Sumber Informasi tentang Mikrotik Router OS

mikrotik_logo
mikrotik_logo

Bagi anda yang sudah “kecanduan” menggunakan Mikrotik, mungkin anda tidak ada hentin-hentinya mencari informasi yang berkaitan dengan Mikrotik. Bagaimana mengoptimalkan konfigurasi dan fungsi dari mikrtotik anda. Banyak sekali website yang menyedikan berbagai informasi mengenai Mikrotik Router Operating System. Mulai dari yang “resmi” disediakan oleh Mikrotik atau berbagai situs lain yang dikelola secara pribadi atau komunitas. Berikut beberapa referensi yang bisa anda jadikan sebagai “media” untuk mempertajam kemampuan anda tentang Mikrotik.

  1. Documentation di Official Website mikrotik.com, berisi dokumentasi Frequently Asked Questions (FAQ) (HTML) / pertanyaan yang sering ditanyakan, manual pengguaan detail (masih dalam bahas Inggris) termasuk manual versi yang terbaru (versi 3). Dokumentasi ini sebaiknya menjadi “wajib” /pegangan bagi anda pengguna Mikrotik, Download saja, ada file PDF-nya kog.
  2. Mikrotik Wiki disini terdapat berbagai panduan lebih teknis dan contoh-contoh aplikasi lebih detail dan lebih update daripada file documentasi no.1. Seperti halnya Wiki yang lain, Wiki Mikrotik ini juga dikelola olag banyak orang sehingga selalu di update berdasarkan hal-hal terbaru yang pernah diterapka mereka. Namun sepertinya proses menjadi anggota tidak terbuka, jika anda ingin berkontribusi mengisi, silahkan hubungi pengelola secara langsung.
  3. TIKTUBE kepanjangan dari Mikrotik Tube, mirip dengan Situs Youtube, namun disini lebih banyak berisi mengenai tutorial dan pengalaman “pengguna” mikrotik yang di video-kan. Termasuk ada beberapa training yang direkam dan di publikasikan. Saya sendiri menemukan berbagai hal menarik dari pengalaman “rekan pengguna mikrotik” di sini. Silahkan download dan PLAY saja.
  4. Forum Mikrotik Forum diskusi terbuka tentang Mikrotik dalam bahasa Inggris. Dengan lebih dari 16 Ribu anggota terdaftar disini dengan jumlah topik lebih dari 23 ribu judul. Silahkan meng-ekprolasri disini. Gunakan fasilatas pencarian untuk mempermudah mendapatkan informasi.
  5. Forum Mikrotik Indonesia disini juga menarik dan interaktif, anda bisa mencari tema yang sesuai dengan hal yang anda cari. Anda bisa bertanya atau memberikan “jawaban”, cukup banyak member disini. Sehingga Forum ini termasuk kategori forum yang sangat aktif, tidak rugi anda bergabung di forum ini. Mungki  lebih mudah bagi sebagia anda, karena bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indenesia.

Sebenarnya masih banyak sumber informasi lain yang relevan dan berguna tentang Mikrotik termasuk Blog-blog personal yang bagus. Selamat ber-Mikrotik, oya saran Gunakan Mikrotik Original karena lebih asik dan legal tentunya. Bagi anda yang ingin mecoba-coba selalu ada versi terbaru yang bisa dicoba meskti cuma “hidup” 24 jam saja.

6 comments

  1. Ok mas gpp.. Mikrotik funsi dasarnya bisa untuk Router. Cuma fungsi yang lain sangat banyak. Misal ingin bisa me-manajemen user Hotspot.. Bisa juga.

  2. Mas, kalo RB433AH bisa difungsikan sama dengan Mikrotik Router OS ga yack? dari pada beli PC lagi mending manfaatkan yang sudah ada. makasih mas.

  3. salam..
    saya mo nanya
    dalam penulisan di command utk login ke winbox sy tulis

    VBoxManage setextradata mikrotikvirtual “VBoxInternal/Devices/pcnet/0/LUN#0/Config/winbox/HostPort” 8291

    tp pas di enter errorrrr
    betul ga….trims………………

  4. @noeys
    mas untuk pake winbox kan cuma perlu
    Conect to, user & passw
    mas tulis ini “VBoxInternal/Devices/pcnet/0/LUN#0/Config/winbox/HostPort” 8291″ dmna?
    mas install di VMWare yah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.