Cara Mengajak Siswa (supaya tertarik) NgeBlog

Ketika ada yang bertanya : “Apa kegiatan yang anda lakukan pada saat senggang?” Mungkin jawaban akan bermacam macam : baca buku, jalan-jalan, sms-an, facebook-an, blogging, diskusi online, browsing, dll. Dari yang tidak saya sebutkan mungkin masih banyak lain, asalkan itu kegiatan positif tentunya akan memberikan manfaat bagi anda. Salah satunya Blogging, kalau dahulu mungkin harus ke warnet, sekarang sepertinya tidak lagi. Ketika Teknologi Informasi saat ini sudah menjadi Gaya Hidup, aktifitas ini bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Tentunya bagi kita yang sudah ada fasilitas dan kesempatan (online).Apa manfaat Blogging? Manfaatnya banyak, setiap orang yang “menekuni blog” punya pengalaman manfaat yang mungkin berbeda-beda.  Secara umum Blogging bisa memberikan manfaat : menghibur, berkomunikasi, menambah jejaring (teman dan komunitas) hingga bisa sebagai suatu Profesi (Profesional Blogger). Salah satu yang bermanfaat bagi akademisi menurut saya adalah berani mengungkapkan ide-ide baru dalam bentuk tulisan ke Public.

Bagaimana sesorang tahu bahwa blogging itu bermanfaat? Mungkin hanya sedikit orang tahu hal tersebut dengan sendirinya. Saya rasa lebih banyak yang tahu karena di kenalkan atau mendapat cerita dari orang lain.

Sebagai seorang yang juga berprofesi sebagai pengajar saya rasa tidak salah kalau saya dan (mungkin anda) disela Aktifitas mengenalkan hal ini pada anak didik. Beberapa usaha untuk menarik minat siswa pada Blogging misalnya :

  • Cerita pengalaman pribadi (yang menyenangkan) tentang Blogging.
  • Berbagi Cerita tentang orang-orang sukses yang menggunakan Blog atau di dukung karena Blog/web.
  • Disalah satu sesi mungkin perlu mendatangkan Pakar. Misal kuliah TI dari Pakarnya, yang memaparkan seluk beluk web, blog dan manfaatnya. Dengan pemateri yang Lebih Pakar.
  • Memberi dukungan  dan kesempatan bagi siswa yang berminat untuk tahu lebih banyak. Harapannya kalau dia bisa, dia akan bercerita dan berbagi dengan teman-temannya. Kadang ada siswa kepingin sekali, namun belum tahu jalannya (Solusinya).
  • Mengenalkan yang GRATIS, siapa yang tidak suka Gratis? Klu belum ada Budget, mulailah dari yang gratis seperti menggunakan WordPress.com, Blogspot, domain co.cc, dll.
  • Tidak ada salahnya anda mengajak siswa untuk Interaktif di Blog anda, misalnya menulis Komentar terhadap apa yang kita tulis di Blog. Ada rekan saya “memasukan” sesi interaktif ini sebagai bagian kecil dari “proses” penilaian mata Kuliah.
  • Jika mungkin ajak mereka yang tertarik untuk buat Workshop.

Itu hanya sedikit Tips, jika ada yang kurang pas atau yang lain silahkan saja tambahan di Komentar.  Ayo.. jangan kalah sama Guru dan Dosen-nya. 🙂

Ilustrasi gambar : http://blogs.triplealearning.com

9 comments

  1. Sudah sepatutnya seorang guru mengalkan dunia perblogan pada para siswa. A[alagi dengan blog selain dapat mempelajari dunia IT, juga dapat mengasah kemampuan menulis dan berbahasa.
    Sayangnya saya hanya guru SD di daerah pedesaan yang mana siswa2 baru pada taraf mengenal komputer.

  2. Menurut saya blogging adalah sebuah sarana untuk berbagi informasi, baik tentang pendidikan atau pun yang lainnya, Untuk masalah pendidikan, jaman sekarang ini apabila hanya mengandalkan sebuah metode pembelajaran terhadap siswa secara konvensional saja saya rasa belum cukup, karena kita sendiri menyadari apapun yang kita inginkan atau sebuah pertanyaan dalam pikiran kita bisa terjawab dengan adanya dunia internet khsusnya blog. jadi pas donk kalau siswa di kenalkan dengan dunia blogging 😀

  3. saya mengenal blog masih baru, baru 2 bulan ini, setelah menjalani ternya ta ngeblog enak juga, apalagi setelah menemukan komunitas blogger..hmm,,jadi tambah asik banyak ilmu baru dan teman baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.