Contoh Spesifikasi Vicon Telepresence untuk E-Learning

Model Kuliah/pertemuan dengan sistem presentasi jarak jauh saat ini sepertinya makin dibutuhkan. Model seperti ini tidak hanya sekedar Vicon (Video Conference) saja, namun lebih kearah Telepresence. Atau dalam bahasa Indonsia diterjemahkan sebagai Telepresensi. Kalau Vicon umumnya hanya sekedar “ngobrol” secara langsung dengan tatap muka secara virtual. Dalam kondisi tertentu penggunaan Video Messenger seperti YM, Skype, dll belum cukup.Menurut Wiki Telepresensi diartikan sebagai seperangkat teknologi yang memungkinkan seseorang seolah-olah hadir, ada atau berpengaruh pada lokasi yang berbeda. Para pengguna diberikan kemampuan untuk memengaruhi suatu tempat. Dalam hal ini, posisi, gerakan, tindakan, dan suara pengguna bisa dirasakan, ditransmisikan, dan diduplikasikan dalam satu tempat untuk memberikan pengaruh yang signifikan. Dengan demikian, informasi dapat berjalan dua arah.

Saya mulai mengenai dan menggunakan Teknologi Vicon sejak tahun 2007. Waktu itu harga Vicon masih sangat mahal, saya rasa saat ini masih sama. Perangkat bermerek yang handal dan full feature masih mahal. Tapi mengapa saat ini teknologi Vicon/telepresence banyak digunakan, alasan yang masuk akal adalah untuk : efisiensi biaya (perjalanan), fleksibilitas tempat dan waktu, keamanan dan kenyamanan. Terutama ini akan menjadi dan bermanfaat ketika apa yang diperolah sama dengan ketika kita bertemu langsung.

Beberapa spesifikasi /kebutuhan untuk Vicon (Telepresence) antara lain :

  • Perangkat Vicon bisa berupa hardware/software yang support Dual Video (berbasis IP).
  • Pada saat sesi yang sama Video dan Data/presentation bisa aktif.
  • Sebaiknya sudah HD 1080 (HDTV high-definition video), meskipun sebagai orang teknologi 720p mungkin masih bagus. Apa itu 1080p atau 720p bisa dibaca di Wikipedia : http://en.wikipedia.org/wiki/1080p
  • Kebutuhan yang lain : Sound System, LED/LCD TV, Proyektor, Webcam HD.
  • Ruang Meeting (khusus jika dibtuhkan)
  • Kebutuhan Broadband Bandwidth yang Simetris (UP/Down) untuk Vicon termasuk juga IP Public.

Sekian dulu sedikit share dari saya, kalau ada yang mau menambahkan atau berdiskusi silahkan :). Tidak lupa saya sampaikan Selamat menjalankan Ibadah Puasa, semoga Puasa kita lebih berkualitas, Amin.

1 thought on “Contoh Spesifikasi Vicon Telepresence untuk E-Learning”

  1. z Hotel says:

    Cocok nich untuk dipasang di Hotel,
    Buat Ruang Vicon disewakan hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Related Posts