Trafik Internet tak Normal

trafik_internet_kena_virusBeberapa hari yang lalu trafik internet dikantor terlihat tidak wajar, sepertinya ada trafik internet yang hilang. Tidak ada yang pakai kog bandwidth Upload dan download terlihat seperti dipakai sekitar 500-an Kbps?   Saya belum bisa lihat kenapa hanya dapat laporan dari Anton, maklum belum sempat Online (habis puang dari luar Kota).

Baru tadi pagi sekitar jam 8 saya cek, ternyata memang benar ada sesuatu yang tidak normal. Jam 00.00 – 07.00 harusnya trafik tidak besar tapi seperti terlihat di grafik yang saya lampirkan dari Router Mikrotik seperti terlihat ada yang menggunakan sekitar 500 Kbps. Beberapa hari terakhir juga saya merasakan, kog ketika saya search dengan Google dianggap sebagai user “penyerang” dan harus selalu memasukan kata (verifikasi) yang hanya bisa dibaca oleh oang ketika akan searching.

Memang hal seperti ini pernah juga terjadi pada router beberapa waktu yang lalu saat belum dipasangi firewall. Sepertinya telah terjadi “penyerangan” atau semacam Storming trafik atau ada yang menamai Router terkena Virus yang masuk ke IP Publik Router. Sebagai solusi sementara jika ada punya jatah banyak IP Publik, mungkin bisa anda ganti dengan IP yang lain. Atau anda tambahkan Firewall.

Dari grafik pada garis mendatar (jam 12 – 18) terlihat setelah jam 8 trafik menjadi normal seperti biasa. Jika ditempat saya misal dari bandiwtdh Download (downstream) 1500 kbps trafik yang Upload (upstream) hanya sekitar 200 kbps (sekitar 13% dari trafik download). Mungkin nilai ini akan berbeda-beda tergantung perilaku penggunanya. Yang terasa ketika trafik sudah normal satunya browsing lebih lancar da tentunya trafik upsream juga tidak terlalu besar.

3 comments

  1. Ya semacam itu menurut saya meski virus “tidak manggon di router” tetapi lebih tepat “serangan beruntun :)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.