Pernah terbayang Wikipedia di bukukan?

Encyclopedia-Britannica-vs-wikipediaKalau dulu saya pernah menulis KBBI hardcopy yang di software-kan, tulisan ini merupakan kebalikannya. Wikipedia merupakan Ensiklopedia digital terdiri dari banyak bahasa. Untuk Wikipedia bahasa inggris (en.wikipedia.org) saat ini berisi sekitar 3 juta artikel. Isi dari wikipedia  akan terus bertambah sejalan dengan perkembangan dunia dan juga peran aktif dari volunter yang ikut mengembangkanya. Dan jika pada saa ini seseorang itu untuk mencetak seluruh Wikipedia encyclopedia menjadi buku, ukuran buku yang akan kira-kira akan setara dengan 952 volume of the Encyclopedia Britannica.

Seorang bernama Rob Matthews sebenarnya telah membuat Wikipedia menjadi sebuah buku tercetak, namun hanya sekitar 0,01% dari Wikipedia encyclopedia dicetak menjadi sebuah buku. Anda bisa melihat gambar dibawah ini :

5_wikipedia-1-buku

Jika semua wikipedia (hanya bahasa inggris saja) di bukukan saat sekarang bisa mencapai 953 Volume menajdi 6 rak besar yang akan memenuhi perpustakaan.

5_wikipedia-2-buku

Ilustrasi jika semua wikipedia berbahasa inggris (en.wikipedia.org) yang dibukukan bisa dilihat di Tompw-book atau ilustrasinya saya capture dibawah ini. Sepertinya saya masih lebih suka menggunakan yang versi online. 🙂

wikipedia-dibukukan

via : rob-matthews, labnol

47 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.