Estimasi Link Wireless Point to Point dengan Software

Membuat Link jarak jauh bisa jadi mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Apalagi kita belum tahu medan/lokasi yang akan di kerjakan. Dalam proses pembuatan sebuah link jarak jauh secara umum sebaiknya mengikuti langkah dalam Manajemen Proyek : dimulai dari design/perencanaan, Survey lapang, perencanaan kebutuhan dan pelaksanaan proyek.

Bagaimana melakukanEstimasi awal yang murah/gratis? Dalam membuat perencanaan awal, kita bisa mulai dari Estimasi awal. Estimasi awal disini paling tidak bisa digunakan untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti :

  1. Berapa jarak antar Lokasi yang akan dihubungkan?
  2. Apakah mungkin menghubungkan 2 lokasi secara langsung?
  3. Berapa ketinggian Antena yang sebaiknya digunakan?

Ketiga pertanyaan tersebut umunya bisa dijawab dengan bantuan software estimasi seperti alphimax.com yang bisa digunakan untuk setimasi secara Online. Ada beberapa yang menggunakan Google Earth namun kurang detail karena umunya hanya mempertimbangkan faktor jarak dan kurang memperhatikan topologi termasuk apakah bisa LoS atau tidak. Karena bisa jadi jaraknya dekat namun Ternyata tidak LoS karena terhalang perbukitan.

Software yang biasa saya gunakan adalah alphimax.com karena ada versi gratis yang bisa dijalankan secara Online. Dengan bantuan AlphiMax kita akan mendapat jawaban dari ketiga pertanyaan diatas. Salah satunya dalam bentuk gambar dibawah ini dan juga saran-saran. Berikut salah satu hasil berupa Perkiraan Topologi sepanjang Jalur antara 2 Lokasi seberapa LoS dan bagaimana arahnya masing-masing.


Apa saja yang diperlukan untuk bisa melakukan estimasi, berikut ini langkah secara umumnya :

  1. Buat User di AlphiMax dan gunakan untuk Login
  2. Tentukan Lokasi kedua Titik dan Tentukan ketinggian tiap tempat
  3. Lakukan Estimasi
  4. AlphiMax akan melakukan proses perhitungan jarak dan Ketinggian sepanjang Jalan yang dilalui “sinyal”
  5. Kita dapatkan hasilnya

Berikut contoh Penentuan Lokasi di Jogja antara Dua tepat yang berjarak sekitar 14,6 Km. Cara menentukan Titik bisa secara manual memilih di Peta. Atau jika sudah tahu Koordinat kedua titik bisa langsung dituliskan.

Penentuan Titik A dan B

 AlphiMax menurut saya sangat bagus, saya belum menemukan software lain Gratis yang sejenis. Dalam AlphiMax sistem ini didukung oleh Map yang dimiliki oleh Google. Meskipun bagus namun demikian AlphiMax belum tentu bagus (memberikan hasil yang mendekati kenyataan) untuk semua lokasi kerena Peta Google yang ada belum tentu mencover wilayah yang anda petakan.

Link : alphimax.com  

Comments 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *