Cara supaya WiFi mempunyai Jangkauan Luas (Jauh)

Banyak pertanyaan ke saya baik melalui komentar atau langsung tentang WiFi. Salah satunya adalah Cara buat wifi supaya jauh. Saya akan mencoba menjawab menurut pengertahuan yang saya miliki (versi saya). Tulisan ini saya batasi pada kasus WiFi sebagai Access Point (AP) dan digunakan untuk melayani pengguna secara langsung (misal Laptop). Namun sebelum menjawab hal tersebut sebaiknya perlu diketahui beberapa karakteristik WiFi  yang memiliki keterbatasan antara lain :

  • WiFi mempunyai daya yang terbatas
  • WiFi memiliki Kanal Frekuensi yang terbatas dan digunakan secara umum (bebas)
  • WiFi mensyaratkan LoS (tidak terhalang)  supaya komunikasi lebih Optimal
  • Semakin kecil sinyal yang diterima, semakin kecil juga bandwidth (throughput) yang didapatkan.

Tentang WiFi AP

Sebuah WiFi AP merupakan sebuah perrangkat elektronik yang bisa menerima dan memancarkan sinyal secara bersamaan, meskipun sebenrany buka Full duplex. Perangkat Eketronis WiFi memiliki kemapuan pancar (satuan dalam miliwatt atau dB) dan juga mempunyai sensitifitas penerimaan (biasanya dalam -dBi). Semua parangkat WiFi dipasaran bisa saling terhubung meskipun beda Merk (Brand) karena memiliki kesamaan standar yaitu IEEE 802.11 a/b/g/n.

Bagian Vital lain dari WiFi AP adalah Antena ada banyak jenis antena yang digunakan, umunya WiFi AP indoor sudah disertai Antena Omni (indoor) dengan kekuatan (gain) kecil. Namun ada juga yang disertai dengan Antena  jenis lain seperti Antena Flat Panel. Antena mempunyai karakteriskti dan pola pancar sendiri sehingga akans angat mempengaruhi pancaran dari Wifi.

Kemapuan Pancar dan Terima Sebuah WiFi AP

Sebuah WiFi Access Point dengan antena bawaan (Omni Indoor) biasanya antara 5-7 dBi umunya hanya bisa menjangkau pengguna Laptop secara baik pada jarak antara 50-150 meter. Beberapa kasus bisa lebih jauh  jika tidak terhalang dan tidak banyak gangguan sinyal lain (Interferensi). Beberapa AP mempunyai antena Internal Flat panel / Sectoral / pengarah bisa memancar lebih jauh namun hanya kearaj tertentu saja.

Selain WIfi yang memiliki keterbatasan, Laptop kita yang menggunakan WiFi juga memiliki keterbatasan yang sama karena prinsipnya WiFi di laptop kita selain menerima sinyal juga akan memancarkan sinyal. Laptop memiliki keterbatasan daya, kerterbatasan sensitifitas (kepekaan) dan keterbatasan gain (Penguatan) antena. Antena WiFi di Laptop kita umunya terletak di dekat LCD monitor (tidak terlihat dari luar).

Bagaimana supaya Jangkauan sebuah AP bisa jauh

Jika kita hanya menggunakan sebuah AP untuk melayani sebuah Area tertentu supaya hasil pancara maksimal ada beberapa cara untuk mengoptimalkan pacaran.

  • Gunakan AP yang berdaya cukup besar, dipasaran banyak AP yang memiliki daya antar 200 -600 mWatt. Beberapa AP murah yang memiliki daya besar tidak tahan digunakan untuk periode waktu yang lama. Pengaturan daya sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, daya tidak harus selalu dimaksimalkan.
  • Tambahkan Antena sesuai pola pancar yang dikehendaki, misalkan Omnidirectional, Sectoral atau Directional.
  • Gunakan Antena dengan gain yang besar, namun ada yang perlu diperhatikan. Banyak Merk Antena ada yang murah memiliki Gain besar (namun prakteknya kurang bagus). Contoh Merk Antena yang sudah diakui adalah Hyperlink (L-com).
  • Posisikan AP + Antenna pada tempat yang pas (optimal) untuk bisa menjangkau area yang diharapkan. Dengan pertimbangan utama LoS dan pertimbangkan pola radiasi (pola pancar antena).

Bagaimana Solusinya supaya Jauh secara Luas Laptop

Lalu bagaimana supaya WiFi bisa diterima secara lansung dengan Laptop pada area yang luas, seperti kita menggunakan HP (dimana-mana da sinyal)? Dengan meilihat karakteristik WiFi ada hal yang tidak mungkin dilakukan untuk mengcover area yang luas hanya dengan sebuah WiFi AP.

Model yang (bagus) digunakan adalah Mesh Network yaitu menggunakan banyak AP yang diletakan secara tersebar sesuai cakupan yang diharapkan. AP-AP ini terhubung tanpa kabel,  menggunakan Wireless sebagai Link Utamanya. Model ini mirip dengan menaruh banyak BTS (Base Transmission Station). Namun adopsi teknologi Mesh saat ini sepertinya baru dimiliki oleh AP yang berherga mahal seperti Motorola (motoMesh)

Solusi yang mirip dengan Mesh Network adalah menggunakan AP dengan Mode Repeater (Universal Repeater) atau AP dengan Model WDS (Wireless Distribution System). Model ini lebih murah namun tidak sehandal Mesh Network, namun menurut saya sudah cukup untuk mengcover area yang luas asalkan di design dan di aplikasikan secara benar.

Image : http://blog.wlanmall.com/category/wireless-mesh

Pencarian terkait Tulisan ini :

jangkauan wifi, antena wifi laptop, repeater wifi murah, antena wifi untuk laptop

21 Responses to“Cara supaya WiFi mempunyai Jangkauan Luas (Jauh)”

  1. September 19, 2011 at 10:25 pm #

    wah manteb mas…. :) …… klo bikin antenanya pake antena kaleng itu atau wajan bolic gmn ya?

  2. September 21, 2011 at 5:17 pm #

    mas @Ingin-Tahu bisa juga tuh mas.. Kyknay dah bbanyak banget tutorial Antena WiFi Wajan di Internet :)

  3. September 26, 2011 at 10:24 am #

    salam kenal gan ikut gabung dari tetangga anak purworejo lagi di jakarta mampir gan di blog saya barang kali bermanfaat artikel blog saya :)

  4. September 28, 2011 at 12:32 am #

    pak kalau bentuk antena yang mempunyai daya tangkap paling recomended kira-kira yang mempunyai bentuk kayak apa ya pak?? wajan kah? tempolong alias kaleng? atau yang lainya..maturnuwun :D

  5. September 28, 2011 at 9:02 am #

    Mas @santo untuk Antena (pabrik) bisa pakai Antenna Yagi, Grid, Solid Disk. Klu bikinan (Lokal) Wajan umunya lebih baik daripada Kaleng.

  6. October 10, 2011 at 7:52 am #

    wah, sip, bisa dipraktekkan nih

  7. October 11, 2011 at 2:25 pm #

    ,,mantep nih bung tut0rnya,,,
    http://blogku–inspirasiku.blogspot.com

  8. arik
    November 16, 2011 at 8:52 am #

    siip mas topologinya,
    mas tanya nih? saya skrg dah punya 3 tower triangle (@ketinggian -27meter), jarak antara tower A,B,C rata2 skitar 3-4km + 7 titik (Ap dg menggunakan pipa diketinggian +- 15mtr-21mtr)rencana mmg mau buat hotspot, knp hrs 3 tower karena saya ingin memudahkan konsumen (pengguna Laptop, PC & HP).. utk saat ini alat apa yg hrs saya pasar di 3 tower tersebut? saya ingin power yg besar hehee, trimksih

  9. arik
    November 16, 2011 at 8:55 am #

    MAAF yg td ada yg salah/krg

    siip mas topologinya,
    mas tanya nih? saya skrg dah punya 3 tower triangle (@ketinggian +-33meter), jarak antara tower A,B,C rata2 skitar 3-4km + 7 titik (antar desa) (Ap dg menggunakan pipa diketinggian +- 15mtr-21mtr)rencana mmg mau buat hotspot, knp hrs 3 tower karena saya ingin memudahkan konsumen (pengguna Laptop, PC & HP).. utk saat ini alat apa yg hrs saya pasang di 3 tower tersebut? saya ingin power yg besar hehee, trimksih

  10. ridho robbi
    February 6, 2012 at 10:41 am #

    mas mau nanya antena apa yg di butuhkan untuk menerima sinyal wifi dr rmh teman,terus di pancarkan lg sinyalny sekitar rmh saya tetanggan sy

  11. michael
    September 4, 2013 at 7:46 pm #

    salam, sy mau beli antena tpi msh awam utk pilihan yg pass
    yang mau sy nanya jenis antena pemancar yg bagus dengan polarasi horisontal & vertikal yg sangat jauh antena apa dan harganya brpa?
    sma halnya dgn antena yg bisa pancar dan menerima yg bagus apa? dan harganya? ditambahkan dgn antena penguat sinyal yg bagus, biar mahal asal memuaskan. dan menurut Gan dri beberapa anten ini mna yg bagus: Antena Solid, Antena Grid, Antena Yagi, Antena Omni, Antena Sektoral, tanks ats info & bantuannya slam hormat semoga sukses selalu

  12. October 2, 2013 at 9:05 am #

    infonyaa sangat menarik..
    bisa dicoba ituu..
    info seputar bola, prediksi bola, dan semuanya yang berhubungan dengna bola, bisa kunjungi di alamat http://www.bola368.net

  13. nonie
    November 15, 2013 at 10:19 pm #

    mw tx,, d rmh sy ada jaringan RT/RW Net dgn m’ggunakan antena omni n AP tp ko’ ada client sy yg dkt dr rmh cm 1 bar aja jrgan yg d dpt. solusinya apa spy client sy dpt akses internet dgn baik. ma ksh atas bantuannya

  14. Ihat Solihat
    February 4, 2014 at 1:24 pm #

    Info sangat menarik…..termkash mas bro…..

  15. yusuf
    March 3, 2014 at 3:44 pm #

    misi gan.. mau nanya nih gan..
    saya kan punya 2 TL wa5210G, sy nembak dari bullet m2hp,, jarak yang pertama dari server -+200m, yg ke2 -+600m.
    TLnya sy setting sebagai universal repeater.
    awal pasang lancar dan bagus, tanpa ada kendala. sinyalpun baik, diatas 30.. paling rendah malah 32.
    tp setelah 4-5 hingga sekarang (kurang lebih 2 minggu), kalo login bisa masuk, tp setelah brp detik kemudian terlogout sendiri.. itu knp ya gan?
    mohon pencerahannya yaa..
    trims.

  16. May 8, 2014 at 4:42 pm #

    misal kita pakai tplink 5210 diset mode universal repeater, dengan tujuan mempeluas area coverage kita, apakah tidak terlalu membebani ap pusat mas? trim’s

  17. Om Viar
    June 16, 2014 at 3:31 pm #

    Pak Imam Yang Terhormat,

    Selama ini aku pake wireless adapter TP Link TL-WN7200ND + tiang bambu 8 meter + USB extender 10 meter.Karena rumah aku tingkat,Alhamdulillah,bisa nangkep hotspot sejauh 10 km(kondisi 2 bar).

    Karena dirumah punya parabola bekas astro n LNBnya KUband Matrix,aku mo nangkep free hotspot Telkom(Malioboro Cyber Street) sejauh 75 km dari rumah.Kalo ditambah AP TP Link TL-WA7510N,kira2 bisa nangkep ga ya…?

    Mohon saran n bantuan dari Pak Imam..

    Terima Kasih,

  18. Om Viar
    June 16, 2014 at 3:36 pm #

    Oh ya Pak Imam,kalo seandainya bisa nangkep sejauh 75 km,bagaimana cara koneksikan LNB ke Access point.Pakai kabel apa ya…?

    Saya sangat2 mengharapkan saran n bantuan dari Pak Imam..

    Terima Kasih,

Pingbacks/Trackbacks

  1. Kumpulan Artikel Jaringan Komputer | Super Artikel Media - September 28, 2011

    […] Cara membuat pancaran WiFi Supaya Lebih jauh […]

  2. Cara supaya WiFi mempunyai Jangkauan Luas (Jauh) | Nomazter is Another Web Blog Page - October 6, 2012

    […] Source .nrelate_related .nr_sponsored{ left:0px !important; } /* */ Posted in News | Tagged AP, jangkauan, jaraj, jauh, wifi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

(Required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Proudly powered by WordPress   Premium Style Theme by www.gopiplus.com