Membuat Hotspot dalam Mobil (InCar Hotspot Internet)

incar HotspotIncar Hotspot

Hotspot Internet saat ini sudah ada dimana saja. Namun mungkin ada yang kurang jika anda yang suka ber Mobil dan tidak bisa lepas dari laptop/PDA dan Internet belum ada hotspot di kendaraan anda. Sebenarnya hal ini juga sudah lama digagas oleh salah Merk Mobil Mewah terbaik Indonesia 2011 Mercedes-Benz, dengan nama Produk yang sudah dilepas ke pasar sejak tahun 2009 dengan namaΒ  Mercedes-Benz InCar Hotspot: wireless Internet access in a vehicle. Namun sistem yang di branded-kan ke Mobil Mercedes-Benz ini mungkin hanya mampu digunakan oleh kelas Atas. Namun bagi anda yang tidak mampu membeli alat semacam ini bisa membuat model sendiri.

Menambahkan info diatas, sejak Oktober 2009 System Mercedes-Benz InCar Hotspot disiapkan untuk Mercedes-Benz E?Class and S?Class. Perangkat ini terdiri dari Wireless LAN (WLAN) Router dan perangkat modem yang support teknologi HSDPA (tahun 2009). Sangat dimungkin sekarang sudah support 3G sesuai perkembangan teknologi wireless.

incar Hotspot
Pengguna inCar Hotspot pada Mercedes-benz (emercedesbenz.com)

Membuat Incar Hostpot Sendiri

Seiring perkembangan teknologi hal ini sangat dimungkinkan untuk membuat inCar Hotspot sendiri. Saya belum tahu apakah ada produk langsung jadi yang dijual dipasar. Namun secara sederhana kita bisa menggunakan Wireless Router Access Point (WLAN) + Modem Selullar atau menggunakan WLAN yang langsung support dengan teknilogi wireless seperti HSDPA/3G. Semua perangkat ini ada dipasaran namun perlu dirangkai dan dikonfigurasi menjadi sebuah sistem hotspot mobile.

Sistem ini mungkin sangat membantu sebagian orang yang “bertipe Mobile”. Namun ada beberapa masalah yang mungkin dihadapi antara lain :

  • Sangat tergantung dengan Provider Selullar, untuk daerah pedalaman yang tidak ada sinyal sistem tidak dapat beroperasi.
  • Penyiapan catudaya yang sesuai dengan perangkat yang digunakan.
  • Konfigurasi sistem (bagi yang awam) dengan jaringan komputer.

8 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.