Antara Mengelola Hosting sendiri dan Menggunakan Jasa Hosting

Sebenarnya sudah lama sekali saya pingin menulis tentang  sekelumit kisah sedih “Antara Memelihara server sendiri dan menggunakan Penyedia Hosting”. Namun baru kali ini saya sempat menulis judul dan sebagian sedikt isinya. Mungkin ada ang belum tahu apa Itu HOSTING? Apa itu (internet) web hosting, menurut berbagai bahan dan info yang saya dapat (internet) web hosting merupakan penyedia jasa layanan penyimpanan file untuk website yang nantinya bisa diakses dari Internet (seluruh dunia). Kenapa saya tambahi internet dalam tanda kurung, kerena Hosting bisa saja terbatas untuk akses lokal atau terbatas saja. Cukup banyak penyedia Weh Hosting di sekarang ini, muali yang HOSTING GRATIS hingga yang tidak Gratis.

Menggunakan Jasa Hosting

Soal menggunakan penyedia jasa layana Hosting saya rasa tidak perlu saya tulis banyak, jika anda belum punya web dan ingin mempunyai web anda bisa menggunakan jasa layanan Hosting. Misalkan NunuHost atau penyedia jasa layanan yang lain. Kalau itu berbayar kita tinggal membayar dan menggunakan saja tanpa perlu memikirkan pengelolaan server hosting. Secara umum harga Sewa Hosting ditentukan oleh beberapa parameter antara lain :

  1. Kapasitas penyimpanan Data (dalam MB)
  2. Limitasi bandwidth (per bulan, biasanya dalam GB/Bulan)
  3. Lokasi Data Center-nya, biasanya Server Hosting di Luar negeri lebih Murah, Kog Bisa?
  4. Kualitas Layanan (QoS)
  5. Kemudahan Akses, Bandwidth yang tersedia, Fitur-fitur lain yang ada di dalam Cpanel.
  6. Masih banyak yang lain sebenarnya.

Bagaimana dengan Mengelola (Internet) Web Hosting sendiri?

Mengelola server sendiri yang saya maksud adalah, kita mempunyai akses penuh terhadap mesin server atau mesin Virtual Server. Ada beberapa model jika kita ingin mengelola Server Hosting sendiri antara lain :

  1. Collocation adalah menempatkan server kita pada penyedia Hosting /Provider Internet. Kita perlu membeli/sewa Mesin Server dan sewa bandwidth bulanan.
  2. VPS (Virtual Private Server) adalah menggunakan Server Virtual (Sebenarnya merupakan sebuah server yang kemudian dibagi-bagi menjadi server-server kecil dengan Software Virtualasisari seperti WMWare, OpenVZ, dll. Kita hanya menyewa VPS dan Sewa bandwidth bulanan.
  3. Reseller Hosting, mirip dengan kita menggunakan jasa hosting, namun kita bisa jual kembali dalam paket-paket yang lebih kecil.
  4. Mempunyai/mengelola Hosting di Kantor/Rumah kita sendiri, ini yang akan dibahwah lebih lanjut.

Bagaimana supaya Hosting tidak Membayar?

Jensi yang nomer 4 adalah jawabanya, namun ada banyak hal yang perlu anda pertimbangkan atau jadikan perhatian sebelum anda memutuskan untuk menggunakan. Maksud mengelola Hosting sendiri disini adalah Kita memlilik komputer/server yang terletak di tempat kita, namun server juga bisa diakses dari mana saja (internet). Apa yang diperlukan, secara singkat yang diperlukan (minimalis,mungkin tidak standar) antara lain :

  1. Sebuah Komputer /Server
  2. Akses Internet 24 jam dan IP address Public
  3. Sistem Operasi + Software untuk Manajamen Hosting, misal Cpanel. EHCP, IspConfig, Webmin, dll.

Jika anda sudah mempunyai 1-3 komputer anda sudah bisa diakses dari mana saja tanpa perlu sewa hosting lain hanya cukup membayar biaya internet bulanan. Sepertinya lebih murah namun ada beberapa hal yang perlu dipikirkan lebih lanjut antara lain :

  1. Sistem ini butuh selalu Hidup, “kenyamanan server” harus Terjaga (Ruang, AC, listrik, dll)
  2. Jika terjadi permasalahan, ada yang harus menanggani, jadi butuh SDM, technical support sendiri.
  3. Akses dari dalam akan (Jaringan kita ke Server) lebih cepat, namun akses dari luar cepat/lambat akan tergantung bandwidth yang kita miliki.
  4. Jika sistem ini sangat Urgent/penting, Anda mesti siapkan juga Sistem Backup (Disaster Recovery), dll
  5. Ada banyak tanyangan lain yang kadang tidak terduga, misalnya :Spaming, masalah security, dll.

Apa Keuntungan Mengelola Hosting sendiri?

Hal yang lain saya asa masih cukup banyak, saya hanya menulis secara singhat saja berbagai sedikt pengalaman. Saat ini saya menggunakan Server sendiri (namun bukan untuk web ini). Hampir 2 Tahun ini server Hidup menggunakan Ubuntu Server + EHCP (Easy Hosting Control Panel) yang kesemuanya Gratis. Ada yang kelupaan, apa keuntungan mempunyai Server di tempat sendiri diantaranya :

  1. Akses dari jaringan lokal ke server akan lebih cepat.
  2. Kapasitas Penyimpanan halaman web/email tergatung ukuran hardisk anda.
  3. Tidak perlu membayar Hosting, hanya sewa Internet Rutin saja.
  4. Tidak ada batasan jumlah user, misal pada server yang saya gunakan (Ubuntu dan EHCP)

Update 12 April 2010

Hosting sendiri mungkin diperlukan bagi Institusi seperti pendidikan yang membutuhkan koneksi yang Lokal cepat dan kapasitas yang besar. Sebagai contoh Aplikasi Elearning, Perpustakaan Online, File Server, dll. Atau bisa jadi Hosting sendiri hanya untuk Subdomain tertentu saja, karena dimungkinkan sebuah Web memunpunyai tempat Hosting yang tersebar tidak hanya mengadalkan sebuah Hosting saja (misalnya berbeda tempat hosting antar sub domainya).

Pencarian terkait Tulisan ini :

cara membuat hosting sendiri, membuat server sendiri, bikin hosting sendiri, membuat server hosting

60 thoughts on “Antara Mengelola Hosting sendiri dan Menggunakan Jasa Hosting

  1. Andy

    Kalo buat dipake sendiri malah rugi, belum listrik, isp (musti minimal 10mbps) biar bisa diakses cepet dari mana aja, belum lagi kompinya suruh idup terus 24/7/30/360

     
  2. jimmy

    bikin server sendiri memang asik, tapi cukup repot dan butuh spek komputer plus pengetahuan mengelolanya.. saya masih mending nyewa dulu :D

     
  3. armanaexpert

    nggak deh kalo buat server sendiri. lha wong punya bandwith  buat akses internet aja udah seneng kok. Ngurusi server kantor yang  idup 24 jam aja udah budreg. Untuk ukuran orang fakir seperti kita ini ya.. hosting aja lah.

     
  4. rachimuddin dot com

    wah kalo bagi blogger part time agak susah mas karena no time to manage server sendiri. punya waktu untuk buat artikel aja udah untung. tp nanti kalo udah beralih ke full time blogger baru bisa dipertimbangkan. :)

     
  5. Fir'aun NgeBLog

    Mengelola hosting sendiri membutuhkan kecakapan tertentu dalam dunia internet. klo orang gaptek kyk aku mah untuk sementara ya ngerental aja :p he… he… he…

     
  6. imam thok

    Salam kenal,
    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih buat tutorial “Step by Step Setup Hotspot dengan Halaman Login”. Sangat membantu bagi saya yang masih sangat awam..

    Bagiku lebih enak hosting nyewa aja deh karena lebih murah dan tidak ribet(sewa internet,listrik,masalah sekuritas,masalah hardware dan software).

     
  7. qqab79

    wah kebetulan tuh bos…..sy lagi cari bahan utk buat server web hosting, tapi lagi bingung sofwernya apa aja, tolong dong rekomendasinya sofwer apa aja yg diperluin, supaya kita bisa terima clien/user…….

     
  8. Ivan Syba

    pengen sich punya server sendiri sekalian bagi bagi tuk hosting gratisan tapi memang kalo ribet begitu wah belum bisa mengatasinya. Apalagi masih gaptek.

    Nah kalau mati lampu atau internet sendiri down yah kacau deh tau sendiri kan kualitas koneksi internet di indonesia tapi lebih baik sewa VPS

     
  9. Imam

    mas @eko didik widianto IP Public bisa didapatkan jika kita langganan Internet Dedicated (lease line), speedy juga bisa, atau kita menyeba (beli) IP dari APNIC / APJII.

     
  10. saeful

    wah ide bikin server itu sangat 3333X bagus…saya juga sedang mencoba membuat server sendiri..tapi pengetahuan saya terbatas..maklum masih ijo tapi keinginan saya jauh melampaui kemampuan saya…mohon step by step aja yach…….salam….

     
  11. jaenal

    sy adalah seorang guru d sebuah sma negeri. kemarin kepala sekolah menyuruh saya membangun hosting di sekolah. kami sudah py kom server xeon yg siap nyala 24 jam aksese internet 24 jam jg. kami memiliki web yg di buat dengan asp dan php artinya web servernya iis dan apache. Bagaimana cara membuat nya pa? kita menggunakan win 2008 server. mohon di jelaskan secara gamblang. trima kasih sebelumnya. klau bisa kirim ke email sy

     
  12. Syarif Winata

    halo mas… EHCP udah saya jalankan di ubuntu lucid, keren mas… thanks atas infonya. ini saya gunakan untuk siswa sebagai simulasi hosting, artinya mereka tidak butuh biaya untuk hostingnya dengan harapan mereka paham apa tujuan hosting sebuah website. Server yang saya gunakan cuma komputer nganggur P4 dengan RAM 256Mb, plus HDD 40GB.

    Thanks ya infonya. Sukses selalu untuk anda

     
  13. admin

    @nirleka Secara Umum :
    1. Sebuah Komputer /Server, –> Speks bisa Pilih sesuai “kantong yg ada”
    2. Akses Internet 24 jam dan IP address Public –> Bandwith sesuai kebutuhan
    3. Sistem Operasi + Software untuk Manajamen Hosting, misal Cpanel. EHCP, IspConfig, Webmin, dll.
    4. Instalasi & Konfigurasi
    5. ruang Server, UPS, dll.

    Biaya rutin nantinya :
    1. Biaya Pemeliharaan
    2. Biaya listrik
    3. Biaya Bulanan Internet

     
  14. gantex

    info bagus, sekedar info aja, buat yang lagi cari hosting gratis ke web saya aja, unlimited + cpanel 11 full feature, gratis untuk 10 org aja.

     
  15. gale

    Untuk server hosting sendiri di rumah kebutuhan bandwith minimum yang efisien berapa pak?

    Saya sudah ada server hosting sendiri dengan ubuntu 8.10 tanpa control panel.
    Digunakan untuk 4 buah website untuk keperluan webreport server pulsa, yang lumayan ramai trafiknya.

    Saat ini saya pakai koneksi 256kbps 1:4 dari ISP yg terhubung ke IIX. Kalau di speedtest uplink bisa sampai 384 kbps.

    Apakah ini mencukupi? Karena selama ini memang belum ada protes dari agen2 pulsa saya untuk membuka webreportnya. Kecuali saat listrik mati malam hari aja..( karena pekewuh sama tetangga kalau menyalakan genset di malam hari)

     
  16. igos

    Mas.. tolong jelaskan lebih gamblang tentang cara buat server sendiri,, soale di kantor saya mw buat sever sendiri… trus kira2 brapa budget yg dibutuhkan,,, tolong pencerahnna y… kirim ke email saya aja.. makasi.. :)

     
  17. imam

    @arso: Trafik gede berakibat 2 hal :
    1. Butuh jalur data Besar (BW Internet /IIX) gede.
    2. Kemampuan Server, karena Kerja prosesor jadi semakin berat.

    Seberapa Besar trafik-nya?

     
  18. putra

    pengen lebih jls, apa jaya mas yg dibutuhkan buat seper hosting ama penjabaran prlengkapannya dan jgn lpa biaya terkecilnya brpya??????tks sebelumnya mas……

     
  19. putra

    tolong yamas krn sy hobi tekhnologi tpi ngakda yg pandu sy..klu ms mau pandu sy trims banget ms…kirim ke mail sy yamas se x lgi sy capkan ribuan makasiyamas…

     
  20. farhan

    mas saya butuh banget setep by step cara membangun hostingnya,,,,maklum saya masih newbie,,,tapi saya pengen banget buat hosting,,,tolong diemail infonya mas,,,trmksh sebelumnya semoga Allah SWT membalas kebaekan mas,,,,

     
  21. oktavian

    kenapa orang luar negri bisa buat sendiri dengan murah tapi kita tidak…………itu tantangan aku suka itu………bisa bantu beri tutorial tentang komponen dan langkah2nya yang harus dibuat….please tolong dong..

     
  22. rendy

    mas bisa kirimin ke email ku juga gak ttg perlengkapan dan budget utk buat server hosting sendiri…beserta langkah2 nya juga ya mas…aku kerja di sebuah lembaga pendidikan yg memiliki 3 cabang diluar daerah yg berbeda.jadi kami mo buat web untuk input transaksi siswa online.jadi pusat bisa pantau terus pendapatan yg ada.nah untuk server sendiri kami punya P4 dan dualcore.pake paket internet warnet dari speedy. jam online hanya dari pagi ampe jam 10 malam.nah kira2 untuk hal seperti ini bagusnya perlengkapan nya gimana?trus membangun sistem security nya handal gimana? trims sebelumnya….mohon bgt pencerahannya

     
  23. Pandu

    Mas saya juga pengen coba buat hosting sendiri, mohon kirim langkah-langkahnya ke e-mail saya, thanks

     
  24. imam

    Kapasitas RAM bs dimaksimal-kan.. saya blm tauh hitunggnya.
    Namun berdasarkan praktek, sebuah server dg lebih dari 2000/hari masih bisa menggunakan RAM 2GB.
    Bahkan penggunaan tdk sampai 1 GB dan BW internet < 1 Mbs.

    Alakah baiknya RAM dan koneksi Besar, krn akses akan lebih cepat.

     
  25. Bimantoro

    Bravo Mas.
    Saya mo minta tlong krn sy jg termasuk gaptek banget ama yg namanya internet. Pa lg yg namanya bikin hosting. Pdhal kerja sy da hubungannya dengan informasi. Saya pingin banget bisa bikin hosting sendiri. Kalo mas berkenan sy mohon dikirimin tutorial lengkap ttg bikin web hosting sendiri ke email sya. Sebelumnya ucapan terima kasih buat mas. Bravo Indonesia

     
  26. Achang

    Saya nih pengen banget bikin hosting di PC sendiri. saya udah instal xampp + joomla dan punya modem. udah tau no IP publik. Gimana caranya Pak? Apa nama domain harus dibeli? Mohon dikelaskan selengkapnya lewat email. I am in Makassar and very interesting about building my server. Thank you. WindowsXP-32.

     
  27. kun

    artikelnya menarik & bermanfaat. Tolong tutorial untuk hosting di server sendiri dapat dikirim ke email sy karena tertarik ingin mencobanya. trims sebelumnya.

     
  28. Pingback: IP Public??? «

  29. Pingback: Cara mudah mendapatka IP Public | ILMU TEKNOLOGI INFORMASI

  30. sony

    Mas,saya kerja di bidang akademik suatu kampus… saya minta saran nya enakan pake jasa sewa hosting atau pakai server sendiri? soalnya data nilai mahasiswa saya sebagaian besar online ke website… lalu butuh modal berapa klo server sendiri? terus syarat nya apa aja.. mohon di balas mas di email saya,terima kasih

     
  31. mifta

    Terimakasih mas infonya. saya juga berniat untuk membuat sendiri server untuk kebutuhan sekolah. Mohon kirim juga tutorial lengkapnya ke email saya. Terimakasih.
    Salam,

     
  32. Pingback: 10 Software Web Hosting Control Panel Yang Gratis « .:.Muhammad Padil.:.

  33. Pingback: Antara Mengelola Hosting sendiri dan Menggunakan Jasa Hosting « .:.Muhammad Padil.:.

  34. gantex

    Sebenarnya buat hosting sendiri mudah ko, cuma butuh waktu luang saja untuk rebuild semua yg dibutuhkan, ini salah satu hosting saya sendiri,( gantex-webserver.wow64.net ),server ini sudah berjalan hampir 3 tahun, dan its OK, cuma tinggal perbaikan di segi security aja.. :), untuk saat ini tinggal filtering ip blacklist saja.

    salah satu yang ada di host saya,( sman2slawi.sch.id ) menggunakan(VPS) jadi ini owner. dan untuk CLOUD server saya baru saya rebuild dilocal saja, karena masih butuh perbaikan ..

    Tertarik ?? :)

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *