Pembuatan Proposal Teknologi Informasi

Pembuatan Proposal Teknologi Informasi umumnya sangat terkait dengan sebuah Proyek IT. Pembuatan Proposal Teknologi Informasi harusnya seharusnya terencana dengan baik. Apalagi jika Pembuatan Proposal Teknologi Informasi (IT) untuk suatu perusahaan/sekolah/kampus atau institusi lain yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Semua sebaiknya dimulai dengan rencana yang matang. Sehingga seharusnya begini : karena merencanakan sesuatu maka akan perlu kegiatan penunjang yang ada proyek pengadaan, peningkatan kualitas staff, dll. Namun ada yang kurang pas banyak terjadi terkait dengan pengembangan IT. Kebanyakan yang terjadi adalah, saya punya sejumlah dana, Dana ini mau digunakan untuk apa ya?

Maaf kalau anda menganggap yang saya sampaikan diatas kurang/tidak tepat. Itu hanya anggapan saya berdasarkan yang saya amati selama ini dari rekan atai klien. Namun jika jika anda sepakat dengan yang saya, sampaikan sebaiknya kesalahan jangan ditimpa dengan kesalahan lain. Misalnya proyek IT hanya jadi proyek menghabiskan anggaran saja atau hanya sekedar memenuhi kebutuhan laporan saja. Jika kita memang akan mendapat kucuran dana untuk pengembangan IT berbahagialah, karena tidak semua orang/institusi akan mengalami itu. Mulailah merencanakan dengan lebih baik supaya tidak “salah jalan”.

Berikut ada beberapa hal terkait dengan Pembuatan Proposal Teknologi Informasi :

  • Perlu perencanaan secara tepat, harusnya dimulai dari Blue Print (cetak Biru) rencana IT. Rencana IT merupakan bagian dari Rencana pengembangan Institusi.
  • Kemampuan teknis IT tidak selali cukup dalam Proses pembuatan Proposal Teknologi Informasi, perlu juga orang yang bisa memahami perencanaan dan mengetahui visi IT kedepan.
  • Meskipun kita tahu IT kemampuan seseorang pasti terbatas termasuk saya, sebaiknya pakailah konsultan sebagai penyeimbang rencana, pemberi masukan, dll.
  • IT sangat luas dan banyak Pilihan untuk menyelesaikan sebuah kasus makan pilihan harus tepat, tidak hanya masalah harga atau merek. Namun juga terkait dengan Standar Produk.
  • Setelah proyek jadi (proposal didanai) yang perlu dipahami pekerjaan tidak selesai, akan ada pekerjaan lain misalnya pemeliharaan, pengembangan, peningkatan staf, dll.
  • Pembuatan Proposal Teknologi Informasi umumnya akan di Nilai (review) oleh reviewer misalnya dalam hal : kelayakan, kesesuaian dengan kebutuhan, masuk akal, dll.
  • IT tidak akan pernah mati sehingga akan kontinyu selalu ada, berkembang dan dibutuhkan.

Sekian sedikit tulisan dari saya, Jika anda perlu solusi untuk pembuatan proposal IT/ Konsultasi dalam bidang IT bisa hubungi kami disini, kiat bisa sharing dan diskusi untuk kebutuhan IT yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *