Cara Membuat Link Wifi untuk Jarak jauh

Saya ada sebuah pertanyaan tentang Jaringan WiFi dari mas Bagoes lewat jejaring FB, mungkin lebih baik jawabnya saya share-kan disini saja. Pertanyaannya kurang lebih seperti ini : “Klo saya masang Antena WiFi dan saya mau ngincer area hotspot dalam jangkauan 20km bisa tidak ya? Dan Kalau dari tempat saya menuju area hotspot tidak terhalang (LoS) tapi Antena WiFi yang di pasang di tempat hotspot tersebut tidak tinggi dalam artian di pasang di atas genteng. Apa saya bisa menjangkau sinyal WiFi nya?” Jawabnya bisa Iya, bisa tidak, kerana ada hal-hal teknis yang perlu diperhatikan. Supaya lebih bermanfaat saya share-kan pengetahuan yang saya miliki disini.Sebuah record WiFi link yang saya ketahu bisa mencapai jarak 304 Km *), namun hal tersebut tidak dapat dengan mudah dicapai ada analisa dan perhitungan serta penggunaan WiFi dan antena yang sesuai. Ada beberapa hal yang harus diketahui :

  1. Sebuah Access point (perangkat WiFi) mempuyai Daya yang beraneka mulai kurang dari 100 mWatt dan hingga lebih dari 1000 mWatt. Umumnya perangkat WiFi mempuyai daya 200 – 600 mWatt. Anda bisa lihat spesifikasi detail sebelum anda membeli WiFi. Ada perangkat WiFi yang tidak menuangkan daya dalam dB (Desibell) tidak mWatt, untuk konversi anda bisa memanfaatkan Konversi dB ke mWatt *). Misalnya 600 mWatt akan setara dengan 27.78 dB.
  2. Dengan daya yang besar, secara umum daya akan terpancar relatif lebih jauh. Namun ingat di WiFi adalah band ISM, ada daya maksimal yang diperbolehkan, lebih detai bisa dilihat di EIRP.
  3. Sinyal WiFi menggunakan gelombang Mikro yang secara teori bisa maksimal jika merambat lurus tanpa halangan (LOS / line of Sight).
  4. Untuk mengarahkan pancaran WiFi anda berbagai jenis antena yang bisa digunakan, antena bawaan pada wifi (indoor) umumnya adalah anten Omni directional dengan gain kecil (gain diukur dalam dBm). Antena jenis lain adalaha antena pengarah, parabolik, sectoral, kaleng, dll. Yang mempunyai pola arahan sendiri-sendiri, sehingga misal kita tidak berada pada area yang “terarah oleh Antena” kemungkinan kita tidak akan menerima sinyak yang bagus, meskipun jaraknya jauh. dan sebaliknya, bisa jadi jarak yang jauh malah mendapatkan sinyal lebih bagus karena sesuai arah antenna.
  5. Hal yang lain, WiFi menggunakan frekuensi bebas (band ISM), sehingga akan banyak sinyal-sinyal Wifi yang mempunyai frekuensi (kanal yang sama). hal ini bisa jadi mengakibatkan terjadinya interferensi yang merusak akan menurunkan, atau saling mengganggu WiFi. perlu dilakukan survey untuk pemilihan kanal yang tepat. Kanal yang ada adalah 1-13 (di Indonesia setahu saya yang di ijikan hanya 1 – 11). Beda negara beda regulasi.
  6. Pada WiFi link jarak perbedaan pengarahan beberapa derajat saja mungkin bisa jadi menghilangkan atau menurunkan kualitas sinyal, oleh karena itu biasanya Antena WiFi terpasang pada tower yang permanen untuk mengurangi pergeseran yang tidak diharapkan.

Kembali ke pertanyaan diatas, mungkin saya coba ulas menurut pendapat dan pengalaman sedikit yang saya punya Jarak 20 Km relatif masih terjangkau oleh WiFi namun sudah mulai pada tingkatan sangat kritis dan ada pertanyaan yang mungkin perlu dicari tahu :

  1. Apakah daya WiFi cukup besar atau standar misalnya 400 atau 600 mWatt atau lebih, jika kurang mungkin agak susah.
  2. Apakah antena mengarah ke lokasi anda, jika iya ada kemungkinan bisa namun anda perlu menggunakan antenna seperti Grid, Solid Disk supaya daya lebih terfokus.
  3. Hal-hal tersebut diatas adalah pertimbangan teknis, Jawaban yang pasti adalah anda perlu melakukan survey sendiri untuk memastikan, mungkin bisa jadi anda akan mendapatkan sinyal tersebut meski dengan tidak sekali mencoba. Kalau anda yakin itu LOS ada harapan besar anda bisa terkoneksi dengan pertimbangan hal-hal diatas.

Antena Parabola TV yang di Modifikasi untuk WiFi

Update : 17 Februari 2010 :

Revisi, record Link WiFi terjauh yang saya ketahu adalah sejauh 382 Km, dipresentasikan pada 18 Mei 2007, Project ini didanai oleh ICA-IDRC. http://www.eslared.org.ve/english.htm

Update 12 April 2010 : Gambaran Diagram  link Wireless jarak-jauh bagi Pemula dan Perangkat yang dibutuhkan, silahkan request via Komentar dibawah ini.  Akan saya Kirimkan ke email anda.

Update 19 April 2010 : contoh peralatan yang dibutuhkan bisa dilihat di gambar berikut ini : Link dengan WiFi Membangun Link WiFi Internet Jarak Jauh

Update 21 September 2010

Berikut contoh Antena WiFi yang saya gunakan untuk Jarak jauh. Antena ini cukup bagus dengan harga yang sesuai dengan Kualitasnya. Nama Antena ini adalah Antena Solid Disk dengan merk Hyperlink dengan gain 27dBi dan bekerja pada WiFi 802.11a atau Pada Frekuensi sekitar 5 Ghz ( 5150 -5850 Mhz)

Antena Solid Disk 27 dBi (Parabola) untuk WiFi 5Ghz

 2009 Imam [at] Jogja

Mohon maaf Komnetar di Tulisan ini saya tutup karena sudah terlalu panjang, anda bisa melajutkan membaca dan  berkomentar di Lanjutan Tulisan ini di Cara Membuat Link Wifi untuk Jarak jauh (bagian 2)

Notes :

Update : 29 Oktober 2012

Sebuah Komentar dari Mas Bagus di NTT, bagus.****@gmail.com :  “Saya sudah mencoba dan sukses,wifi 2.4ghz jarak 47km di NTT, oktober 2012, pakai ant grid, mikrotik radio 30b, 1000mwatt

Pencarian terkait Tulisan ini :

cara membuat antena wifi, cara membuat antena wifi jarak jauh, antena wifi jarak jauh, wifi jarak jauh

264 Responses to“Cara Membuat Link Wifi untuk Jarak jauh”

  1. February 17, 2010 at 4:22 pm #

    nice info….tp kyknya susah jg buat dipraktekin..he..he..

  2. February 17, 2010 at 4:48 pm #

    Mas Irawan cepet banget smpe TKP-nya.
    Bisa diparktekin asal ada “Ubo rampene” kata orang jawa.

    Masukdnya pernah pernik dan perangkatnya ada.. Kakyanya sya juga pingin banget bisa nyoba WiFi jauh link untuk support internet ke pedalaman..

  3. March 21, 2010 at 6:40 pm #

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    Hermwan
    (022)7780367, 085220144433
    email : phermawan_66 [at] yahoo.co.id

  4. March 21, 2010 at 9:10 pm #

    @Hermawan, wa alaikum salam. Tanggapan saya kirim via email. semoga bermanfaat. Trims

  5. akhlis
    March 23, 2010 at 8:00 am #

    yang di emailkan ke mas hermawan… kirimkan ke email saya juga dong… ga adil thoooo….
    nasib saya lebih menyedihkan, soalnya aku tinggal di pedalaman sul-sel… disini ga ada speedy (adanya cuman sepeda OnThel)…. kami pakai VSAT dari 3g-net yang cepaaatt… kaya bekicot (ups..)
    ditunggu yha…
    email : akhlisalwayssmile [at] gmail.com ata embohh[at]gmail.com

  6. edoe
    March 26, 2010 at 7:11 pm #

    Pak saya juga mau dong peralatan dan setingan yan gdi perlukan untuk link 20 km, toloing kirim ke email saya ya pak… makasih

  7. Usep Sukmawan
    April 8, 2010 at 12:44 am #

    Ass. Wr. Wb.
    Setelah sana sini akhirnya ketemu sama kang mas, salam kenal dari orang ciamis, mohon bantuannya mas saya dulu penggemar radio IC2N, skarang mau ngerintis sama teman-teman (penggemar radio IC2N juga) untuk membuat hotspot. jaraknya 20km ke pusat kota, daerahnya agak berbukit. Apa saja yang diperlukan untuk pembuatan hotspot tersebut?
    Wasalam

  8. April 8, 2010 at 2:04 am #

    Salam kenal Kang Asep saya juga pernah pake 2m band cm gak bgt aktip (dan gak pnya call sign) :)
    Apa yg diperlukan untuk Hostpot, jaraknta jauh?
    1. Ada Koneksi Internet (yg dipusat kota itu yah)
    2. Link Pusat Kota ke daerah
    3. Radio Access Point yg dpasang di Dareah anda.

    Lebih detail saya emailkan

  9. April 12, 2010 at 1:15 am #

    @akhlis saya email sedikit gambaran, mkin bisa di jd masuk di Folder SPAM :)

  10. cpu
    April 21, 2010 at 9:16 pm #

    aku juga sama seperti temen2 yg lain, cara membuat antena hotspot menjadi jarak tempuhnya berkilo2.
    thanks sesudah dan sebelumnya.

  11. April 21, 2010 at 10:51 pm #

    @cpu
    Untuk jarak bbrp kilo saya sarankan menggunakan antena yg parabolik /Grid, supaya gain bisa tinggi.
    Klau mau “ngoprek” bisa coba pake antena Parabola, mkin yg model kecil. Gede jg gpp tp kin susah masang jd vertkalnya
    (kayak di gambar)

  12. ericks selud
    June 21, 2010 at 4:38 pm #

    salam kenal semua……..
    aqu jg mau dong di kirimin e-mail cara2 atau perangkat2 yg di butuhkan buat nyambung ke hotspot…..

  13. ericks selud
    June 21, 2010 at 4:39 pm #

    maaf ke tinggalan alamat e-mailnya ini mail_ericks@yahoo.co.id

  14. June 21, 2010 at 5:58 pm #

    MAs @erics Update 19 April 2010 : contoh peralatan yang dibutuhkan bisa dilihat di gambar berikut ini : Link dengan WiFi Membangun Link WiFi Internet Jarak Jauh
    http://imm.web.id/wp-content/uploads/2010/02/Membangun-Link-WiFi-Internet-Jarak-Jauh.pdf

  15. ARIF
    August 24, 2010 at 1:06 am #

    Mas,tolong dong dikirim ke email saya ariefnet.arief17@gmail.com mengenai gambaran diagram link wireless jarak jauh dan perangkat yang dibutuhkan.Mohon bantuannya,ya Mas.THANX

  16. adit tyo
    September 14, 2010 at 10:34 pm #

    yoi bos..
    aku juga tertarik buat antena segitu jaraknya..
    kiri referensinya ya bos…
    thanks sebelumnya..

    alamt email ku : adit***@yahoo.co.id
    thanks eo..

  17. triyantho
    September 15, 2010 at 11:46 am #

    salam kenal mas,
    aqu jg mau dong di kirimin e-mail cara2 atau perangkat2 yg di butuhkan buat nyambung ke hotspot…..
    trim”s

  18. singgih
    September 28, 2010 at 9:49 am #

    Mas,saya di Kalimantan sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat jaringan dan/atau dengan koneksi speedy yang ada di rumah, apa saja peralatan (hardware-software) yang harus saya sediakan dan bagaimana cara settingannya serta kira-2 berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya. (Mas tolong banget jawaban juga di e-mail ke: singgih****@yahoo.com)

    terimakasih,
    singgih

    Jawaban saya email ke mas Sigit, mohon cek di Bulk/spam jika tidak ada di INBOX

  19. November 8, 2010 at 9:52 pm #

    saya tertarik untuk membuat dan memilkinya. tapi, mas bisa gak posting anggaran biaya yang harus dikeluarkan. terima kasih

  20. dadang
    November 22, 2010 at 12:44 am #

    Mas.. tolong kirim ke email saya juga ya…
    yang ingin saya tanyakan sama seperti mas singgih.
    terima kasih…

  21. tong
    November 22, 2010 at 7:04 pm #

    mas aku minta kirimin juga pertanyaan sama

  22. November 23, 2010 at 3:26 pm #

    @tong: baik mas, saya email. Mohon di cek.

  23. November 26, 2010 at 2:28 am #

    Saya mau tanya, kalau jarak hanya 3 km dari area free hotspot supaya biaya minim tapi hasil maks peralatan apa saja yang dibutuhkan? Thank infonya..

  24. agung
    November 28, 2010 at 6:57 pm #

    tolong dong.kepingin juga untuk informasi wifi jarak jauh

  25. November 28, 2010 at 9:34 pm #

    Sudah di emial mas, Mohon di CEK. :)

  26. ei keren
    December 11, 2010 at 10:04 pm #

    assalamuallaikum.
    sebelumnya mohon maaf, sy mau tanya di rumah saya pakai speedy exekutif yang 2mbps, saya ingin shared ke sekeliling lingkungan rumah 15 user, kurang lebih jaraknya 100m bisa ga klo menggunakan wi-fi, dan kalau bisa menggunakan yang jenis apa….

    makasih.

  27. December 11, 2010 at 10:51 pm #

    @ei keren:
    Bisa, AP langung di hubungkan ke Modem.
    namun passowd/ proteksi sama (share).
    jawaban saya emailkan ya mas.

  28. pram
    January 8, 2011 at 10:00 am #

    mas, sy ingin menshare speedy tanpa server/komputer, bisa gak ya. bisa tlg kirim email tutorialnya. mksh.

  29. January 8, 2011 at 12:50 pm #

    @pram: Bisa pake Swucth/Hub, Wifi AP, Wifi+Router atau Routerboard. Secara detail saya Email yah mas..

  30. January 13, 2011 at 2:52 pm #

    @pram: Secara khusus saya beluma da mas.. Cuma Konsep diatas bisa menjelaskan. Prisipnya pake WiFi dan Antenna yang sesuai.
    Jika butuh bantuan survey dan aplikasi bisa kontak saya :)

  31. adelojer
    February 10, 2011 at 10:26 am #

    wuuss… muantap salam knl semuanya, mas kirim juga duong informasi wifi jarak jauhnya kebetulan sy punya antena parabola yg nganggur.

  32. ute
    February 11, 2011 at 4:43 am #

    Artikel bagus mas, saya butuh bantuan soal tutorial atau pun diagram yang di maksud di atas, email saya ncupz[at]hotmail.com

    Kronologis :
    Saya mahasiswa teknis sipil dan kos, jarak kost’an saya kurang lebih 700 m ke hotspot kampus saya. pertanyaannya bisakah saya akses hotspot tersebut mengingat jauhnya jarak, dan apakah bisa jika tanpa hardware wifi jika pake CPU biasa, laptop juga ada si.

    soal info tutorialnya di bahas dalam bahasa harfiah aja mas kalo bisa karena saya bukan org IT yang ngerti istilah sehubungan dengan hal di atas dan tolong di kirim diagram versi sederhana saja..hehee

    sebelumnya terima kasih.

  33. February 13, 2011 at 12:08 am #

    parabola bisa di cari titik fokusnya dikombinasikan dg Antena Kaleng (Wifi USB) atau Access Point
    @adelojer
    @ute : perlu dilihat dulu apakah Wifi Kampus ada di Luar (ourdoor)? jika ya kemungkinan bisa diterima dg USB Wifi+WajanBolik jika Los. Atau Accepoint + Antena Grid.
    Jika WiFi Kampus indoor, kecil kemungkinan bisa diterima dari jarak 700-an meter (apalagi terhalang /tidal LOS).

  34. hadi
    February 16, 2011 at 3:40 pm #

    Skrg kan ada Software WiFree. yang katannya bisa utk akses ke Free Hotspot (ex.Hotel, Pelabuhan Udara). Yang jadi pertanyaan, [1]Settingnya untuk Software WiFree bgm mas? [2]Apa memang bisa ? Mohon pencerahannya.

    Salam kenal dari saya,
    Hadi

  35. Harry
    February 17, 2011 at 2:49 pm #

    aku jug amau mas, dikabarin ke email saya.

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    08191545****
    email : ant*******@yahoo.co.id

  36. Andinaell
    February 24, 2011 at 11:34 am #

    Assalamu’alaikum.,

    salam kenal mas.,
    ane mo nanya niih.,
    paman ane mo bkin warnet yang lumayan jauh dari kota., kira” 20km gitu., dan tempat ane G d’laluin ma jaringan telf.,
    rencana’y mo make speedy., udah nanya d’plasa., kta’y biaya bkin tower’y aja butuh dana 3jt.,
    kira – kira solusi yang pas buat budget yg minim dan gimana yah.,??
    mohon jawaban’y.,
    Syukron Katsir.,
    Jazakallohu khoiron katsir.,
    email: andinaell@ymail.com

  37. February 26, 2011 at 12:22 pm #

    yah.. tetep aja harus pakai tower. Tapi kalo mau pakai speedy ya mesti dana harus besar untuk bulanannya. Kalo mau agak ngirit harus cari provider wireless terdekat, kalo hanya 20km masih bisa, saya pernah bantu teman pasang dengan jarak 30km sinyal juga bagus tp tower harus tinggi.

  38. February 26, 2011 at 12:56 pm #

    @NANO tuh ams 30 km pake perangkat apa mas?
    dah tahan berapa lama?

  39. March 9, 2011 at 8:34 pm #

    Mau juga ah triknya, bisa dibisikin ke email saya ya Mas? Trim’s dulu deh atas kesediaannya, hehe!

  40. Andi
    March 10, 2011 at 8:22 am #

    Assalamualaikum…saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom,saya tunggu konfirmasinya mas kalau bisa sama hitung2 biayanya sekitar berapa. Trims

  41. March 10, 2011 at 10:20 pm #

    Mlm mas..maaf mas kebetulan saya dan temen saya mau buat hotspot radius 3km, bisa di krimin lewat Email mas alat2 yg pas yg diperlukan serta skema pemasanganNya.
    Makasih sebelumnya.
    rafcycell@gmail.com

  42. March 10, 2011 at 10:50 pm #

    Mas @Elhadiry @Andi @Rastanz jawaban saya email, mOhon bisa di cek. Trims

  43. fariz
    March 22, 2011 at 10:12 pm #

    Assalamualaikum…pak saya mau tanya
    bahan-bahan apa saja yg bsa membuat antena kaleng ya pak
    dan gimana cara membuatnya
    tolong saya dberikan informasinya pak.

    trima kasih

  44. March 23, 2011 at 6:07 pm #

    @fariz: saya balas via Email mas, trims

  45. oejank
    March 28, 2011 at 11:31 am #

    Assalamualikum,
    mas saya mau buka warnet ke 2 jaraknya sktar 17 Km, dari warnet 1, tp blm ada jalur telkomnya…kira” kalo share dri warnet 1 kira” bisa ga..trus peralatannya apa aja…
    Saya sangat menunggu informasinyakalo bisa via email
    Terimakasih.
    oejank
    email : aujank212@gmail.com

  46. March 28, 2011 at 6:46 pm #

    Mas @oejank jawaban saya email.

  47. gesang
    April 4, 2011 at 1:42 am #

    kalau mau pesan aja gimana pak?
    posisi saya 7 kilo dari hotspot pusat kota
    dan saya sudah punya parabolanya

  48. Heru Supriyanto
    April 5, 2011 at 3:36 pm #

    mohon pencerahan, saya buat antena wifi bekas astro tinggi antena 7 m, tapi untuk tembak hotspot yg jaraknya 4 km kenapa nggak bisa saya pakai usb wifi tp-link- tl- wn422g dan kebel usb 10 m apa ada yg salah, mohon pencerahan.

    makasih

  49. April 5, 2011 at 4:07 pm #

    @gesang: Silahkan email saya pak, saya yg parabola model diatas tidak jual. Tp perangkat networking yg “bermerk” ada.

    @HeruSupriyanto: 4 km jarak yang jauh mas, mkin klu pake USB WiFi gak nyampe. Kecualai LOS dan Parabola wifinya (pas & sensitif).

  50. Heru Supriyanto
    April 5, 2011 at 4:44 pm #

    usb wifinya mesti diganti apa

  51. April 5, 2011 at 6:55 pm #

    @Heru Supriyanto: Untuk jarak jauh (4km termasuk jauh) ada banyak faktor yg mesti diamati. antara lain :
    1. Apakah Antena Wifi berada di luar (tower)?
    2. Apakah Antena WiFi mengarah ke arah kita?
    3. Pada jarak jauh membutuhkan tingkat ke presisian arah yang tepat. sebaiknya antena Astronya di cek untuk survey sekitar apakah berfungsi baik?
    4. Bisa coba gunakan WiFi access point, untuk memfokuskan antena parabolik. digunakan Feed Horn.

  52. Heru Supriyanto
    April 5, 2011 at 10:12 pm #

    untuk antena hotspot berada di luar tapi tidak pakai tower ( hanya untuk lingkungan kurang lebih jaraknya hanya 20-30 meter aja dan antena tidak mengarah ke kita, antena saya tinggi 7 meter pakai pipa 1″ untuk nangkap wifi sekitar walau antena astro tidak mengarah ke lokasi wifi sekitar masih bisa nangkap 4 hotspot dg kualitas 40 – 60 % kalau usb wifinya diganti dg wifi acces point pakai merk & typenya seperi apa karena banyak merk dan typenya, maklum saya nggak ngerti masalah seperti ini dan saya baru nyoba sekali ini

  53. April 5, 2011 at 10:52 pm #

    @Heru:
    Saya lihat bpk tidak menggunakan antena tambahan di WiFi Kntr?
    Saya rasa kemungkinan kecil bisa sampe rmh (4km) apalagi Antena WiFi Kantor tidak terlihat dari Tower di rmh.

    Saya rasa seblum exxperimen dg yg di rmh, bpk pastikan dulu :
    – Sinyal WIFi bisa menyebar dg bagus
    – Klu memang ingin di tembak dari rumah, gunakan Antena Pengarah di Kedua sisi
    – LoS Terpenuhi.
    – Daya WiFi di kedua Sisi cukup Kuat (tidak semua WiFi berdaya besar). Wifi daya kecil mungkin hanay bisa diterima beberapa puluh meter saja.

  54. April 11, 2011 at 11:00 pm #

    mau nanya, gimana caranya mengecek winbox lewat server lain alias mengecek jarak jauh… boleh ga’ tuh??? mohon bantuannya

  55. April 14, 2011 at 11:12 am #

    sudah dijawab via email :)

  56. ekanadi ni made
    April 17, 2011 at 9:32 pm #

    salam mas,sy pemakai laptop pertama kali,sy ada masalah dengan jaringan network di rumah.yg ingin sy tanyakan knp gak ada signal di kamar sy yg jaraknya 500m dr wireles,yg posisinya kamar di lantai bawah,alat apa yg hrs sy beli biar bs tangkap signal.yg kebetulan sy berlokasi di spanyol.tolong jawabanya di e mail.salam

  57. yamani
    April 19, 2011 at 6:17 pm #

    Pak imam saya juga mau untuk peralatan yang di perlukan untuk link 20 km makasih

  58. April 20, 2011 at 1:36 am #

    @yamani: sudah dijawab via email, silahkan di cek :)

  59. April 26, 2011 at 12:12 am #

    Posting yang sangat menarik ..memang ini bukan dunia ku , tp semoga aku dapat sesuatu setelah membacanya … wkwkwk

    Resep masakan

  60. April 27, 2011 at 6:16 pm #

    tolong dibantu juga broer, kelengkapan dan RAB nya HS 20km. thx.

  61. May 10, 2011 at 2:43 pm #

    mas tolong krimkan via email cara nangkap signal wifi yang jaraknya sekitar 2-3 kilometer dari tempat saya dan alat-alat apa saja yang digunakan …tolong ya mas kutunggu ni email saya
    madhi_jers@yahoo.co.id

  62. adi suprayogo
    May 18, 2011 at 10:30 pm #

    mas bisa nggak saya ikut menimba ilmu, sekedar untuk mematangkan ilmu saya, pengen banget punya hospot yg bisa menjangkau daerah pedalaman kasian biar mereka bisa menimba informasi kemjuan jaman, dirumah ada speedy tapi nggak tau gimana cara mbuatnya, mohon pencerahannya ke eail saya makasih mas
    admin : saya jwb via email :)

  63. abdul
    May 20, 2011 at 2:59 pm #

    Waahh, ulasan yg sangat menarik, ini yg sy cari2. Tolong pencerahannya mas, ttg alat dan kelengkapannya utk membuat hotspot range 1km. Sementara sy ada router rumahan yg biasa sy pake sbg AP mode, jd bs kirim sinyal wifi serumah, apakah klo antena wifi rumah ini sy buka kemudian sy taruh deket atap, rangenya bs lebih luas? Berapa meter max kabel perpanjangan antena tsb? Terima kasih…sangat ditunggu ulasannya

  64. May 24, 2011 at 4:49 pm #

    Artikel yg di ulas sangat menarik dan saya juga ingin mengaplikasikannya di daerah saya yg termasuk pelosok di prov Jambi kab. Sarolangun,
    kirim ya mas ke yudhagokilabies@yahoo.com

  65. Ramas
    May 24, 2011 at 7:17 pm #

    Cobaaaa…. kalo mas imam rumahnya. deket…
    mungkin tiap hari aku beliin bakso… sambil bikinin aku antena wifi… haha.
    karena jauh…
    yaa… aku cuma minta dikirimin doank donk via email ku.
    boleh kan mas… aku gak ngasih bakso.
    tapi.. pliiiiiisss banget kirim ya via emailku…. aku juga kpingin.

  66. May 24, 2011 at 9:35 pm #

    mas @madhi @adi @abdul @yudha @ramas Semua saya email, silahkan di Cek kembali :)

  67. eky sikill
    June 12, 2011 at 11:33 pm #

    trims atas artikelnya mas…perlengkapan apa saja yg perlu di gunakan untuk menangkap hotspot jarak 2KM,tp terhalang ga LOS.kalau parabola yang sudah ga terpakai sih ada.trims eky_sikill@yahoo.com

  68. June 13, 2011 at 5:23 am #

    @Eki Syarat utamanya Los mas, klu itu tidak terpenuhi akan sangat susah untuk konek. Tp klu tidak Losnya krn pohon”, mkin masih bisa 2km.

    Bisa pakai salah satu :
    – Parabola + WiFi AP
    – Parabola + WiFi Ap + Antenna (untuk Feed)
    – Parabola + WiFi USB (kurang bagus u/ jarak jauh)

  69. s41ful
    June 20, 2011 at 9:45 pm #

    Nanya Om,
    ane pengen buat semacam Hotspot, dgn jarak jangkauan lebih dari 10km, dengan target lebih dr 50 user, alat apa aja yang hrus dipersiapkan..? sedangkan ane pakai alat >> 2.4GHz High Power Wireless Outdoor CPE Model No. TL-WA5210G.

    Mohon pencerahan nya om ke email.

    trimakasih

  70. June 20, 2011 at 10:32 pm #

    Nanya Om, ane pengen buat semacam Hotspot, dgn jarak jangkauan lebih dari 10km
    > Pake Routerboard + Ant Grid/Solid disk untuk point to Point

    dengan target lebih dr 50 user, alat apa …
    > RB yang di Lokasi Remote-nya ditambah card lagi + Antena yg sesuai

  71. tawi
    June 28, 2011 at 8:38 am #

    mas tolong gimana caranya bisa menangkap signal WIFI free yang jaraknya sekitar 20 Km, alat apa saja yang digunakan, terima ksh…

  72. furqan
    July 15, 2011 at 7:53 pm #

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja nam alat2 nya dan brp dana yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.
    > admin : sudah dijawab via Email silahkan cek.

  73. fajri
    July 25, 2011 at 9:13 am #

    makasih ea yng udah ngasih ne ilmu,,
    ne ilmu sngat bermamfaat,,
    tpi saya mao tanya juga ne,,
    qlo s andai’a kta pasng wifi thu dkat bnget ma counter qta pasng wi fi,n qta mnggunakn antena yng kyak d atas juga,,
    pa bsa gak ea,,,

  74. July 25, 2011 at 11:55 am #

    @fajri: Untuk Wifi antena yg umum digunakan adalah Antena Grid /Solid disk untuk (point to point) jarak jauh. Tidak sebesar parabola :)
    Tetap ditarud Diatas biar bisa Los dengan t4 yg akan di konek-kan.

  75. idermawan
    July 29, 2011 at 2:30 pm #

    saya tertarik dengan wifi 20 km. sebelumnya saya sangat berterima kasih atas ilmu yang anda informasikan ini. mungkin bisa dikirimkan ke alamat email saya. terima kasih.

  76. bobby
    August 6, 2011 at 3:44 pm #

    email kesaya juga mas thanks sebelumnya
    bobby_iriawans@yahoo.com

  77. herman
    August 10, 2011 at 11:47 pm #

    mas aku juga pengen tu wifi 20 km tolong mas kirimkan informasi pemasangannya dan pernagkatnya

  78. wayan
    August 16, 2011 at 7:43 pm #

    Permisi. Email ke saya juga dong Mas diagram sama perangkat yg diperlukan untuk wifi jarak jauh ini.terimakasih sebelumnya. wayan.raka@gmail.com

  79. yuri
    August 26, 2011 at 3:32 am #

    saya tinggal di desa,saya mempunyai perngkat komputer,tapi saya kepingin bisa konek internet.setahu saya jarak dari desa saya ke perangkat wifi 7 km.perangkat wifi tersebut milik Perusahaan yg di gratiskan untuk karyawan dalam radius 500 m.mohon bang masukannya bagai mana caranya saya bisa menangkap sinal wifi tersebut.

  80. August 26, 2011 at 5:14 am #

    @Yuri, coa di pelajari/cari tahu dahulu :
    1. Apakah Atenna WiF PT tsb juga menyebar ke segala arah?
    2. Radius 500 yg sudah ada itu, diterima pake apa?

    Krn jaraj 7km termasuk jauh, umumnya untuk kualitas bagus digunakan perangkat Point to Point, kedua sisi menggunakan Perangkat WiFi+Antena Pengarah.

    Klu mau mencoba (pelajari dan dicoba) yang perlu :
    – Tower supaya LOS mkin sktr 25-30 meter (asal tidak kehalang)
    – Radio WiFi Misal Bullet NS2
    – Antena Grid
    – Kabel Antena (perkiraan hrg saya emaiL)

  81. wdcentre
    August 27, 2011 at 12:42 pm #

    Mau tanya n mkasih sbelumnya…saya rencana mo buka warnet tp g ada line telpnya jd hrs dgn p2p dgn kwan sejauh lbhkurng 10 km. yg ingin saya tanyakan perangkat apa saja yang diperlukan yg cukup bgus untuk jrak trsebut, jumlahnya, merek dan jg kisaran harganya. ditmpat tmen saya udah ada tower setinggi lbhkurng 28m dan ditmpat sy jg mau dipsang tower stinggi itu.tlng di bls ke email sy aja.Wassalam….

  82. September 6, 2011 at 2:27 pm #

    assalamu’alaikum kang..
    asya tertarik bgt dgn wafi jarak jauhnya…
    soalnya saya tinggal di daerah yg rawan dgn wifi..
    jarak rumah dgn t4 hotspot krg lebih 20KM..
    apa saja yg harus saya persiapkan?
    mohon pencerahan dari akang…
    maturnuwun

  83. September 9, 2011 at 5:03 pm #

    mas, boleh minta dikirimin juga ya……..mau nyoba ni….setelah saya baca2 saya tertarik

  84. September 14, 2011 at 9:31 am #

    mas boleh juga tu yabg 20km bisikin di email donk????

  85. jhams
    September 14, 2011 at 5:54 pm #

    kirim ke saya jg mas,,smua rincian masalh rt/rw net ini..sy pengen banget bkin warnet,tapi daerah kami gak masuk jalur telp..adanya cuma sinyal gprs dari provider tlkmsel sama xl..kami tinggal di kerinci – jambi yg daerah nya dikelilingi bukit-bukit yang tinggi…mohon solusi dari mas..

    mylordjhams@gmail.com

  86. yaya
    September 19, 2011 at 5:41 pm #

    mas, saya mau buat wifi dari rumah ke sekolah saya, jarak 4 km bagaimana caranya, kasihan sekolah belum ada jaringan intenet. thx..

  87. Ali Shobirin
    September 21, 2011 at 9:12 am #

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    Ali Shobirin
    085866699991
    email : shobirin80@yahoo.com

  88. Bambang Kurniawan
    September 27, 2011 at 1:02 pm #

    mas,minta bantuanya…!di daerahku ada sebuah vila,di situ ada jaringan hotspotnya.tetangga yg berjarak sekitar 100m bisa menikmati fasilitas itu.diluar radius 100m sinyal makin kurang bahkan sinyal tidak terdeteksi (aku sdh tes dgn laptop).sedangkan,rumahku dengan vila itu berjarak 700 meter kondisi terhalang gedung2 kr2 tingginya 7 meteran.Pertanyaan saya:
    – Bagaimana caranya agar bisa menangkap sinyal wifi dari rumahku yg berjarak 700m.
    -alat apa saja yang digunakan?
    -saya punya TP-link USB wifi adapter & antena grid.tp,sdh sy cb naikan pakai tower yg tingginya 7 meter sinyalnya g terdeteksi.klo mau ditinggikan lg,susah bikin USB extendernya krna makin panjang kabel UTP untuk USB,USB makin LOSS & ngedrop.

    kira2 saya harus beli alat apa lagi agar sinyal dari vila itu bisa terdeteksi dari rumah saya.
    sekalian mau tanya,apa perbedanan antara Wifi USB dengan Acces Point karna sy msh awam.
    mohon dibantu ya mas,sebelumnya sy ucapkan terimakasih…
    tlg di kirim ke E-mail saya : cah_playen@ymail.com

  89. akmal
    September 30, 2011 at 11:17 pm #

    saya mau nanya untuk buat wajan bolik yang bisa nangkap wifii 1km harus pakai usb minimal berapa mbps

  90. October 1, 2011 at 11:40 am #

    @akmal : Mbps-nay tdak terlalu berpengaruh, gunakan USB WiFi yang mempunyai daya cukup besar. Lihat Spesifikasi dBm-nya.

  91. irman
    October 4, 2011 at 6:29 pm #

    assalamu’alaikum
    saya dari Dompu NTB, udah pasang hotspot menggunakan antena Omni TP-Link dan 1 buah AP TP-Link outdoor menghadap ke timur,,
    saya mau nanya :
    kenapa jarak jangkau ke timur lebih besar daripada ke arah lain,, padahal katanya bias sinyal antena Omni TP-Link 180 derajat
    apa yang harus saya tambahkan dan berapa biayanya,,
    tolong di kirim ke email saya,,,,terima kasih,,

  92. October 5, 2011 at 3:13 pm #

    waalaikum salam wr wb,
    Antena Omni dipasang normal (tegak) akan menyebar kesegara Arah memutar. 360drajat bukan 180 derajat.
    AP apa yang digunakan, misal TP link 5210. Apakah Setingan di AP sudah menggunakan dibuha ke : Extended Antena?

  93. Andy
    October 5, 2011 at 9:05 pm #

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

  94. Andy
    October 5, 2011 at 9:07 pm #

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    andy
    hp:081993974242
    email: Andi_sugaraputra@yahoo.co.id

  95. October 6, 2011 at 8:16 am #

    jawabsan saya email :
    1. Survey dahulu, apakah mungkin? : http://imm.web.id/2011/09/estimasi-link-wireless-point-to-point-dengan-software/
    2. tentukan tinggi Antena
    3. Pilih Perangkat yang sesuai Detail saya email kan.

  96. boby
    October 8, 2011 at 12:53 pm #

    Assalamualikum, saya tinggal di daerah yang tidak ada jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saudara saya yang jaraknya sekitar 12 km.tp ada penghalang gunung. klo ada antena di atas gunung apa tetap bisa menangkap sinyal wifi? perangkat apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?saya minta skema / gambarnya ya mas
    Saya sangat menunggu informasinya dan kalo boleh saya minta nomor telponya mas, biar saya bisa menjelaskan lebih jauh permasalahan tersebut lebih jelas.
    Terimakasih.

  97. Maz Jon
    October 10, 2011 at 1:46 pm #

    assalamualaikum wr.wb, mas aq tertarik dengan wifi jarak jauh, pertanyaan :
    1. bagaimana cara membangun wifi jarak jauh tsb.
    2. aq punya AirGrid M2(2.4Ghz AirMax 11×14″ Grid antena Feed) aq mo pake ni antena buat nembak hotspot, sementara ini saya coba dulu tuk konek ke rumah kakak jarak 10m( AP Linksys WAP54G, no passwrd), dari info yg aq dpt katanya musti di nonaktifkn fasilitas airmaxy,aq dah login AirOS/192.168.1.20 => ussr/pswrd:ubnt, coz ga tau settingan yg benar jadi aq otak atik sendiri, akhirnya restart lg dan aq g bisa tuk login kembali ke airOS, pertanyaan saya :
    a. bagaimana Cara me-reset airgrid M2 ke setting pabrikan
    b. cara setting airgrid buat konek ke AP yg beda merk (tutorial : mana yg musti di centang, di isi apa dll)
    c. bagaimana cara menyetting AP Linksys WAP54G untuk Bridge. maksud saya saya punya Linksys WAP54G mau saya konek ke AP Kakak(WAP54G) biar sinyal di rumahq lebih kuat,
    mohon kirim jawaban ke email Aq, trima kasih atas bantuanya, wassalamualaikum wr.wb

  98. October 13, 2011 at 10:42 pm #

    Bagaimana cara mendesain blog yang bagus dan mudah disusun html-nya

  99. October 17, 2011 at 8:45 am #

    Bisa minta Gambaran Diagram link Wireless jarak-jauh bagi Pemula? Ini email saya : f_rozaq@ymail.com
    Trims…

  100. Ali
    October 18, 2011 at 8:08 am #

    Assalamualikum, saya tinggal di daerah yang tidak ada jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saudara saya yang jaraknya sekitar 12 km.tp ada penghalang rumah bertingkat. klo ada antena di atas gunung apa tetap bisa menangkap sinyal wifi? perangkat apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya? Bisa minta Gambaran Diagram link Wireless jarak-jauh bagi Pemula? Ini email saya :AliBustommy@gmail.com, trims mas smg sukses slalu

  101. Edo
    October 25, 2011 at 7:04 pm #

    Kalau di daerah pegunungan bisa gak mas…??? Dan kira2 berapaan biayanya mas.., mohon bantuannya mas. Saya sangat tertarik dengan wifi jarak jauh ini mas.

  102. Rian
    October 26, 2011 at 10:29 am #

    selamat pagi mas,
    saya pengen konek ke wifi kantor jarak dari rumah sekitar 300m. tp antena kantor indoor bisa ga ya mas? klo bisa butuh alat apa saja sm biaya brp?

  103. kim
    October 28, 2011 at 10:45 am #

    selamat pagi dan salam kenal mas.
    saya newbi tentang wifi mas, mohon bantuannya, di kantor akan di pasang internet ( astinet ) dulunya sudah di pasang speedy, pengennya bos saya tidak hanya di kantor saja yang bisa internetan di asrama juga harus bisa, jarak antara kantor dan mess kurang lebih 650 meter, dulu sempat saya ikut kan instalasi LAN utk internetnya, tapi masalahnya jaringan itu banyak di pakai orang, di khawatirkan akan di salah gunakan, sempat pake mikrotik, masalahnya, komputer yang di LAN juga kesulitan akses ke komputer lainnya karena harus masukin password juga, mohon bantuannya, kira2 alat apa saja yang di butuhkan utk jaringan wifi agar astinet bisa maksimal, dan mohon di berikan skema atau gambar jaringannya…bisa di kirimkan di …
    terima kasih atas shearing ilmunya mas, semoga barokah buat sampean dan saya, semoga Allah membalas kebaikan sampean dengan sbaik2nya.

  104. October 28, 2011 at 3:37 pm #

    @rian: Perlu di Survey dahulu.
    @kim: Saya kirimkan via email segera yah, bis cek di Spam jika tidak masuk cek “spam yah”

  105. kim
    October 29, 2011 at 11:18 am #

    matur suwun mas,
    satu lagi mas, masuk akal gak kalo konekkan internet dari mikrotik ke kabel telepon trus di konekkan ke modem ADSL trus di sambungkan ke AP….klo masuk akal dan bisa, alat apa yang di butuhkan..utk konverter dari mikrotik ke kabel telepon..dan alat penunjang lainnya….trima kasih mas, btw, kenapa mas g buat forum shearing aja di blog atau di web ini…?

  106. October 29, 2011 at 3:44 pm #

    @kim : Maksudnya kabel telp (isi 2) digunakan sebagai pengganti kabel LAN yah? Bisa, tp mungkin sudah cari konverternya tau hrgnya mahal.
    Saya belm pernh, ini terlalu ribet dan Kecepataanya pasti kurang dari kecepatan LAN.

  107. vendi
    October 30, 2011 at 10:24 pm #

    bos tlgin dong ak dong. tuk membuat hotspot rt/rw. sementara ini jangkauan pancar naik-turun di jarak 200m. aku pake tp-link w8101G dan antena bawaan tp-link masih ori. gmn mas??

  108. October 30, 2011 at 11:10 pm #

    mas kirimin jg dunk ni alamat emailonya

    aku tunggu mas

  109. Juoga
    November 1, 2011 at 10:58 pm #

    Tolong di tanggepin pertanyaan saya mas.

  110. November 2, 2011 at 8:44 am #

    @vendi : Tp link w8101G dayanya cukup kecil. kuarng satbail untuk outdoor. Sebaiknay pake AP > 400mwatt dan Antena Omni (Vezatek/Hyperlink).
    @Ibnu & Juoga: saya jawab via email

  111. ardian
    November 2, 2011 at 1:44 pm #

    mas bro tolong gwe kasih tau cara lengkap pembuatannya utuk WIFI jarak jauh ini dan perlengkapan yg di gunakannya kasih juga berapa anggaran yg di kluarin…. balas ke email

  112. wahyu
    November 3, 2011 at 9:31 pm #

    mas bro gimana cara seting/koneksi wa5210g sebagai accespoint dan wa5110g sebagai repeater? saya coba seting kok gak bisa konek mohon bantuannya.

  113. takgentar2
    November 3, 2011 at 11:08 pm #

    Mas Imam tlg kasih tau antena Antena Solid Disk 27 dBi (Parabola) untuk WiFi 5Ghz itu berapa harganya sekarang + ongkos kirim ke Bireuen – Aceh. Trima kasih mas Imam.

    Admin :
    Sudah diajwab via SMS mas :)

  114. khairusshaleh
    November 5, 2011 at 3:50 pm #

    saya leptop bagaimana cara pasang antena wifi

  115. Rusli Adam
    November 6, 2011 at 7:33 am #

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah saya seperti teman2 lainya, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya,
    utk Hardwarenya saya sudah mempunyai :
    1. Omni Outdoor Antenna OM-R11-07U
    2. Wirelees A.P 300 mbps
    3. Tiang antena Tinggi 10 M
    pertanyaanx, seharusnya saya menyediakan Hardwarex apa?? dan berapa biayanya? Mohon Pencerahannya Pak
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih

  116. malik
    November 7, 2011 at 8:29 am #

    slaam knal mas…
    sy mo membuat hospot..tp sy tinggal d daerah pedesaan yg tdak da jaringan telkomnya..mohon bantuanya..mngnai harga alat dan cara pmasangannya jga mas. tlong krim via email : malikabdu13@yahoo.com

  117. November 7, 2011 at 9:37 am #

    Terima kasih jika berkenan mengirimkan saya “Gambaran Diagram Link Wireless jarak jauh bagi pemula..” saya tunggu informasi dari bapak :) email saya mafatahna@gmail.com
    Terima kasih

  118. dafhlo
    November 9, 2011 at 5:07 pm #

    maaf mas,..saya juga mohon kirimkn refrensi tentang wifi jarak jauh nya,…klo nd kberatan juga biaya yang diperlukan,..terima kasih sebelumny,…email saya :

  119. abdul
    November 12, 2011 at 12:34 am #

    ass.wr.wb
    saya mo buka warnet tapi pake wi-fi sambungan telkom tdk ada bisa ga yach? apa aja barang yang diperlukan, berapa kira2 biayanya?

  120. bujana putra
    November 14, 2011 at 12:37 pm #

    Assalamualikum,saya mau membuka warnet ,tpi permasalahannya saya tiggal di daerah tidak ada telkom,namun yang ada parabola saja ,bagaimna caranya dan apa saja perangkatnya yang dibutuhkan untuk membuatjaringan internet yang berbasis wifi dengan mengunakan parabola tv?

  121. Gn19
    November 15, 2011 at 9:43 pm #

    aku jug amau mas, dikabarin ke email saya.

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    email :

  122. November 16, 2011 at 8:39 am #

    Ass..
    Mas ijin nanya, saya kan mau buat anteana wajanbolic untuk mendapat sinyal wifi yang jaraknya sekitar 300 meter dari router merk TP-LINK TD-W8101G, apakah bisa memakai USB ADAPTER merk TPLink TL-WN422G?? dan apa yang harus diperhatikan sebelum membeli USB ADAPTER yang cocok untuk router diatas dengan jarak 300meter?? mohon dibalsa ya MAS, terimaksih

  123. November 16, 2011 at 9:01 am #

    tolong di bls ya mas imam

  124. November 16, 2011 at 4:02 pm #

    Hi Mas Imam..

    Saya menggunakan speedy dengan modem TP-Link tipe TL-wr741nd bisa gak untuk jarak jauh? soalnya selama ini jangkauannya cuma 3 meter (disekitar area rumah saja)

    Terima kasih

  125. adam
    November 18, 2011 at 6:42 pm #

    saya lupa nihh”’brapa harganya sama pasang siap pakai. tempat yg mau di pasang daerah kepri(batam)

  126. fendy
    November 19, 2011 at 8:21 am #

    kirim ke ane gan…ane pgen coba!

  127. November 20, 2011 at 10:08 pm #

    aku juga dong kirimi email :)

  128. November 21, 2011 at 4:27 pm #

    pak imam, boleh nanya donk..
    bagaimana caranya share internet dari LAN, biar dapat diterusin masuk via wifi laptop. tapi bukan dengan software connectify (krna OS’a XP).

    jadi topologinya..

    GW – LAN – WIFI LAPTOP (sebagai repeater) – LAPTOP/CELL PHONE

    setting apa saja yang harus dilakukan?

    nuwun

  129. edwin
    November 21, 2011 at 11:49 pm #

    aku jug amau pak, dikabarin ke email saya.

    slamat malam pak, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya? jarak yang di rencanakan sekitar 8 km. dan speedy yang mau saka kirim 1 mb.
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

  130. November 22, 2011 at 1:40 am #

    mas @edwin @kinkom @fendy dan dll : saya email, tolong cek emailnya, mkin nyangkut dispam.
    Jika blm ada bisa kontak saya pakai Koemntar/Kontak Form. Trims

  131. Rohmat Sunaryo
    November 23, 2011 at 11:38 am #

    Minta juga dong diagram link nya Wifi 20 km. Penting nih…proyek kantor.

  132. November 24, 2011 at 11:06 am #

    Akhirnya nemu juga artikel yang aku cari. Kalau bisa tolong solusi untuk saya:
    Jarak rumahku dengan antena pemancar WiFi (linksys) kira-kira 200 meter aku pakai USB Wifi BlueLink dan antena Yagi. tapi keterimanya sanagat lemah hingga susah konek ke internetnya. Tolong dong gimana caranya? Makasih banget atas bantuannya.
    Salam.

  133. November 24, 2011 at 11:28 am #

    @Rohmat Sunaryo dan @dodi :
    Saya email, bisa di cek.Semoga bermanfaat :)

  134. iponk
    November 25, 2011 at 1:22 pm #

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

  135. iponk
    November 25, 2011 at 1:24 pm #

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.
    (Iponk)

  136. irawanqueen
    November 27, 2011 at 8:46 pm #

    Assalamualaikum Wr Wb. saya ada proyek pemasangan jaringan wifi, tapi saya masi bingung!!!! yg mana jaringan tersebut mempunyai 3 titik yg akan di kerjakan, yg mana dari jaringan induk akan di bagi lg ke tempat lokasi yg berbeda!! tlg bantuaannya dong, tlg buat anggaran dana dan alat2 yg diperlukan ?

  137. November 28, 2011 at 2:33 pm #

    Irawanqueen, Iponk : jawaban via email, Jika tdk masuk cek di Spam yah.

  138. November 28, 2011 at 2:45 pm #

    mas Irawan salah nulis email, email Mental.
    Waalaikum salam,

    Untuk pembuatan ANggran kami perlu banyak dataantara lain :
    -Lokasi dimana dan titik yg ada.
    -Ketersedian Tower
    -Siapa yg lakukan Instalasi
    -Kebutuhan perangkat yg : sangat Handal, handal / yg biasa (hrgnya beda)

    Dalam proyek” yang pernhs aya kerjakan, ini adalah perkjan sebagai Konsultan.

  139. gafur
    November 29, 2011 at 12:02 am #

    ass.wr.wb.aku jug amau pak, dikabarin ke email saya.

    slamat malam pak, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet untuk 20 computer pake mikrotik.di daerah saya tidak di lewati jalur telkom, jadi apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?

    tolong pak di kirim di email saya ya pak,karna saya SANGAT membutuhkanya…

    nieh EMAIL_Q pak. ghafurnet@ymail.com

  140. November 29, 2011 at 10:30 am #

    @gafur: sudah di EMAIL.

  141. TASWI
    November 30, 2011 at 1:24 am #

    SAYA UDH PERNAH MEMBUAT WARNET TAPI MEMAKAI TENAGA TEHNISI DENGAN JARAT 16 KM UDARA KARENA DAERAH KAMI PEGUNUNGAN MAKA KAMI PAKAI REPIETER YANG DI PASANG DI KETIGGIAN (GUNUNG)LALU DIPANTUL KE TEMPAT (DAERAH PEMUKIMAN TAPI RENDAH TEMPATNYA KURANG LEBIH 6 BULAN BERJALAN LANJAR SEKARANG TEHNISI ITU TIDAK PERNAH DATANG ADA KERUSAKAN TIDAK ADA MEMPERBAIKI
    ALAT KAMI MEREK BULLET TOLONG SOLUSINYA MAS WASSALAM

  142. need help man
    November 30, 2011 at 9:53 pm #

    mas…tolong ajar gua gi mana nk dptkn wifi 20 km…ini email sya…lala.lili31@yahoo.com or lala.lili31@gmail.com

  143. iwan
    December 3, 2011 at 8:45 am #

    assalamuaikaum..
    mas, mau nanya nih. yang beginian bisa diterapin buat sinyal ponsel gak? daerah saya sinyal ponsel itu ilang2an, mohon bantuannya mas.
    oh ya, saya minta juga yah gambarannya buat wifi 20km, pengen nyoba. makasih mas..

  144. December 3, 2011 at 9:21 am #

    @taswi : sudah di email yah.
    @Iwan: Untuk seluar ada antena sendiri yg bisa digunakan u/ memperkuat.

  145. Nanang
    December 3, 2011 at 12:58 pm #

    Mas imam Aq juga mau nyoba….tlngnya kirim di e-mail.
    di rumah ada parabola rusak… nik mau tak buat wifi jarah 20km trimaksih

  146. Budi
    December 3, 2011 at 2:23 pm #

    Assalamualaikum…saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom,saya tunggu konfirmasinya mas kalau bisa sama hitung2 biayanya sekitar berapa.
    Dan Sekalian aja bg ya krimin jg untuk membangun hospot jarak radius 3 km peralatan apa saja yang dibutuhkan? krimin ke-email:siranggong@yahoo.com…sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih bg..

  147. December 3, 2011 at 2:56 pm #

    tapi wife klo di pake ramai2 dalam 1 ruangan kok suka lemot ya…

  148. a.harahap
    December 5, 2011 at 7:17 am #

    Mas imam,curhat dong…..
    didaerah saya ada warnet buka tapi pakai antena luar setinggi 25 meter,nah jarak warnet kerumah saya 100 mtr.lalu bisakah saya numpang atau ” nebeng gratis ” Online juga,kalau bisa saya harus pakai alat dan bahan apa saja mas untuk bisa connect layaknya warnet tsb,terima kasih.

  149. m4cung
    December 5, 2011 at 8:32 am #

    bang rencana saya mau buat hotspot rt-rw di lokasi perumahan,sy sdh puX AP merk UBNT Bullet2HP tpi sy msh bingung cari antena yg bgus pancaranX biar bisa di trima di skitar prumahan tsb wlaupun di dlam rumah dngan mnggunakn wifi laptop,pertaxaan saya antena model bgm yg bisa mngcover sluruh prumhan dan tinggi antenaX minimum brp meter???mhon pencerahanX bang,jwabX ke email sy sj m4cungcoy@gmail.com ,trima ksih SbelumX bang….

  150. December 5, 2011 at 9:40 am #

    @harahap: mkin bisa/mungkin tidak tgt: LOS, Letak AP Warnet, Security di warnet

    @M4cung : Untuk mengcover area Luas, gunakan bnk AP yg di Repeaterkan (WDS-kan).

  151. m4cung
    December 5, 2011 at 11:58 am #

    mksud sy klu untuk di prumahan kompleks kira2 pke AP bullet 2HP dan antena sperti apa biar bisa mngcover walaupun mmakai wifi laptop dlam rumah??
    maaf bang klu boleh tau apa i2 bnk??maklum newbie

  152. Ulum
    December 7, 2011 at 10:09 am #

    Mas Imam, tolong saya dikirimi daftar alat-alat yang dibutuhkan untuk menembak sinyal Wifi dengan jarak 5 km beserta teknik menembaknya (gambar bila ada) ke email ulumbobungka@yahoo.co.id Semoga Mas Imam semakin sukses. Terima kasih.

  153. December 7, 2011 at 2:18 pm #

    @Ulum & @m4cung: saya jawab via Email.

  154. Akhmad
    December 9, 2011 at 4:48 am #

    Asslm..
    mas Imam mau nanya untuk buat wirelles point 2 point untuk di rumah dgn luas 1030 m2 gmana ? kebutuhan alat yg cocok apa & konfigurasinya …makasih .emailkan:akhmad.subarjah@gmail.com

  155. dhafin
    December 10, 2011 at 2:12 am #

    Mas imam, saya mau pasang wifi kira2 jarak 5 km, tolong mas kira2 alat2 apa saja yang dibutuhkan, mohon bantuannya mas emailkan ke monggoe_net@yahoo.com

  156. December 10, 2011 at 2:03 pm #

    mantab gan, BW ke tempat ane ya!! hehehehe

  157. jaitman
    December 11, 2011 at 12:06 am #

    aslm

    mas aku mau nanya klw estimasi biayax semuax kra@ berapa yach…………

  158. djalu
    December 12, 2011 at 7:33 am #

    Bisa tidak ya perangkat pc desktop dgn system os mikrotik dipasangkan antena gain solid disk? Bisa diemail cara pasangnya dan harga antena? Untuk konsep jangkauan 20 km dibutuhkan alat apa saja dan berapa biaya? Thanks

  159. rozi
    December 15, 2011 at 10:27 pm #

    Pak imam saya juga mau untuk peralatan yang di perlukan untuk link 15km,saya sudah ada jaringan speedy,,trima kasih

  160. armen
    December 16, 2011 at 6:17 am #

    Assalamualaikum…saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom,saya tunggu konfirmasinya mas kalau bisa sama hitung2 biayanya sekitar berapa. Trims
    > Hitungan pekiraan biaya bisa download: http://imm.web.id/dl

  161. joko
    December 16, 2011 at 6:19 pm #

    askum…mas sy pngn menyebarkan sinyal wifi untuk satu rw, kira2 jarak 1.5km, kbtulan rumahku d tmpt yg tinggi tp bnyk pohon. Alat2 Apa saja yg sy prlukan biar rw sy trjangkau wifi smua? Mhn email k sy. Trims bnyk

  162. Didin
    December 18, 2011 at 10:14 am #

    kirimkan skema gambarnya mas… tolong ya mas

  163. Andhank
    December 18, 2011 at 5:28 pm #

    tolong infonya mas tentang antena untuk mendapatkan sinyal wifi jarak 5 km karena di daerah saya tidak ada speedy. alat apa yang digunakan dan berapa perkiraan biayanya
    > mas bisa download file : http://imm.web.id/dl

  164. Andhank
    December 23, 2011 at 11:23 am #

    tolong info lengkapnya mas tentang peralatan dan antena wifi jarak jauh. info jarak rumah ke hotspot 5 km dengan banyak pohon Apakah dengan antena parabola. tolong email skema dan gambarnya ya pak … thanks sebelumnya
    > mas bisa download file : http://imm.web.id/dl

  165. CAH GENDHENG
    December 24, 2011 at 2:17 am #

    KAKEHAN PERTANYAAN, ORA ONO SING DIJAWAB BLASSSSSSSS…!!!! PAYAH2…
    > Pertanyaan yang minta jwb via email, sya jawb sesuai permintaan.
    > Maaf klu tidak berkenan Mas (nama tidak jelas) dan Email..(tidak jelas)

  166. abdul
    December 25, 2011 at 8:53 am #

    Assalamualikum, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat tempat warnet di daerah yang tidak di lewati jalur telkom, jadi saya mau mengkoneksi dengan speedy yang ada di rumah saya, apa saja yang harus saya sediakan dan berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

  167. December 25, 2011 at 1:20 pm #

    @mas Buka saya tidak jawab, Silahkan Cek jawaban” saya kirim ke email masing” :) jika tidak masuk silahkan coba cek di folder SPAM. Downlaod Tutorila Link harak jauh bisa dimbil di link Berikut : http://imm.web.id/dl

  168. utuh gambut
    December 27, 2011 at 6:37 pm #

    dikantor saya memasang wifi dengan wireless outdoor cpe modeltl-wa5210g dari tp-link freg range 2.4-2.4835 ghz dengan ketinggian 10 m dari graund.
    dan jarak kantor dan rumah saya berjarak 25 km apa bisa saya
    memasang ant penyadap wifi tsb dan alat pendukung apa aja agar saya bisa menikmati hotspot tsb namun bisa ga dengan anggaran minim (rakit sendiri)
    mohon pencerahannya .
    tolong kirim ke email saya mas . terimakasih

  169. December 27, 2011 at 6:58 pm #

    @utuh gambut : sudah di email.

  170. Ijul
    December 30, 2011 at 9:22 pm #

    Mas tolong di email cara nembak wifi dengan jarak kurang lebig 20 Km dan tolong disertakan berapa kira2 biaya yang dikeluarkan.. terima kasih. email ke : yuliantopati@gmail.com

  171. hanafi
    December 30, 2011 at 9:42 pm #

    mas, ku mw nanya ne.. di rumah, laptop nangkap sinyal wifi namanya T-link, dan B-link. tpi, no signal.. ketika di coba di konek, dia minta security key.. gemana solusinya mas, biar ane bisa internetan pkai toe sinyal !!
    dan bagaimana agar sinyal nya kuat, jdie tak no signal lagi…
    terima kasih…..

  172. December 30, 2011 at 11:19 pm #

    @Ijul: sudah di email
    @hanafi:
    1. coba tanya ke pemilik AP trsb Key-nya apa
    2. Cara lain di hack (Ilegal) :).
    3. Biar kuat pake USB Wifi + Antena Kaleng/wajan atau pake Access Point dtaruh di Tower.

  173. Dede
    January 1, 2012 at 3:12 pm #

    MAs Imam, saya tinggal di Baturaden. Jarak ke Kota Purwokerto sangat jauh. Ingin tahu alat apa aja yg diperlukan agar signal stabil? Dan biaya berapa? Jarak dari rumah ke kota sekitar 10 Km.
    Terimakasih.

  174. sandy
    January 1, 2012 at 4:23 pm #

    Mas,
    Mohom maap sebelumnya. saya mendowload software easyhotspot, setelah saya otak-atik saya dpt memakainya sebagai management dan billing hotspot, dari speedy saya, bagi rekan-rekan yang membutuhkan saya sudah membuatkan cdnya dan panduan menginstallnya, silahkan kirim email ke: sandyduta@yahoo.co.id ( mohon maap kalau ad ongkir dan biaya cdnya Rp.100.000 : sofware ) makasih

  175. jems.paath
    January 2, 2012 at 1:27 pm #

    ane jg may ni mas,long ya krimkn cara2 Dan alat2 Yang harus ane butuh kan untuk dapt nangkap sinyal wifi jarak 20km.and may bikin usaha wifi jg ni mas,,long ya mas

  176. prast
    January 3, 2012 at 11:36 am #

    Asswrwb mas sy bikin hotspot pribadi ketinggian 8m,pake ap outdoor tp link wa5210g n router tp link mr 3420… Gimana agar jangkauany bisa jauh?ada tmbhn alat apa saja? Oh ya klo ada teknik hotspot memakai ht/ jalur vhf beserta wifi yg bisa jarak 20km kirim ke email saya yoe92rama@gmail.com .trims

  177. azham
    January 5, 2012 at 7:35 pm #

    ass..mas saya juga mau trik dan tips nya utk wifi 20km nya..brapa biaya yg hrus di sediakan..tolong email kan ke mikhael.azham@yahoo.com..trims

  178. thotok
    January 7, 2012 at 12:45 pm #

    Ass…dan salam kenal
    Mas bagaiman cara mengambil hotspot jarak 1 km, krn tiap dosen punya password msng2 daripada hrs ke kampus terutama malam hari, klo dari rmh bisa..kan lebih baik serta alat apa yg perlu disediakan…(sy punya wajanbolic)..krm ke e-mail thotoks@gmail.com… trim’s banyak

  179. ipung
    January 8, 2012 at 5:37 pm #

    mas tolong dibantu juga ya saya, dikirimi artikel. tutorial apa ajalah yang bisa agar saya koneksi ke internet padahal jarak telkom speedy dari tempatku 20km

    salam dari aku ipung alumni jogja PPKP (ipung_cwsmg@yahoo.com)

  180. Bambang
    January 11, 2012 at 11:04 pm #

    Mas, saya mau mengkoneksikan wifi dari rumah saya ke kantor saya (jarak 3-5 Km)? Wifi di kantor saya menggunakan antena grid yang mengarah ke utara, sedangkan saya di selatan (antena wifi kantor tidak mengarah ke rumah saya), bagusnya saya menggunakan antena apa ya agar terkoneksi? Dan peralatan apa saja yang diperlukan? Saya punya wifi TL-WA500G dan TL-MR3420. Mohon pencerahannya. Terima kasih banyak ya mas.

  181. January 11, 2012 at 11:50 pm #

    @all : tmn” yg bth file link jarak jauh bisa download lwt link di sidebar.

  182. January 11, 2012 at 11:54 pm #

    @Bambang : Selama Antenna Grid tidak mengarah ke lokasi mas, pd selain arah yang dituju (jarak 2-3km) tdk bisa digunakan.
    Solusi, pasang dikantor Ant Omni/grid arah ke rumah mas.

  183. syafrudin
    January 12, 2012 at 11:13 pm #

    Salam kenal, saya tinggal di pedesaan, ingin menyebarkan internet ke masyarakat pedesaan, radius 20 KM dari titik dimana ada line telp speedy, mohon dibantu link point-to point beserta peralatannya, terima kasih.

  184. syafrudin
    January 12, 2012 at 11:15 pm #

    kelupaan, mohon kirim via email info@toweran.net

  185. usman
    January 13, 2012 at 12:03 am #

    ass.wr.wb,
    Salam kenal, saya pengen membangun wifi 8Km. dengan peralatn : AP TP-link WA5210G+antena Tp-link grid 2,4Ghz, mohon petunjuk dan setting Ap, terima kasih banyak!

  186. usman
    January 13, 2012 at 12:04 am #

    Mohon maaf, e-mail : rjacomputer@gmail.com

  187. dedi
    January 13, 2012 at 9:09 pm #

    aq mau aq mau jg info’e… :)

  188. January 14, 2012 at 3:55 pm #

    mantap…

  189. doren
    January 16, 2012 at 9:11 am #

    gan mohon bantuannya yaa, sy sudah bisa konek ke free hotspot via wajan bolik, ip sudah ada tapi ada bacaan no network acses dan ga bisa browsing, penyebabbnya apa y gan. tq

  190. andes rana
    January 16, 2012 at 1:02 pm #

    met siang ..mas,nie mau nanya untuk anten wajan bolic ukurannya berapa ya?soalnya kita mau buat untuk antenenya.mumpung daerah hotspotnya kurang lebih 100m.kita pakai tp-link usb wifi.kalau tidak pakai antene luar apa bisa?tolong penjelasannya ya masss

  191. dedy
    January 16, 2012 at 6:13 pm #

    salam kenal,mas…saya mau tanya,ap ada antena omni yang bs tmbus sampe 100m atau lbh langsung k wifi lptop dan di gunakan di dlm ruangan…slama ini sya pake AP tp-link WA5110 dan antena omni tp-link 12db sgt mengcwakan,jarak krng lbh 20m ud sgt lemah didlm ruangan,bhkan g tembus…mhon bantuannya,dedy_k@ymail.com

  192. gie
    January 17, 2012 at 2:48 am #

    ass wrwb mas imam,saya mohon pencerahan,saat ini saya pake akses speedy dgn modem wifi zte paket,saya mau di share kebetulan untuk penginapan berbentuk bungalow,saat ini ada sebagian kamar yg tdk tercover signal wifi mungkin terhalang dinding,padahal jarak dari modem wifi ke kamar tsb berkisar 20 m,saya berniat mau pergunakan repeter wifi,merk dan type apa yg kira2 bagus dgn jangkauan dan pancaran signal yang besar,kalau bisa repeter tanpa kabel/wireles yg bisa di share dgn beberapa kamar mas,mhn pencerahannya..thx mas

  193. Bagus Aufa
    January 17, 2012 at 6:47 am #

    Salam, Saya ingin membuat hotspot dengan jarak 2 km, mohon info apa saja yg diperlukan dan cara settingnya bagaimana, krn tempat saya kerja sdh tidak ada line telkom utk pasang speedy,sehingga saya bermaksud bikin hotspot dari tempat lain ke tempat saya,saya sdh coba dengan modem dengan menggunakan operator GSM yg lain semuanya lola termasuk CDMA yg bersemboyan I hate slow.. Mohon di emailkan ke email saya.
    Salam
    bagus_aufa@hotmail.com

  194. joexe
    January 17, 2012 at 1:38 pm #

    assalamualaikum,,,,,,,,,,,,, saya hanya singgah sebentar,, dari segi teori sngat banyak saya temui antena wajan bolic bahkan sampai para bolic yang mencapai 4km,, tetapi setelah saya coba ternyata satu pun gak ada yang berhasil,, ada pencerahannya gak?? mgkin ada alat2 yang lain yang melengkapi modul2 tersebut

  195. sihuma
    January 18, 2012 at 10:18 am #

    gan.. ane krimin settingannya jg ya… butuh bgt nih gan. mksih seblmnya.

    email: sihuma@ovi.com

  196. syafrudin
    January 18, 2012 at 12:45 pm #

    Ini comment saya yang kedua, comment pertama lom direspon. Salam kenal, saya tinggal di pedesaan, ingin menyebarkan internet ke masyarakat pedesaan, radius 20 KM dari titik dimana ada line telp speedy, mohon dibantu link point-to point beserta peralatannya, mohon dikirim via email info@toweran.net. Terima kasih.

  197. January 18, 2012 at 1:31 pm #

    mas @syafrudin, @sihun cek email yah. mkin ada di Spam/Junk mail.
    joexe: secara Teori Bisa alsakan LOS dan Kontruksi Antena Benar, pad frek 2,4 Ghz membutuhkan tingkat presisi yg tinggi selisih 1-2 mm bisa berpengaruh besar.

  198. Dani
    January 18, 2012 at 4:13 pm #

    Mas Saya pengen bikin wifi jarak 5km…mohon dibantu alat apa saja yg di perlukan dan kisaran harganya…trims bantuannya. mohon di kirim via email danir434@gmail.com

  199. arlan
    January 18, 2012 at 10:15 pm #

    Mas imam, boleh saya juga dikirimkan email yg sama dengan yg mas imam kirim ke teman2 diatas? saya akan membangun warnet hotspot radius 5-8 km, tapi sebelumnya saya butuh belajar banyak. Trims.

    Oh ya, ini email saya= arlan_bdn@yahoo.com

  200. wardy
    January 20, 2012 at 12:22 pm #

    saya mau nanya bang gimana cara untuk menangkap koneksi internet warnet teman saya yg jaraknya 100 meter dari rumah,alat apa saja yg harus saya siapkan mohon pencereran

  201. wardy
    January 20, 2012 at 12:23 pm #

    saya mau nanya bang gimana cara untuk menangkap koneksi internet warnet teman saya yg jaraknya 100 meter dari rumah,alat apa saja yg harus saya siapkan mohon pencrhn

  202. January 20, 2012 at 6:26 pm #

    salam kenal mas imam saya anggi kussoy mahasiswa budi luhur jurusan teknik elektro telekomunikasi.. saya boleh minta tolong mas karena sbentar lagi saya akan skripsi untuk minta referensi mngenai pembuatan wifi yg efektif utk daerah kampus dan harganya ga mahal relatif murah serta cara set program’a.. bisa di email ke : anggikussoy@ymail.com / anggi.kussoy@gmail.com
    di tunggu ya mas
    maaf klo sudah merepotkan

  203. yudi
    January 22, 2012 at 1:54 pm #

    salam kenal mas
    di kantor saya mengunakan wifi saya ga tahu jenisnya apa
    saya sudah di kasih tahu paswordya dan saya sudah coba bisa
    rumah saya dengan kantor jaraknya 8 sampai 10 km
    kira kira alat apa supaya saya bisa terkoneksi dengan wifi yang ada di kantor, apakah ada alat bantu lain supaya saya bisa terkoneksi dengan wifi di kantor. mohon jawanya ke email saya wahyudin_albantani@yahoo.com

  204. umar
    January 22, 2012 at 8:52 pm #

    mas,ditmpt sy ditaman ada antna free wifi,minta tolona kirim keemail sy tip bikin antene biar bs dpt wifi 20km,emailnya :umar.syarif1@gmail.com. Tks sblmnya

  205. January 24, 2012 at 7:22 pm #

    saya butuh info tentang pemasangan wifi nih… bsa ga saya dikirimi artikel tentang instalasi / pemasangan sampai dengn setting client nya???
    kirim ke email saya ya….
    makasi

  206. rian
    January 28, 2012 at 12:16 am #

    Assalamu alaikum, gan skrg sAya posisi di pedalaman mamberAmo papua,di hanya ada telkomsel itupun kadang jam2 tertentu pAdam nah saya orangnya sering online sy mau nanya kira apa atau dimana? saya bisa bisA lAngganan bulanan dan sekalian mau buat hotspot makasih banyak gan

  207. fadly
    January 28, 2012 at 9:03 pm #

    saya jg sprti mas singgih,minta dkirimi apa2 saja sofwer & hadrwerx,brp biayax?krm k email saya mas ya!!!!

  208. fadly
    January 28, 2012 at 9:07 pm #

    saya jg sprti mas singgih,minta dkirimi apa2 saja sofwer & hadrwerx,brp biayax?krm k email saya mas ya!!!!
    slm ini saya cuma pake modem USB,yg lelet kayk bekicut…

  209. deny
    January 31, 2012 at 1:58 am #

    Mas kirim jg dong ke email saya. saya pengen yg 3 km aja berapa biayanya.

  210. deny
    January 31, 2012 at 2:00 am #

    Mas kirim jg dong ke email saya. saya pengen yg 3 km aja berapa biayanya. ni emailya denyoden@yahoo.com.

  211. anna lucas
    January 31, 2012 at 5:18 am #

    Salam Untuk Anda ..

    Saya Nyonya Anna Lucas dari Lucas Anna Investasi Keuangan sebagai bagian dari
    paket kesejahteraan menawarkan skema pinjaman dengan bunga mengambang 3,00%
    tingkat keamanan tanpa agunan. Ini adalah untuk membantu individu mencapai
    tujuan keuangan mereka. Jumlah minimum Anda dapat meminjam adalah

    $ 5,000.00 US Dolar untuk maksimum dari $ 5.Million. Komitmen kami kepada klien
    pelayanan dan pendekatan inovatif kami untuk memecahkan masalah telah kami
    akhir tujuan.

    Tolong, jangan memberikan kami dengan informasi berikut jika tertarik.

    1) Nama Lengkap: …………………….
    2) Jenis Kelamin: ……………………………..
    3) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan :……………………….
    4) Pinjaman Jangka waktu: …………………………..
    5) Negara: ……………………………………….
    6) Alamat Rumah: ………………………………
    7) Nomer :……………………………….

    Semua balasan harus diteruskan kepada Perusahaan E-mail:
    annalucas1@live.com

    Segera setelah kami menerima Application, Kemudian kita akan memproses Kredit Anda
    Aplikasi Untuk Persetujuan.

    Terima kasih dan Salam Terbaik.

  212. February 2, 2012 at 9:11 am #

    mas saya pengen buat koneksi untuk 20 km juga,koneksi yang ada pake speedy di kota pengen dikonekin ke daerah dengan jarak kira-kira 20km yang dibutuhkan apa aja ya dan perkiraan biayanya berapa? daerahnya sih landai tidak berbukit

    mohon kirim detailya via email ya mas..

    makasih sebelumnya

  213. muhamad ashari
    February 6, 2012 at 11:41 am #

    salam kenal ,,,,mas saya mau tanya apa saja yg saya butuhkan unuk menangkap sinyal wifi yang jarak hostport nya sekitar 6 km ? kalau hostportnya didalam ruangan jarak 2 km masih bisa ngak ? dan berapa kira2 biayanya ? terima kasih ,,,tolong penjelasanya dikirim ke alamat e mail saya thanks bget sbelumya

  214. February 6, 2012 at 12:25 pm #

    pengen coba juga… bsa kirim ke email ane???

  215. February 6, 2012 at 12:44 pm #

    @alll coba cek email Tq

  216. aris
    February 8, 2012 at 9:06 am #

    trims atas artikelnya mas…perlengkapan apa saja yg perlu di gunakan untuk menangkap hotspot jarak 2KM,tp terhalang ga LOS.mohon pencerahanya,,,email..zy_zynga@yahoo.co.id

  217. February 9, 2012 at 7:37 pm #

    tolong juga dikirimi ke Email aku mas, cara dan alat apa aja yang dibutuhkan untuk menangkap wifi jarak beratus2 km.

    Kirim ke Emai: glens.virus@yahoo.com

    Thanks mas…

  218. February 9, 2012 at 7:41 pm #

    satu lagi mas, dirumah ada parabola TV, tapi masih dipake, bisa ga’ digabungin juga, trus cara merangkainya kabelnya di sambungin kemana??
    Thanks… Di kirim ke Email q ya mas…

  219. February 11, 2012 at 6:28 am #

    Pak imam saya melakukan pengecekan di wilayah saya bahwa frekuensi 5GHz masih kosong di wilayah saya, sementara ini saya membangun 3 tower yang saya ambil dari daerah pinggiran Bantul menuju tempat saya Purworejo, dengan antena ubiquity sampai sekarang total baru ada 12 client. Mohon saran: Ada seorang calon client baru dengan jarak sekitar 25km. kira-kira apakah bisa ditindak lanjuti, trus model antena apa kira-kira yang cocok dengan jarak sedemikian jauh. Makasih.

  220. ekoborneo
    February 13, 2012 at 9:25 am #

    Mas kirim jg dong ke email saya. saya pengen yg 5 km aja berapa biayanya.terimaksih sebelumnya dan sukses selalu buat masnya teruslah berkarya….

  221. mulyono
    February 14, 2012 at 10:04 am #

    Assalamu alaikum..
    Sama dengan yang lain
    Mas,saya di Pati sangat tertarik dengan WiFi 20Km atau lebih, dan saya ingin membuat jaringan dan/atau dengan koneksi speedy yang ada di rumah, apa saja peralatan (hardware-software) yang harus saya sediakan dan bagaimana cara settingannya serta kira-2 berapa biayanya?
    Saya sangat menunggu informasinya. (Mas tolong banget jawaban juga di e-mail ke: blankrabbit@gmail.com)

    terimakasih,
    Mulyono

  222. February 15, 2012 at 12:59 pm #

    Assalamu’alaikum, Mas saya sangat tertarik dengan wifi jarak jauh samapi 20KM, kalau bisa tolong kirim ke email saya.
    Wassalam
    ediviza@gmail.com
    edi_viza@yahoo.com
    Edi Yusuf

  223. Centrino
    February 16, 2012 at 12:03 pm #

    Maaf gan boleh juga dong di kirimi persiapan tuk alat tempurnya syukur ada jg yg memang harus di butuhkan selain Internet, AP

  224. EDY AHAMAD
    February 17, 2012 at 11:04 pm #

    SAYA JUGA TERTARIK UNTUK MENCOBANYA. MAU BIKIN WARNET TAPI JARINAGAN TELKOM TIDAK NYAMPAI….

  225. EDY AHAMAD
    February 17, 2012 at 11:05 pm #

    Edytya_ariga@yahoo.com

  226. mcdona
    February 18, 2012 at 7:03 pm #

    PINJAMAN Advertisment!

    Saya MR MCDONA pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman bunga yang sangat rendah 3%. kami memberikan semua jenis pinjaman seperti pinjaman pendidikan, pinjaman bisnis, pinjaman rumah, kredit pertanian, pinjaman pribadi, pinjaman mobil dan Alasan baik lainnya, saya juga memberikan pinjaman dari berdering dari $ 5.000 USD-$ 1.000.000,00 USD pada tingkat bunga 3% . Durasi 1 – 10 tahun tergantung pada jumlah yang Anda butuhkan sebagai pinjaman. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami hari ini vie email: oceanfinancefirm1965@xnmsn.com

  227. kasim
    February 19, 2012 at 6:31 pm #

    Di daerah saya jauh dari jalur telkom tapi di kota ada area hotspot yang bebas siang malam ngga di pasword lagi mohon infonya gimana caranya biar saya bisa conek internet tlg kirim skemanya lewat email saya ,makasih sebelumnya

  228. ayu
    February 20, 2012 at 9:04 am #

    Pencerahan nih :D
    Mas, kantor saya rencananya mau bikin wifi tower yang bisa diakses sama kantor cabangnya. Nah kantor cabang yang bisa mengakses ke tower itu ada 3 tempat, berjarak antara 4 sampe 10 km. Apa aja ya yang dibutuhin buat bikin towernya? Trus signalnya bakal bagus gak, soalnya lokasi masing-masing kantor ada di tengah kota jadi banyak gedung tinggi.
    Bisa tolong emailkan ? :D

  229. barudo
    February 21, 2012 at 10:54 am #

    ma’af sblumnya, gni mas? saya udah punya AP TP-Link TL-W500G, trus mau q pancarkan kira-kira jarak 2km bisa gak ya? tolong peencerahannya? mksih, n email sy, putrawidianto58@yahoo.co.id

  230. February 21, 2012 at 12:04 pm #

    Dimungkinkan Bisa mas asal ditambah antenna yg bagus missal Omni TP Hyperlink / Vezateck. Mkin klu latop langsung hanya sktr jaraj < 200mtr.
    Bbrp kasus jika tidak terhalang sama sekali (missal dipersawahaan) bisa jarak sktr 800-1km.

    Jika lebih dari itu pada sisi pengguna "wajib" pake penerima tambahan bisa berupa :
    – Wifi + antenna pengarah
    – Atau Wifi dg antenna bawaab flat seperti NS2, atau TPlink 5210
    Dg syarat dipsang di tower dan tidak ada halangan hingga ke AP500 (AP Utama)

  231. February 21, 2012 at 3:37 pm #

    Assalamualikum, salam kenal ya mas..saya Juga tertarik dengan WiFi 20Km,klu boleh tahu apa saja yang harus disediakan dan berapa kira-kira Bajet biayanya?? klu boleh dikirimin ke Email aku ya mas..
    Mohon Bimbingan dan Pencerahannya mas…
    Email : yudhy_saputra46@yahoo.com
    Email : the_king46@rocketmail.com
    Terimakasih…..Wasalam

  232. Rahmat
    February 23, 2012 at 1:13 pm #

    Mau tanya nich mas, Saya mau bikin Wifi Untuk 4 lokasi, antara pusat dengan lokasi A berjarak 10km ke arah timur, antara pusat dengan lokasi B berjarak 8 km ke arah selatan, antara pusat dengan lokasi C berjarak 18km kearah barat laut, antara pusat dengan lokasi D berjarak 20 km ke arah utara, trusa apa yg di butuhkan untuk mengaplikasikan itu semua mas, klo bisa saya minta harga klo mas yang buat ama barangnya apaan saja mas yang di butuhkan, tlng di email ke saya di oo_sgt@yahoo.co.id, makasih.

  233. February 24, 2012 at 5:04 pm #

    pertanyaan nya rahmat sama dengan pertanyaan ane gan,,,tolong kirimkan juga ane jawaban nya gan,,,di tunggu putra_lombok84@yahoo.com

  234. February 25, 2012 at 6:54 pm #

    assalamualikum, mas asep minta tlng ya, sayah punya TP-LINK TL-WN321G bisa dak di gunakan tuk menangkap sinyal wifi , jarak rumah saya dngn hotspot kira2 2 km,

  235. February 25, 2012 at 6:56 pm #

    assalamualikum, mas asep minta tlng ya, sayah punya TP-LINK TL-WN321G bisa dak di gunakan tuk menangkap sinyal wifi , jarak rumah saya dngn hotspot kira-kira 2 km,

  236. Primadani Putri
    February 26, 2012 at 6:29 am #

    assalamualaikum … saya primadani .. saya mau tanya .. saya ingin membuat tugas akhir mengenai rancang bangun antena wifi antar gedung yg berjarak kira2 100m, namun antena yg saya akan gunakan adalah antena collinear(omnidirectional) sbg transmitterny dan antena mikrostrip rectangular array 4 elemen sebagai antena penerimanya .. yg saya ingin tanyakan kira2 apakah bisa dan bagaimana agar antena omni dan antena directional tersebut dapat terkoneksi dengan jarak tersebut karena stahu sya gain antena yg dihasilkn dr antena tersebut tidak besar .. terimakasiih …mohon jawabannya …

    email saya : primadaniputri@yahoo.com

  237. Surya
    February 26, 2012 at 9:04 pm #

    SAYA JUGA TERTARIK UNTUK MENCOBANYA. MAU BIKIN WARNET TAPI JARINAGAN TELKOM TIDAK NYAMPAI….

  238. Surya
    February 26, 2012 at 9:07 pm #

    SAYA JUGA TERTARIK UNTUK MENCOBANYA. MAU BIKIN WARNET TAPI JARINAGAN TELKOM TIDAK NYAMPAI….GIMANA CARA SUPAYA BISA MEMBUAT WARNET PAKE APA AJA TRIM

  239. jamz
    March 3, 2012 at 3:17 pm #

    mau nanya pak… sayakan sudah pakai antena OMNI 360,2,4Ghz. apakah bisa untuk mengirim sinyal ke antena 5Ghz…?seperti antena yang bapak pajang diatas. trims pak.

  240. dewi
    March 3, 2012 at 4:55 pm #

    nanya’y lain gpp yo mas..kbetulan di sekolah ada WiFi tp cm bs buka Transmedia g bs buat koneksi internet lainy ..gmn caray yo mas..mf q gaptek nih..hehe..di tggu lo mas mksh sblmy.. :)

  241. March 3, 2012 at 7:16 pm #

    @jamz : Tidak bisa mas, frekuensi kerjanya berbeda.
    Wifi dan antenna mempunyai karakateistik dan ukuran yang tdk bisa dipertukarkan..
    @dewi : mestinya ditanyakan ke Admin sekolah aja :)

  242. March 4, 2012 at 10:53 pm #

    Mas,saya di makassar sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan saya ingin membuat jaringan dan/atau dengan koneksi speedy yang ada di rumah, apa saja peralatan (hardware-software) yang harus saya sediakan dan bagaimana cara settingannya serta kira-2 berapa biayanya?
    kalau bisa ada tutorial pemasangannya karena pasti sangat mmbantu bagi kami yg baru belajar
    Saya sangat menunggu informasinya. (Mas tolong banget jawaban juga di e-mail ke: andre.bhogart@gmail.com)

    terimakasih yg sebesar besarnya

  243. ashari
    March 5, 2012 at 8:38 am #

    mas saya sudah coba membuat antena wajan bolik dengan menggunaka usb tp link wn422g sinya sudah dapat 16 dB sudah bisa konek tapi ngak mau loading, bagaimana untuk menentukan ip adreess sama dns servernya ? tolong diberikan informasinya langsung ke e-mail saya ashari_bta@yahoo.com
    terimakasih atas informasinya .

  244. March 5, 2012 at 6:35 pm #

    saya sudah pernah memasang wifi dengan jarak 20 km dan bisa berhasil dengan baik….. dengan ketinggian antene 25 mtr mempergunakan grid 15 db power 600 mwatt pada frekwensi 2,4 ghz…. dengan total biaya untuk 2 set antene Rp 1600 jt…. biaya tersebut tidak termasuk tiang penyangga.

  245. isnaim
    March 7, 2012 at 12:23 am #

    Mas, mohon bantuannya.. Saya berada 160 km dari pusat wifi
    Gmana caranya saya bisa mendapatkan signal2 wifi itu
    Untuk internetan dirumah.. Ditempat saya g dilalui kabel telkom
    Klo mw internetan y cuma pake hp atau modem.

    Saya punya parabola solid 5 feet, trus apalagi perlengkapanny mas?
    Mohon bantuanya di face_scream@yahoo.com terima kasih mas..

  246. nandy ahmed
    March 9, 2012 at 6:39 pm #

    mas,saya mau usul kepada pemerintahan republik indonesia,agar segera memberikan fasilitas internet yang mudah untuk diakses oleh masyarakat di seluruh pelosok negeri ini,dengan memudahkan untuk connek ke internet,dengan di pasangnya hotspot di setiap desa atau setiap rt setempat…ini penting untuk sebuah kemerdekaan ….

  247. March 12, 2012 at 11:47 am #

    Saya juga mau dunk mas di kirim teknis dan ubo rampe buat koneksi internet jarak jauh. Saya ada rencana dari rumah saya ke mitoha sejauh 31km. saat ini tower yang ada tingginya 30m. Yang di sisi clien bagusnya berapa meteru ya tingginya. Trus jenis perangkatnya apa aja yg dibutuhkan. Matur tengkyu kang Imam.

    .::ellmoenagroup@yahoo.co.id

  248. Mukhtar
    March 14, 2012 at 7:44 am #

    Mas, saya pingin naya dalam waktu dekat saya mau pasang dvr cctv tapi jaraknya sesuai survey skitar 18km yg mau naya
    1.jangkauan 18km pakah bisa ga?
    2.perlu peralatan pa yg perlu.

  249. andre
    March 16, 2012 at 10:19 am #

    Asalamualaikum mas Brow…, Mau tanya gimana biar berhasil naikin antena wajan Bolik pake kabel UTP tinggi 10 m+ USB power injektor dengan Wireless WN422G aku bikin kayak gitu tapi usb nda ndetek, kabel 10 m nda kedetek itu gimana ya brow. tolong di bantu mas brow….n gimana cara yang benar bikin USB power injektor Trimakasih…..,

  250. andre
    March 16, 2012 at 10:26 am #

    Asalamualaikum mas Brow…, Mau tanya gimana biar berhasil naikin antena wajan Bolik pake kabel UTP tinggi 10 m+ USB power injektor dengan Wireless WN422G aku bikin kayak gitu tapi usb nda ndetek, kabel 10 m nda kedetek itu gimana ya brow. tolong di bantu mas brow….n gimana cara yang benar bikin USB power injektor Trimakasih…..,biar berhasil brow

  251. March 16, 2012 at 1:02 pm #

    @andre :
    Saya pernh berhasil untuk 10 tp menggunakan kabel UTP yang bagus seperti : Belden USA atau AMP.
    Dg menggunakan tutorial :
    http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Teknik_USB_extender
    Untuk kabel UTP yng “murah” bisanya tidak bisa untuk ekstender sepanjang itu.

  252. dhavi
    March 20, 2012 at 8:53 pm #

    Mas, boleh minta alamat emailnya??
    Trims

  253. dhavi
    March 20, 2012 at 9:03 pm #

    Mas, boleh minta alamat emailnya?? Email saya dhavi.steward@gmail.com
    Trims

  254. firman
    March 22, 2012 at 9:40 am #

    Mas, saya sangat tertarik dengan WiFi 20Km, dan jika saya ingin membelinya, dimana kira2 bisa saya dapatkan..
    Saya sangat menunggu informasinya.
    Terimakasih.

    Firman 081396713883
    email : firman.cardinal.apt@gmail.com

  255. dent syarif
    March 23, 2012 at 10:32 pm #

    assalamualaikum wrwb,mo minta tolong ne..minta di kirim teknis dan ubo rampe buat koneksi internet jarak 13km. Terimakasih…

  256. vahmas
    March 25, 2012 at 9:21 pm #

    mas jarak rumah saya ama wifi sekitar 2 Km, kalo buat Wifi USB apa bisa nyampek, lalu kira* ketinggian antena berapa meter.
    Terima kasih.

  257. March 27, 2012 at 5:01 pm #

    hallo mas, salam kenal …
    saya sudah membaca semua komentar di atas, jadi maksudnya 20 Km itu jarak.
    yang jadi pertanyaan saya kalau 20 Km itu cover area bagaimana caranya??? karena saya mau bikin hostpot yang bisa mengcover wilayah sebesar 20 Km persegi mohon di bantu mulai dari tinggi antena, antena apa yang di gunakan, akses point yang 1000 megawat apa mereknya,mikrotik apa yang harus saya gunakan untuk masalah bendwith merek dan tipe, mohon semua lengkap dan ditel … mungkin pertanyaan saya ini kelewatan saya mohon maaf karena saya butuh informasi yang akurat.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.
    kalau boleh jawabannya di kirim via e-mail dan juga di share di di sini biar teman2 yang lain bisa membanca dan mendapatkan infonya.
    sekali lagi terimakasih.

  258. helen
    March 28, 2012 at 7:58 am #

    mas sata mau tanya dong ongkos pemasangan n biaya perbulannya berapa kalo wifi yang buat satu rumah aja? email helen_07077@yahoo.com

    trims

  259. March 31, 2012 at 10:54 pm #

    mas numpang tanya. saya dah beli peralatan untuk wifi dari penjual wifi dengan tarif bulanan dengan modal awal 5 jt. dah berjalan 3 bulan setelah saya pikir perbulan membayar 200 rb terlalu mahal. bagaimana cara mengalihkan wifi saya supaya dapat menangkap wifi yang gratis yang jaraknya lebih dekat dari si penjual tadi.
    tolong pencerahannya atau sekalian softwarenya kalau ada dikirim lewat email saya muslihmochamad@yahoo.com

  260. April 1, 2012 at 12:55 pm #

    hal yb mesti dikatahui :
    1. Tau spesifiaksi perangakt skrng
    2. Tau IP Radio & cata akses ke radio
    3. Jika sudah bisa masuk ke radio, nanti ada menu yg bs digunakan utnk melihat wifi sktr kita.
    4. Tidak semua wifi Free, coba saja munkin anda bisa saja beruntung dpt free wifi atau wifi dg tarfi yg lebih murah

    Oya, Antena Wifi hnya menangkap sinyal secara baik pada arah tepat antenna.

Pingbacks/Trackbacks

  1. Kumpulan Artikel Jaringan Komputer | Super Artikel Media - September 28, 2011

    […] Cara membuat Jaringan Wireless jarak jauh penghubung 2 lokasi […]

  2. Catatan Pribadi Dian Sulistyo - January 23, 2012

    […] Link jarak jauh bisa jadi mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Apalagi kita belum tahu medan/lokasi yang akan […]

  3. SEBERAPA JAUH JANGKAUAN WIFI « MENGAMALKAN ILMU DENGAN KEIKHLASAN - February 18, 2013

    […] seringkali mendapat pertanyaan terkait Wifi, berawald ari ulisan saya tentang Link wifi jarak jauh. Pertanyaan pada kolom Komentar, Submit Tulisan atau Kolom konsultasil. Beberapa pertanyaan […]

  4. Cara Buat Email Zynga - Serba Serbi Berita - November 7, 2014

    […] Cara membuat link wifi untuk jarak jauh – blog jaringan […]

Comments are closed.

Proudly powered by WordPress   Premium Style Theme by www.gopiplus.com