Tips mengamankan Blackberry dan iPhone dari Pencurian data

black_berry_2009_terbaruMenyambung tulisan sebelumnya tentang mengamankan “mobile device” berikut Tips mengamankan Blackberry dan iPhone.

BlackBerry (Dengan system 4.5 atau lebih)

Jika anda menggunakan sistem sebelum versi 4.5 kami sarankan segera mengupdate ke versi terbaru yang lebih stabil. Beberapa cara pengamanan sistem yang bisa dilakukan sendiri dengan setting di : Option –> Security Option kemudian :

1. Password-protect Start-Up

Pada menu General Setting set password ke enable. Anda juga bisa menambah setting yang lain seperti :

  • Maksimal pengulangan dalam menulsi password, jika mengulang beberapa kali dan tetap salah maka Blackberry akan terkunci secara otimatis.
  • Perangkat dibuat terkunci “auto-lock” secara otomatis jika tidak digunakan.
  • Untuk melihat perubahan anda bisa tekan “back button” masukan password baru jika ditanyakan. Pilih password yang mudah diingiat menurut anda, naumn jangan terlalu sederhana. konformasi password, kemudia exit. Untuk mengunci tekan dan tahan bintang “*”, untuk ungecek apakah password sudah aktif


2. Enkripsi data (encrypt data)

Enkripsi data digunakan untuk proteksi data dengan menggunakan semacam kunci (key). untuk membaca data yang diEnkripsi diperlukan proses Decnkripsi (Decrytion).

  • Untuk seting dari general Setiing –> Content protection –> enable. Pada bagian Strenght adan bisa memilih salah satu : Strong (80 bit), Stronger (128 bit) atau Strongest (256 bit).
  • Anda bisa memilih Stonger untuk proses enkripsi /decripsi yang cepat dan paling umum digunakan.
  • Pilih “Yes” untuk “include Address Book” yanga akan menjaga daftar kontak anda tetap aman. NAmun ini akan berakibat “Caller ID” akan tidak akan muncul ketika ada panggilan masuk dan Blckberry dalam kondisi terkunci.
  • Klik Back untuk membuat key secara acak dengan trackball dan mengetik kakrakter.
  • Jika blacberry menajadi sangat berharga, lebih baik lagi jika anda “meregenerate key setia 2 atau 4minggu sekali. Dengan Security Option –> General Setting  –> ClicK layanan yang ada –> Regenerate encriptin key.

3. Amankan Password

Jangan pernh menyimpan user dan password dalam browser anda. Sesorang yang menemukan perangkat anda sangat mungkin untuk mengakses account online anda, misal : email, internet bancking, dll. Jika anda berniat mengingat password, guanakn cara yang lebih aman misalnya dengan utility tambahan Password keeper” yang menyimpan dengan teknik ekkrispi juga.

4. Matikan Bluethooth

Secara default Bluetooth bisanay selalu ON. Secara teknis ini akan menghabiskan battery dan membiarkan orang dengan mudah mengakses/mneyerang melalui bluetooth.

  • Dari tampilan Home : Set Up Bluetooth
  • Ketika muncul “add device” pilih cancel
  • Pilih menu –> Option dan Set “discoverable” menjadi NO, yang menyebabkan perangkat lain tidak mudah menemukan bluetooth anda.
  • Set security menjadi High,a atu jika ada gunakan opsi “high+Encription” untuk melindungi transmisi sinyal melaui blutooth dengan teknik enkripsi.
  • Pada Form Ceklist, pilih hanya serveice/layanan yang benar-benar anda butuhkan melalui blutooth, biasanya handset, handsfree atau yang lain kalau memang dibutuhkan.

5. Clear Memory

Masih dalam security Option, “memory cleaning” dalam menghapus data seperti email yang tidak terenkripsi, user, password dan informasi pribadi lain. Anda bisa membersihkan memory sebelum meninggalkan/meletakna blackberry dalam waktu yang agak lama.

iPhone

Dalam iPhone saat ini sangat diyangkan belum ada enkripsi data, fitur ini memang belum disediakan. namun metode pangamanan yang lain tetap bisa anda terapkan.

1. Enable Passcode Lock dan Auto-Lock

  • Klik Menu Utama apda Icon iPhone Setting -> genaral tab –> Auto Lock
  • Pilih periode jika anda inginkan lalu Exit
  • Auto-lock akan aktif dan PIN 4 digit diperlukan untuk membuka kunci
  • Untuk seting PIN dari IPhone setting –> general tab –>passcode Lock.
  • Enable “turn Passcode On”
  • Masukan passcode, tab Require passcode dan pilih “immediately”

2. Mengamankan password

Tidak ada fitur bawaan dalam iPhone, untuk cara pengamanan passowrd sayangnya anda perlu menambahkan program lain seperti “password manager”

3. Matikan Bluetooth

Hal yang bagus dalam iPhone, bluetooth secara default dalam kondisi Off. tetapi anda perlu menambahkan enam karakter PIN untuk koneksi dengan Macs. Hidupkan bluetooth jika diperlukan saja.

4. Clear memory dan cache

Kembali ke Passcode Lock Screen, dengan fitur ini anda akan mendisable SMS preview ketika perangkat dalam keadaan tgerkunci. Menghindari kemungkinan SMS “diintip” oleh orang lain. Juga Aktifkan “erase data function, fitur ini akan membersihkan iphone setalah terjadi 10 kali kesalahan dalam memasukan PIN. Anda juga bisa “clear” cookies, browser cache dan history dari setting menu di Browser safari.

Source : PC Mag April 2009

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.