Berbagai masalah dalam Bisnis (jualan) Online

Bisnis online, saya persempit artinya sebagai bisnis online dalam hal jualan produk nyata/jasa yang dilakukan secara online. Karena sebenarnya bisnis online modelnya sangat banyak. Kalau bicara jualan secara online memanfaatkan media Internet /HP yang kemungkinan kecil antara pembeli dan penjual bisa tatap muka secara langsung. Sudah sekitar 1 tahun saya resmi bisnis online yang awalnya hanya sekedar iseng. Tetapi akhirnya menjadi lebih serius karena lama kelamaan menyenangkan disamping juga menguntungkan. Soal keuntuangan tentunya sangat banyak, tetapi jika saya sampaikan disini tidak akan pas dengan judul yang saya buat.

Berkait dengan masalah, dalam kehidupan pastinya tidak ada yang tidak ada masalah atau selalu berjalan mulus. Jika sesuatu sudah berjalan dimungkinkan akan menhadapi suatu masalah, meskipun itu masalah kecil. Dengan adanya permasalahan baru yang kita jumpai kita akan lebih belajar lagi. Dalam bisnis online utamanya saya menjual Produk dan juga JASA, masing-masing mempunyai Website tersendiri dan dikelola bersama. Meskipun usaha saya belum cukup besar saya coba berbagi “masalah”, mungkin bisa berguna. Masalah apa yang sudah pernah saya jumpai, secara umum sebagai berikut :

  1. Awalnya punya Website tetapi minim pengunjung sehingga tidak ada Order. Kalau ini berlangsung lama dan tidak berubah tentunya cukup menhabiskan waktu, energi dan biaya, kerana mengelola web membutuhkan hal tersebut.
  2. Sudah pasang iklan dimana-mana tetapi jumlah pengunjung website tidak juga meningkat.
  3. Banyak yang bertanya /meminta informasi harga, jenis, bahkan sampel tetapi hanya sedikit atau tidak ada yang jadi membeli (oder).
  4. Website kadang Down (mati), sebenarnya hal yang wajar karena data website tersimpan di Komputer server yang sewaktu-waktu bisa rusak/terkena masalah atau pemeliharaan. Biasaya hosting punya Uptime, misalnya 98%. Artinya 2% ada ada kemungkinan Down.
  5. Spamming ke Komentar / Form di Website atau spam ke Email.
  6. Email / Sms / Kontak “Iseng”, silahkan ditanggapi secara bijaksana.
  7. Bagi yang sudah mulai mengirmkan barang, mungkin ketemu dengan masalah bagaiman memilih Ekspedisi yang murah atau Ekspedisi yang cepat.
  8. Tranfer uang dari pembeli yang tidak segera sampai, mungkin terjadi antar bank yang berbeda dan proses mejelang libur atau hari Sabtu – Minggu.
  9. Di Komplain pembeli karena barang tidak segera sampai, bisa jadi kesalahan kita telat mengirmkan atau masalah di Jasa ekspedisi (pengiriman).
  10. Pembeli /pelanggan yang tidak segera membayar padahal jasa sudah diberikan. Bisa terjadi pada pelanggan yang “sudah kita percaya”, pada order kesekian minta diproses dulu dan akan tranfer pembayaran kemudian. Perlu hati-hati dengan kasus seperti ini.

Jika anda pernah menghadapi masalah juga, boleh di share disini. Barangkali bisa bermanfaar bagi rekan-rekan lain yang akan memulai bisnis. Atau bermanfaat untuk antisipasi dini terhadap masalah yang mungkin akan dihadapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *