Baca Aturan Pakainya


Jika anda menggunakan jasa layanan terutama di internet, apalagi layanan gratis pasti ada TOS (Terms_of_service). Atau dalam bahasa Indonesia kurang lebihnya “Aturan penggunaan” atau “Aturan pakai.” Mungkin sangat jarang sekali kita membaca TOS ini, ya tidak?  Termasuk saya juga.


TOS seharusnya dibaca, jika kita akan menggunakan sembuah layanan kita harus setuju dengan TOS (Biasanya dengan mencetang) atau Klik tanda setuju. Karena ada konsekuensinya, jika anda melanggar TOS. Pelanggaran terhadap TOS akan sangat bervariasi tergantung dari punya layanan dan si pembuat TOS. Seperti yang saya alami beberapa waktu yang lalu karena melanggar TOS Yahoo answer (YA) maka saya tidak bisa lagi berkontribusi menjawab pertanyan di YA. Hanya bisa browsing melihat saja.

Saya tidak tahu pasti kesalahan saya tapi sepertinya karena saya sering menaruh link ke salah satu web saya dibawah jawaban saya. Atau karena saya “dituduh” memposting konten ke YA. Atau ada yang melaporkan account saya. Padahal saya dah mendapat tingkatan yang cukup, bisa menjawab maksimal 50 pertanyaan dsalam sehari.

Masih untung saya hanya di blokir di YA bukan di Fasilitas Yahoo yang lain :). Jadi Apapaun yang akan anda daftarkan, lebih baik baca Aturan pakainya. Hal yang gratisan sekarang bisa jadi nanti akan menajdi sesuatu yang sangat penting dan berharga bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.