Perpanjangan Domain Web co.cc Personal secara Gratis

perpanjangan_co_cc_Bukan saya membela domain co.cc, namun saya sudah terlanjur punya domain co.cc. Ketika sudah expire ya mesti diperpanjang.  Namun demikian, kalau di tanya tentu saya lebih suka domain  .ID  alasan utamanya murah dan tidak repot untuk memperpanjang. Saya ada sebuah domain saya Guule.co.cc yang saat ini lagi tidak saya “openi” (pelihara). Saya biarkan saja, tercacat sejak 30 Maret 2009 domain ini sudah expire karena sudah berumur 1 tahun pada tanggal tersebut. Namun demikian domain ini masih tetap bisa diakses meskipun tidak saya perpanjang hingga  sebelum tulisan ini dibuat yaitu Oktober 2009. Iseng-iseng saja saya gunakan menu “renew” dan ternyata bisa digunakan untuk memperpanjang domain secara gratis. Jika perpananjang dengan membayar anda bisa gunakan paypal tentunya. Namun sepertinya ada syarat dan ketentuannya yang mesti anda tahu.

perpanjangan_co_cc0
Domain Guule.co.cc expire

Jika domain co.cc anda sudah expire, tentu anda tulisan renew, ketika masuk dalam control panel domain atau ketika LOGIN ke co.cc. Setahu saya Co.cc tidak begitu saja “mematikan” domain kita ketika expire, dan domain akan tetap hidup dalam waktu yang saya sendiri kurang tahu. Karena saya secara sengaja membiarkan domain ini expire selama 8 bulan, namun tetap saja bisa diakses dan tidak ada peringatan apapun di web saya.

Ada kebijakan baru yang lebih transparan dari co.cc tentang domain ini, mana yang gratis dan mana yang berbayar. Jika anda ingin memperpanjang domain co.cc secara gratis ada satu syarat yang mesti anda patuhi yaitu, domain anda tidak digunakan untuk “profit” misalanya menjalankan usaha/bisnis. Domain yang bisa diperpanjang secara gratis adalah untuk keperluan Personal dengan biaya $ 0.00 /tahun. Jika ternyata domain co.cc anda digunakan untuk komersial dan anda “memaksakan” untuk perpanjangan dengan gratis anda sepertinya terlalu mengambil resiko. Resiko yang dikatakan oleh manajemen co.cc adalah jika domain bukan untuk personal adalah domain bisa di tarnsfer atau dihapus tanpa pemberitahuan. Seperti yang tertulisa dalam co.cc “If the purpose is not personal, the domain will be transfered or deleted without notice. By checking this box and clicking ‘continue’, you are agreeing to these terms.

perpanjangan_co_cc1
Perpanjangan untuk Komersial vs Personal

Jika memang perpanjangan berhasil akan terlihat status domain sudah tidak expire namun ada tulisan “Purpuse of use : Personal“. Saya sendiri belum tahu model evaluasi domain CO.CC seperti apa. Namun jika anda ragu-ragu sepertinya anda bisa bertanya langsung ke CS pengelola CO.CC.

perpanjangan_co_cc2
Perpanjangan Personal "gratis" berhasil

Jika anda memang berniat memperpanjang domain dengan membayar, anda bisa melalukan dengan metode diatas namun pilihlah yang comersial dengan konsekunsi anda mesti membayar dengan menggunakan PAYPAL sebesar $ 3 untuk satu tahun. Untuk pembayaran dengan kartu kredit saya belum pernh mencoba, apakan co.cc bisa atau tidak. Karena tidak terpampang diweb co.cc bahwa dia support pembayaran dengan kartu Kredit.

perpanjangan_co_cc3
Status Renew menjadi Personal

Selamat mencoba, jika ada tanggapan kami persilahkan. Kita bisa lanjutkan untuk diskusi :).

11 comments

  1. punya co.cc cuma dicantolin ke 000webhost buat utek2 xms doank
    bentar lagi 1 expired (punya 3) 😀
    mo liat bisa ga diperpanjang
    padahal domain .co.cc itu main domain kan kalo kita buat jadi sub-domain/2nd lvl domain saya ga tau yg bener yg mana
    pernah coba buat domain hanya denga 3 huruf kayaknya ga bisa apa musti ada syarat2 khusus ya soalnya .co.cc malah cuma 2 huruf

  2. saya mau tanya misalkan saya beli domain, trus tiba tiba yang jualnya tutup., sementara domainnya udah terlanjur di promosiin, trus mau memperpanjangnya gemana ya ???

  3. @haryanto saya rasa tidak masalah jika anda punya akses ke control panel domain (Domain Control panel), bukan hanya cpanel hosting lho mas..

    Mungkin meski sudah tutup, anda bisa tanyaka ke personal yg dulu anda gunakan untuk regsiter domain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.