Melihat Gerhana Matahari Total 22 Juli 2009 Live di Internet

Gerhana matahari 22 Juli 2009 adalah gerhana matahari total (GMT) dengan magnitudo 1,0799 yang terlihat sepanjang koridor yang melewati Bangladesh, China, India, Nepal dan Samudra Pasifik bagian tengah. Gerhana ini lamanya 6 menit 39 detik. (wiki).

Total_solar_eclip_22July_2009-howto

Gerhana matahari total itu secara maksimal akan terlihat di Kota Shanghai, China, selama enam menit. Peredaran gerhana matahari dari barat hingga timur wilayah China kemudian akan menghilang di Samudra Pasifik, selama lima jam. (kompas)

Menurut duniaastronomi.com, Fase gerhana matahari sebagian di Indonesia akan berlangsung pada waktu yang berbeda-beda. Berikut ini adalah simulasi pengamatan gerhana matahari yang diamati dari pulau Sumatra (Aceh), Sulawesi (Manado), dan Papua (Jayapura), yang dibuat dengan program Cartes du Ciel.

  • Gerhana-matahari-20090722-di-aceh-700-922wib.Di Aceh, fase gerhana matahari sebagian akan dimulai sekitar pukul 07.13 WIB dan berakhir pukul 8.47 WIB.
  • Gerhana Matahari 20090722 Manado 8.00-10.20 WITA. Di Manado dimulai pukul 8.30 WITA dan selesai pukul 9.50 WITA.
  • Gerhana Matahari 20090722 Jayapura 6.45-11.21 WIT. Di Jayapura, gerhana akan dimulai sekitar pukul 9.12 WIT dan berakhir pada pukul 11.05 WIT.

Apabila Anda berencana untuk melakukan pengamatan GMT ini, silakan lihat beberapa gambar yang ada di halaman ini. Pilih daerah yang akan Anda kunjungi dengan melihat gambaran yang lebih mendetil tentang daerah yang dilewati jalur totalitas.

Live di Internet

Gerhana Matahari Total memang unik dan akan berulang utuk periode waktu yang lama. Meskipun di Indonesia tidak bisa menikmati secara langsung (karena diluar area Gerhana). Kita bisa menyaksikan Gerhana ini secara langsung (live) lewat Internet, Rencananya ada beberapa Website yang akan menayangkan secara langsung antara lain :

Live Broadcast :

Info Lengkapnya : Info tech

9 comments

  1. kayaknya boleh juga nih.. atau nanti tunggu link downloadnya yah?? hehe
    mana tau jadi punya power.. kayak heroes..
    kayaknya saya korban film yah.. hahaha

  2. Wah jangan sampe ketinggalan nie nontonnya, nontonnya gak lupa ngemil popcorn, secangkir teh hangat dan duduk kursi VIP supaya serasa nonton dibioskop 😀 😀

  3. wALAUPUN DI bATAM GA BISA MELIHAT SECARA LANGSUNG..
    tAPI dampak perubahan yang signifikan benar2 dirasakan banged..
    SAmpai-sampai tadi sempet nunda mo pergi sekolah karna pengen tau apa di Batam keliatan atau enggak gerhana mataharinya..
    Ga apa2 deh.
    Ada sensasi..
    Allah Maha Besar…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.