Merubah HP jadi Mikroskop Digital

Cellscope-001-Portable-MicroscopeTulisan ini tidak terkait dengan gerhana yang baru saja terjadi 22 Juli 2009 atau juga tidak terkait dengan teropong . Namun jika direlevansikan masih ada kaitanya yaitu dalam kerangka ilmu Fisika. Namun ini merupakan sebuah Teknologi yang baru diteliti dan diujicoba.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh David yang memanfaatkan HP (handphone) sebagai mikroskop yang bisa digunakan untuk melihat bakteri. Dalam ujicoba yang telah dilakukan dengan tambahan alat ini, handphone berkamera bisa digunakan untuk melihat dalam bakteri malaria dengan cukup bagus.

Alat ini aka bekerja dengan sebuah lensa khusus dan dengan pencahaan yang cukup sehingga bisa mengahsilkan gambar digital dengan kualitas yang cerah. Berikut contoh gambar sebuah bakteri yang di shoot dengan Mikroskop (CellScope).

bakteri-dalam-darah-dengan-cellscope-hp

Sebagai gambaran diagram alat tambahan ini sebenarnya cukup sederhana dengan menggunakan lensa-lensa, filer dan LED yang nantinya dihubungkan dengan bagian depan lensa phone cell.

prinsip-kerja-cellscope-diagram-adalah

Belum tahu kapan alat ini diproduksi dan dijual dipasaran serta harganya sehingga bisa membuat  sebuah Mikroskop portabel dengan Handphone berkamera. Kita tunggu saja :).

cellscope1_520x325

Info lebih lanjut bisa lihat di Website berikut :

7 comments

  1. hehehe…, saya dulu pernah coba pakai teropong binokuler biasa, hasilnya lumayan. Kalo dgn teropong binokuler, perbesarannya terbatas, dan mungkin perlu tripod (penopang) spy lensa ngga goyang (bisa jadi blur).

  2. bagus nich.. smg bs cepat meluncur ke pasaran dan g mahal.. jd mata lebih enak.. g ngintip mlulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.