Kenapa susah Browsing Pengumuman CPNS Deptan?

Pengumuman yang di ZIP
Pengumuman yang di ZIP

Salah satu penyebabnya menurut saya antara lain : server terlalu banyak yang mengakses, Metode penyajian data yang kurang pas (file html sangat besat sekali sekitar 10MB per file html. Kalau bandwidth ke server saya rasa masih cukup, secara sederhana say coba test ping saja mungkin kalau ada grafik MRTG-nya tentunya admin deptan lebih tahu.

Beberapa kali saya pribadi mencoba browsing ke http://gis.deptan.go.id, tidak tanggung tanggung saya sudah mencoba dari kantor yang bandwidth internet sekitar 1Mbps, terus dari speedy yang katanya juga bisa mencapai 1 Mbps. Terus terakhir ini saya coba browsing dengan Telkomnet setitar jam 7 pagi (25 Oktober 2008).

Saya dimintakan tolong oleh saudara untuk melihatkan hasil, baru tadi pagi jam 7 WIB (25 Oktober 2008) saya bisa membuka link untuk S1-S2 Jawa tengah : http://gis.deptan.go.id/pegawai/thl/JATENG/S2-S1.htm. Ketika saya browsing saya kaget ternyata dalam sebuah file saja ada hampir 5000 baris data. Pantesan browser mungkin agak susah untuk menampilkan data sepanjang itu. Apa lagi si server mungkin juga pusing menangani request data yang segede itu.

Ketika saya browsing tidak selesai-selesai juga baru mencapai bari ke 2000an saya STP aja. Saya coba gunakan download manager, copy URL-nya dan biar Downlaod manager yang mendownload. Akhirnya suskses juga pata file 10.000 KB, ukuran yang sangat besar sekali dari sebuah file HTML, menurut saya.

Saya hanya sedikit menyarankan ke pengelola Web deptan :

  1. Saya sudah coba email admin [at] deptan.go.id, tetapi mental balik lagi kesaya 🙂
  2. Dalam penyajian data, Pengumuman sebaiknya di jadikan beberapa page/halaman, misal tiap page hanya terdiri dari 25 baris saja (tambah sedikit navigator next dan previous)
  3. Atau jika diperkirakan server belum bisa menangani request nantinya, gunakan beberapa Mirror server yang berbeda lokasi. Biar sever tidak KO. Pada jaman dulu aja Yahoo pernah KO.
  4. Tambahkan saja versi downloadnya, misal sudah dalam keadaan ter zip. (saya mencoba men-zip file HTML yang tadi-nya 10.000 KB bisa mengecil jadi 307 KB)

Mungkin bisa membantu ini baru ada pengumuman S1-S2 untuk Jawa Tengah (dalam bentuk ter kompresi ZIP) silahkan Downlaod disini (tidak Resmi). Link RESMI aslinya : disini untuk lihat versi resminya. Maaf ada beberap permintaan dari beberapa daerah lain, sebenarnya saya juga ingin membantu tetapi maaf saya juga belum bisa browsing lagi. Setalah jam 7.30 ini saya juga sudah tidak bisa akses lagi.

Oya, Unzip file ZIP file pengumuamn jawa tengah tadi (misal dengan Winzip), jika anda sesulitan membuka dengan web broswer. Lebih cepat anda membuka dengan Microsoft Excel. Karena sepertunay fiel pengumuman ini bukan dimunculkan langsung dari database, namun export dari fiel Excel ke bentuk HTML. Selamat berjuang bagi anda yang lolos Tahap I ini.  🙂

8 comments

  1. Emang ada yang aneh.. Mkin menurut saya yang upload file ini bukan admin-nya kali..
    Karena ini export langsung dari file Excel 🙂
    Coba cek file yang saya kompres.. cm kecil seh 300kB.. cm klu udh dimekarkan akan jadi 10MB
    Ya ampun…
    Kog kayak Gini

  2. Kenapa gak pake format PDF aja? trus pake link download? Ini kesalahan yang sama seperti waktu pengumuman pegawai Telkom tempo hari.

  3. @wa2n
    Iya.. Kasus yang sama
    Kenapa sih admin belum belajar sampe hari ini pun sepertinya masih di diam kan begitu saja..
    🙂
    PDF juga enak dilihat

  4. @MASERVAN
    Terima kasih Mas Ervan, cuma berusaha bergabi informasi saja. Alhamdulilalh kalu bisa bermanfaat. Amin

    @Gelandangan
    Maaf klu analisa gak pas.. namanya juga analisa.. Lah wong admin-nya gak bisa di Kontak Je 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.