Beberapa masalah CMS WordPress di Server Sendiri

WordPress (WP) merupakan CMS sejuta umat dan CMS yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Peringkat pertama software yang paling banyak di install di web melalui web control panel softaculous (data http://www.softaculous.com/softwares). Menjadi tantangan tersendiri ketika kita menggunakan WordPress di Mesin server sendiri, terutama Linux server. Berikut ini beberapa masalah dan solusi yang merupakan catatan pribadi saya ketika menggunakan wordpress selama ini.

Beberapa masalah ini saya ditemukan pada server Linux Ubuntu/Debian yang masih standar tanpa web control panel atau dengan webmin (Vitualmin) tetapi bisa jadi ada masalah yang serupa di server Nix (Linux anda).

  1. Proses Instalasi di server sendiri tidak semudah menggunakan softaculous atau fantastico installer. Tidak bisa secara otomatis : uplaod file CMS WP, membuat database otomatis, file wp-config.php
  2. Pengaturan setting–> Permalink membuat Error (broken link), umumnya harus membuat file .htaccess secara manual.
  3. Masalah tidak bisa Upload file ke WordPress error karena tidak di ijinkan membuat/menulisĀ  file/folder di directori : /wp-contents/uploads
  4. Tidak bisa secara otomatis membuat image Thumbnail ketika upload image memalui post/page. Jika menggunakan Debian/ubuntu Install php-GD (GD and Image Functions) dengan melalukan isntalasi paket ini : apt-get install php-gd dan restart apache.
  5. Masalah batasan Upload file masimal hanya 2M (2 MB). Bisa diatas dengan mengedit file php.ini di : /etc/php5/apache2/php.ini (dengan merubah nilai maksimal uplaod sesuai kebutuhan, upload_max_filesize = 2M)
  6. Tidak bisa edit Theme atau Plung-in secara langsung di memalui web karena masalah permission file.
  7. Permasalah instalasi Plug-in, Theme tidak bisa secara Otomatis.
  8. Permasalah Upgrade WordPress juga tidak bisa otomatis dari web ketika Login.

Semoga bermanfaat, Mau share masalah yang lain, silahkan Updare di komentar.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.