10 Tips memilih nama Domain yang Tepat

Siapa yang belum punya nama domain (internet) atau Website sendiri? Website dibangun dengan dasar sebuah Nama Domain. Jika belum, Mungkin sudah saatnya ada berfikir untuk segera memiliki website dengan sebuah atau beberapa domain, terutama bagi anda memang “nekat” bergelut dalam bidang IT. Terlebih lagi bagi anda yang “lebih nekeat” ingin terjun dalam Bisnis Online Internet. Menurut data yang saya dapatkan dari Netcraft, jumlah Domain (website) saat ini tercatat lebih dari 234 Milyar, Saya tidak akan menyampaikan bagaimana cara membuat web (terutama bagi pemula) namun hanya akan berbagi bagaimana memilih nama domain yang tepat.Membuat Nama domain yang tepat, menarikΒ  dan mudah diingat memang gampang-gampang sudah. Bagimana Tips memilih Nama domain yang pas menurut saya :

  1. Beli Domain untuk Apa? Nama domain perlu disesuaikan dengan “Rencana dan Tujuan” kita membuat Website. Misalkan memlilih Nama Domain untuk Web untuk Toko Online, Personal Blog, atau untuk Perusahaan yang sudah ada tentu berbeda IDE-nya.
  2. Pilihan TLD (Top Level Domain) atau ccTLD (country code Top Level Domain)? TLD merupakan domain kelas atas seperti .COM .NET .ORG .INFO dll. Sedangkan ccTLD merupakan domain Level Atas, namun berbasis pada suatu kode Negara, misal .ID untuk Indonesia bisa menggunakan .OR.ID, WEB.ID, NET.ID, CO.ID, dll.
  3. Mudah diingat dan Singkat, Apapun pilihan anda (TLD atau ccTLD) Sebaiknya nama domain tidak terlalu panjang dan mudah diingat. Namun umunya domain dengan nama Pendek sudah di borong orang terlebih dahulu.
  4. Domain adalah Sewa (tahunan) jadi Harga sewa domain mungkin perlu anda pertimbangkan?
  5. Domain Gratis atau Bayar? Berbayar tentu akan terlihat lebih profesional, Namun tidak semua domain Berbayar ada domain type ccTLD yang Gratis (1 tahun) seperti .co.cc.
  6. Generator Domain. Jika memang anda baru tidak ada ide, tidak salah jika menggunakan Domain Generator yanga akan mencarikan domain dengan nama yang “mudah diingat”
  7. Domain Suggestion. Cara yang lain anda bisa menggunakan Tool Gratis seperti Domain Name Suggestions yang bisa memberikan alternatif Domain yang “menarik”
  8. Mis-spellings dan Mis-typings Domain. Ada kalanya bisa memilih domain dengan mengharap orang salah ketik yang dikenal dengan Type Domain atau Mistype bisa coba cek dengan Tool Domain-Typo. Misalkan untuk melindungi Produk anda, semua domain yang kemungkinan salah ketik dibeli semua.
  9. Pilih atau Kombinasikan Langkah 1 -7
  10. Cek Domain TLD Sekarang Disini

Disini tidak dibahas Panduan teknis membeli domain, Jika anda membutuhkan panduan teknis, saya rasa Tutorial Bisnis Online Internet yang dikemas secara rapi ini cocok bagi anda, anda bisa mendaftar untuk membaca-nya. πŸ™‚

11 comments

  1. @Irwan Bisa,
    Jika web blm terlalu kompleks copy isi webnya ke domain yg baru. Tp biasanya perlu sesuaikan parameter”nya. Asal domain dan hosting sudah ada, bisa dikerjakan. πŸ™‚

  2. hehehe…..domain saya ngaco pak yg pertama kali saya beli
    nggak masuk ama ide web nya tapi tetep saya pertahankan
    pak imam tau yg mana kan
    kalo yg ke-2 udah lumayan
    maklum dulu pertama masih coba2

  3. hahaha……iya pak harta karun πŸ˜›
    soalnya udah dari pertama pake domain itu sejak hosting gratisan
    sekarang masih ada yg buat latihan cuma domain co.cc tapi namanya sama πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.