Salah satu manfaat dari internet adalah kita bisa dengan mudah memasarkan produk kita.  Pembeli atau pengakses informasi tidak mengenal batas wilayah. Bagi anda yang melakukan Bisnis dan menggunakan jasa pengiriman pastinya sering menggunakan jasa pengiriman barang. Jasa pengiriman banrang sangat banyak anda bisa pilih sendiri. Mungkin juga suatu ketika anda bermaksud mengirim barang ke laur negeri bagaimana caranya? Prosesnya hampir sama namun ada sedikit perbedaan, apa itu?

Ini pengalaman pribadi penulis dengan Web bisnis online sambilan Souvenir Unik yang alhamdulillah sudah terpasarkan dari Aceh sampai Papua. Proses yang umum terjadi adalah pembeli mengirimkan uang dan Barang baru bisa dikirimkan. Dan beberapa minggu yang lalu kami ada order ke Luar negeri masih dari negara tetangga. Proses pembayaran dari luar negeri tidak langsung masuk, perlu waktu sekitar 7 hari. Saya menggunakan rekening Bank Lokal pembeli juga menggunakan bank Lokal.

Untuk proses pengiriman barang ke Luar negeri saya sempat survey ke beberapa penyedia jasa pengiriman barang. Akhirnya saya pilihkan pada EMS karena harganya cukup terjangkau dan waktu kirim tidak terlalu lama. Cek dahulu negara tujuan apakah terjangkau oleh EMS  (lihat daftar Negara Tujuan).

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengiriman barang ke Luar negeri :

  1. Pastikan negara tujuan masuk dalam aren layanan
  2. Umumnya pengirim harus mengisi data pengirim, alamat tujuan, menyatakan Isi paket, berat dan perkiraan Harga barang, untuk EMS form sudah disediakan.
  3. Pastikan Berat dan ukuran terpenuhi, karena ada paket yang membatasi berat/ukuran maksimal barang.
  4. Gunakan pembungkus yang cukup kuat misal dengan : Bagor yang dijahit atau Wraping.
  5. Perhitungan tarif akan akan ditambahkan dengan Pajak (PPN), jumlahnay tergantung nilai barang anda.
  6. Perhatian : Apabila isi kiriman masuk dalam kategori yang dilarang/membahayakan oleh bea dan cukai, barang bisa dimusnahkan. Ini tanggung jawab pengirim.
  7. Setelah proses selesai anda bisa tracking (trace) sampai dimana paket Anda di website EMS / Pos Indonesia.
  8. Jangan Lupa Selalu berdoa :)

Daftar Negara Tujuan EMS : http://ems.posindonesia.co.id
Perkiraan tarif EMS & Info Bea cukai.

Semoga Bermanfaat. (imam/imm.web.id)

Pencarian terkait Tulisan ini :

pengiriman barang ke luar negeri, kirim barang ke luar negeri, jasa pengiriman barang ke luar negeri, cara mengirim barang ke luar negeri

Kirim Pesan Inbox

Perlu penjelasan secara Pribadi tentang Tulisan diatas, Gunakan Form berikut :

Nama/Email :
Tulis Ulang Email :
Alamat :
Deskripsi :
Hitung : 3+4=? 
Tanggapan akan dikirimkan ke Email, mungkin bisa cek di Spam atau Bulk