Peletakan dan Pointing di Site A dan B. Secara umum melakukan hal berikut:

  1. Jika hanya ada 1 Tim, proses instalasi dilakukan secara bergantian di Site A dan B. Jika ada 2 Tim bisa lakukan secara simultan.
  2. Survey Kanal Wifi yang “kosong” di kedua lokasi pada arah Antenna yang dituju.
  3. Mengarahkan masing-masing Antena pada arah yang tepat (Optimal)
  4. Mengamati Sinyal Wifi di masing AP
  5. Melakukan Test Link (Bandwidth test) apakah sudah mendapatkan Kualitas Link yang diharapkan.
  6. Setelah selesai, pastikan Link berfungsi dengan baik.

Ok demikian, semoga bisa diambial manfaatnya. Ada saran, masukan, Kritikan atau perlu Koneksi Wifi bisa menghubungi saya silahkan Kirim di Komentar. Khusus untuk Solusi Aplikasi Koneski Wifi kami ada TIM yang siap untuk lakukan Instalasi dimana saja. đŸ™‚

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.