Speedtest – Mengukur Kecepatan Internet Kita

1. Apa itu Kecepatan Koneksi Internet ?
Kecepatan koneksi internet tergantung pada kecepatan pengiriman / tranfer data dari internet ke komputer anda, bisa berarti juga banyaknya waktu yang di perlukan untuk mendownload data. Kecepatan Koneksi Internet biasa di tandai dengan Kbps (kilobits per second) atau KBps (kiobytes per second) atau Mbps (megabits per second) atau  MBps (megabytes per second).

2. Bagaimana menghitung Kecepatan Koneksi Internet ?
Kecepatan Koneksi Internet bisa di hitung dalam 1 atau 2x tes, semua tergantung kecepatan komputer anda menerima file. Anda bisa memilih percobaan sesuai tingkat koneksi anda. jika anda mempunyai koneksi yang agak rendah maka sangat disaran kan untuk memilih tipe low dst.

3. Jika aku melakukan *Refresh Page*, apakah akan membuat hasilnya lebih baik ?
Tidak karena web tidak menyimpan cache di browser anda. jadi setiap anda melakukan refresh ulang maka anda akan melakukan test seperti layaknya pertama kali anda melakukan test.  Internet Speedtest setiap setiap saat mungkin menhasilkan nilai yang berbeda.

4. Mengapa hasil testnya berubah dan tidak tetap ?
Internet adalah jaringan global / dunia dimana banyak sekali data lewat darimana saja. Kecepata Koneksi tergantung pada banyak kondisi baik itu kondisi web tempat anda melakukan test, kondisi network jaringan anda , koneksi provider anda dll. Oleh karena itu sangat di sarankan untuk melakukan testing beberapa kali dan mengambil rata2nya. Usahakan melakukan test  disaat network dalam keadaan empty atau kosong karena akan mendapatkan hasil test yang maksimal. Anda juga bisa menggunakan beberapa penyedia layanan tes untuk dibandingkan.

Hasil speedtest ini hanya menujukan kecepatan sesaat internet kita, kecepatan aktual yang kita pakai bisa dilihat di MRTG (jika ada) atau dari graphs di router (jika ada)

Referensi  dan beberapa link untuk test:

Update Tulisan 7 Februari 2013 : Penambahan dan pengecekan link Speedtest.

Pencarian terkait Tulisan ini :

cara mengukur kecepatan internet, mengukur kecepatan akses internet, mengukur kecepatan internet, menghitung kecepatan akses internet

4 thoughts on “Speedtest – Mengukur Kecepatan Internet Kita

  1. admin

    Kecepatan sampai end user, tergantung dari banyk faktor, yg sederhana misal kita langganan internet bisa memilih misal dari 64 kbps, 128 kbps, dst misal tempat kami menggunakan 1024 kbps. Semakin tinngi kbps, harga sewa (bulanan) semakin mahal..

    Klu Kecepatan internet antar Node (backbone) biasanya sangat besar misal bisa sampai 10 Mbps, 100 Mbps atau lebih.

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *