Membuat WordPress Related Post dengan Gambar

Bagi anda pengguna WordPress tentunya tidak asing dengan Fitur “Related Post” atau Tulisan terkait yang akan memunculkan judul yang mirip dengan tulisan yang sedang dibaca. Related post bisa meningkatkan Page View di web kita dengan cara memberikan saran kepada pembaca untuk membaca tulisan terkait dengan yang dibaca saat itu. Related post bisa menggunakan kesamaan pada kategori Tulisan atau Kesamaan TAG. Salah satu model related Post adalah related post yang bisa menampilkan juga “thumbnail” atau gambar kecil dari post lain yang terkait. Bagaimana caranya?

Salah satu cara termudah menampilkan posting terkait adalah dengan menggunakan Plug-in dari WordPress. Ada beberapa Plug in yang bisa anda gunakan antara lain :

LinkWithin:

Cara instalasinya mudah, terlebih dahulu anda perlu mengisi data di website resmi (Download : http://www.linkwithin.com/learn) . Selajutnya anda akan memperoleh Link Download Plug-in. Selajutnya anda lakukan instalasi secara manual (menggunakan menu upload Plug-in). Berikut contoh tampilan jika menggunakan LinkWithin. Lihat Demo Hasilnya  Disini.

Plug in ini relatif mudah dalam instalasinya dan konfigurasinya (Sangat simpel). Setelah plug-in diinstal dan diaktifkan hasil langsung bisa dilihar di web anda. Plug-in ini bekerja dengan menggunakan script pembuat Thumnail dan link yang terkait langsung dengan linkwithin.com.

Related Posts Thumbnails :

Ini adalah related post yang lain yang langsung bisa diinstall di wordpress langsung dari dashboard. Anda bsia mencari Plug ini ini dengan Keyword “Related Posts Thumbnails” dari menu Plug-in di wordpress anda. Untuk Demo Web dengan menggunakan fitir ini bisa dilihat di : Demo : http://sriramashop.com atau di http://nunu.web.id. Jika anda ingin melakukan instalasi secara manual bisa Download Plug-in inid ari web resmi Kumpulan Plug-in wordpress : http://wordpress.org/extend/plugins/related-posts-thumbnails

Plugin ini mempunyai konfigurasi yang cukup banyak, cocok bagi anda yang ingin membuat related post dengan tanpilan yang lebih bervariasi. Plugin ini menggunakan thumbnail yang ada di wordpress (tidak menggunakan Script) dari laur website.

Comments 9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *